Sekarang, jadi kreatif sudah jadi tuntutan buat bertahan di dunia yang hampir serba digital. Kendalanya, nggak semua orang bisa jadi kreatif dalam sekejap.

Gimana cara bikin ide-ide kreatif datang? Apa yang harus dilakukan?

Hal yang menyenangkan sekaligus menantang ini sudah ditaklukkan oleh 3 tokoh kreatif di Indonesia. Mereka punya tempat sakral dimana ide-ide cemerlang bisa mengalir dengan sendirinya. Kamu pun bisa menjadi kreatif seperti mereka.

Jadi, untuk kamu yang merasa jadi orang yang nggak penuh inovasi unik dan out of the box, nggak usah khawatir, guys! Datangi dan singgahlah sejenak, dan tunggu inspirasi itu datang menghampirimu.

Dikenal sebagai Mamet di AADC, Dennis Adhiswara menjadikan olahraga dan depan cermin sebagai sumber ide-ide yang fresh!

Coba semua, ide mengalir deras

Coba semua, ide mengalir deras via beritagar.id

Dari film kenamaan yang pernah ramai di masanya berjudul Ada Apa Dengan Cinta, sosok Mamet yang mengantar Cinta ke bandara selalu teringat oleh penonton.  Tak hanya berkutat dengan perfilman Indonesia, Dennis Adhiswara kini semakin dekat industri kreatif. Layaria adalah salah satu bisnis yang sedang digelutinya. Tak hanya sekadar ide yang didapat, mengolahnya menjadi konten yang bermanfaat dan menunjukkan kelokalan Indonesia perlu digodok dengan matang.

Ritual yang dilakukan untuk mendapat ide-ide cemerlang oleh Mas Dennis adalah di tempat-tempat yang sederhana dan sering banget kita lewati. Spot untuk olahraga dan di depan cermin.

“Olahraga memicu datangnya ide karena mood yang jadi ikutan bagus. Setiap pagi, gue ngaca buat ngelihat diri gue sendiri dan latih muka. Ya, ketika ada dewa kematian datang buat nyabut nyawa, gue bakal siap buat bilang…. “Gak! Gak hari ini, enggak! Gak hari ini! Gue gak mau!”

–Dennis Adhiswara

Jika kamu ingin mendapatkan ide segar dengan berolahraga seperti mas Dennis, tak akan rugi untuk dicoba. Memang, badan yang sehat bisa buat inspirasi untuk berkarya makin banyak. Ditambah lagi dengan antusiasme dan semangat untuk tetap berkarya, makin taka da hentinya jalan untuk dapat ide cemerlang!

Vintage adalah hal yang remarkable dari Sonia Eryka. Dari kamar, inspirasi berpakaian yang unik akan tercipta

Padupadan yang nggak pernah biasa-biasa aja

Padupadan yang nggak pernah biasa-biasa aja via www.instagram.com

Berbicara mengenai dunia per-fashion-an, Indonesia tak pernah kekurangan talenta-talenta luar biasa yang membanggakan. Sebagai penikmat inspirasi padupadan berpakaian, nama Sonia Eryka pasti sudah bukan jadi nama yang asing. Fashion blogger yang sudah menjajal dunia blog sejak 2007 ini punya khas-nya sendiri dalam berpakaian. Vintage adalah tema yang benar-benar digemarinya.

Dilansir dari blog-nya, Kak Sonia menuturkan bahwa inspirais berpakainnya setiap hari datang dari kamarnya yang comfy-nya tiada bandingan. Terlebih lagi dengan adanya dekorasi yang tidak jauh dari kesan vintage, makin mendukung untuk memilih style era lawas. Lebih spesifik lagi adalah dari closet atau lemarinya. Outfit bertema tahun 50-an sampai 90-an, semua tersimpan dengan cantik di sana. Mencoba-coba semua yang kamu punya dan nggak segan memadupadankan adalah kuncinya.

“I can wear a pretty 50s vintage flare dress today and 80s leather jacket with ripped jeans the next day, it’s like I can do time-travel with my closet.”

Sonia Eryka

Sebelum jadi lagu, inspirasi nulis dari Aldrich Atcoustic ternyata datang saat gegoleran di kasur. Pun saat travelling, ide-ide baru datang begitu saja

Genjreng dikit, lagu baru tercipta

Genjreng dikit, lagu baru tercipta via www.instagram.com

Dunia musik memang menyenangkan untuk dieksplor lebih dalam. Tak melulu mengenai alat musiknya, menciptakan lagu pun tak henti digeluti oleh Aldrich Atcoustic. Sebagai seorang songwriter, dia juga rajin mengunggah video di channel youtubenya, atcoustic. Meng-cover lagu bersama rekan-rekannya bikin hari cowok Indonesia yang sedang sekolah di Singapur ini makin menyenangkan.

Lirik-lirik yang menggungah emosional pendengar bisa terolah sempurna ketika Aldrich gegoleran di tempat tidurnya sambil memetikkan senar gitarnya. Mengutak-atik kunci gitar sambil mencari harmonisasi yang pas, ditemani kertas dan bolpoin untuk mencatat, wah lagu yang enak didengar tak lama lagi bisa dinikmati! Pun ketika berpergian, banyak hal-hal baru yang bisa memancing inspirasi datang dengan sendirinya. Ketika naik bus atau berjalan kaki, banyak yang bisa diolah menjadi lirik-lirik apik dan original.

Karena inspirasi bisa datang darimana saja. Tempat-tempat sederhana tak terduga, bisa saja jadi tempat sakralmu, kan?

Ada hal baru yang tercipta

Ada hal baru yang tercipta via drinks.seriouseats.com

Untuk memancing inspirasi yang out of the box datang, kamu perlu datang ke tempat yang bikin pikiranmu segar. Taman yang rindang ditemani suasana hijau yang bikin hati adem, banyak pula orang yang menjadikan tempat ini sebagai sumber idenya. Pun di kamar tidur, sambil berbaring menatap langit-langit inspirasi buat berkarya bisa datang tiba-tiba.

Mau dapat banyak inspirasi dari orang-orang dunia kreatif di 4 sub culture seperti musik, fotografi, visual art, dan style? Atau justru kamu ingin berbagi tentang karya-karya epic yang sudah dibikin? Go Ahead Challenge adalah wadah yang tepat buat untukmu dibanjiri inspirasi dan mengembangkan potensimu! Bersiaplah untuk mengirimkan karyamu di GoAheadPeople.com! Berkemsempatan buat berkolaborasi dengan para ahlinya dan unjuk gigi di event internasional, mau melewatkan kesempatan emas ini? Ayo ramai-ramai tunjukkan apa kontribusimu dengan memeriahkan #ThisIsMyGoAhead!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya