Seberapa tangguh nih kamu?

Sekarang udah nggak zamannya lagi cewek jadi lemah karena galau berlebihan.

Dulu, cewek seringkali dicap sebagai pribadi yang lemah, yang bisa ditumbangkan dengan mudah, apalagi kalau menyangkut urusan cinta. Namun hal itu tak lagi berlaku pada cewek di era millenials ini. Cewek bukan lagi objek yang hanya bisa bersembunyi dan melayani suami. Kaum hawa juga tak lagi dipandang sebelah mata, karena kemampuannya kini sudah sebanding bahkan melebihi kaum adam lainnya.

Advertisement

Meski masih suka menangis, cewek telah membuktikan dirinya bisa menjadi sosok yang tangguh dan mengispirasi. Proses menuju cewek yang tangguh di era millenials ini memang tidak mudah. Pun waktu yang dibutuhkan relatif nggak sebentar. Selain proses yang nggak sebentar, menjadi cewek tangguh juga punya tantangan berat satu lagi: rasa galau! Apalagi cewek dinilai punya perasaan yang lebih sensitif dibandingkan cowok.

Untukmu yang ingin jadi sebenar-benarnya cewek tangguh di masa kini, sudahkah mampu mengatasi kegalauan karena hal-hal di bawah ini? Mari direnungkan bersama-sama. Sebab tangguh bukan berarti fisik yang kuat, tapi juga pikiran dan hati yang tak mudah retak.

1. Setelah lulus kuliah, belum juga mendapat kerjaan. Padahal nilaimu hampir sempurna dari kampus yang cukup ternama

Kalau karena belum dapat kerjaan via unsplash.com

Saat masih kuliah dulu, kamu jumawa bahwa nanti bisa mendapatkan pekerjaan dengan mudah. Semua terjadi karena selama ini kamu merasa nilaimu lebih dari cukup dan berada di kampus yang ternama. Namun begitu lulus, kamu seperti mendapatkan shock therapy. Kamu tak kunjung dapat pekerjaan dengan dua hal yang dulu dirimu banggakan. Galau pun tak dapat dihindari. Kamu merasa tak percaya diri.

2. Teman yang semakin berkurang seiring pertambahan usia, dan sampai detik ini hanya menyisakan beberapa

Teman gue kemana nih? Kok tinggal tiga gini ~~ via unsplash.com

Advertisement

Awal kuliah dulu kamu everybody’s sweetheart. Temanmu pun berasal dari beragam kalangan sampai kamu tidak hafal. Namun akhir-akhir ini temanmu hanya tinggal hitungan jari. Itupun karena mereka satu tempat kerja denganmu. Kamu sempat galau berhari-hari karena memikirkan berkurangnya hal ini. Padahal teman yang berkurang seiring bertambahnya usia itu hal biasa. Bukan kamu saja yang mengalami, tapi setiap orang di dunia ini.

3. Sakit hati parah karena urusan cinta. Kalau bisa melewati ini, tangguhmu nggak hanya mental, tapi juga perasaan

Sakit hati parah via unsplash.com

Kalau ngomongin soal cinta, pasti nggak ada habisnya. Namun ada satu hal yang mampu buatmu menjadi pribadi tangguh khas cewek masa kini. Patah hati. Hal ini memang buatmu goyah pada awalnya. Namun pelan-pelan kamu belajar cara menyembuhkan diri. Proses melewati momen patah hati parah ini memang nggak enak. Tapi paling tidak, dari sana kamu bisa menempa hati dan pikiranmu. Ketangguhanmu pun bisa tumbuh pelan-pelan dari situ.

4. Omongan orang sudah nggak lagi kamu pikirkan. Apalagi omongan orang yang nggak kamu kenal di media sosial

Bodo amat dengan omongan mereka via unsplash.com

Di era millenials ini, banyak orang yang sering berkomentar tanpa lebih dulu dipikirkan. Akibatnya banyak yang menjadi korban dan sakit hati. Ada juga yang malah menimbulkan perselisihan. Namun buatmu yang tangguh, omongan orang seperti ini udah nggak bisa lagi mempengaruhi pikiranmu. Apalagi untuk omongan dari orang-orang yang nggak kamu kenal. Kamu sudah bersikap bodo amat dan menganggap hal itu sebagai hiburan di kala penat.

5. Tangguh juga berarti tuntas dari rasa nggak enakan. Nggak perlu lagi membebani diri hanya untuk menyenangkan orang

Nggak harus semua orang disenangkan kok via unsplash.com

Cewek tangguh masa kini juga harusnya udah tuntas dari rasa nggak enakan. Tuntas dari rasa nggak enakan bukan berarti apatis dengan lingkungan sekitar ya? Maksudnya kamu harusnya udah bisa memegang kendali atas hidupmu sepenuhnya. Kamu nggak akan melakukan apapun hanya untuk menyenangkan orang lain. Sebab kamu nggak akan pernah bisa menyenangkan semua orang di dunia. Jadi, kamu lebih baik mengurangi rasa nggak enakan dan mulai fokus dengan apa yang ingin kamu genggam.

6. Air matamu berharga mahal. Dikit-dikit menangis nggak akan kamu lakukan hanya untuk menarik perhatian

Nangis? Ntar deh kalau sempat via unsplash.com

Menangis memang manusiawi. Namun buat cewek tangguh, air mata itu mahal harganya. Kamu nggak akan dikit-dikit menangis untuk menunjukkan rasa haus perhatian. Atau malah biar dapat belas kasihan. Tangisan hanya kamu simpan untuk sebuah peristiwa besar yang nantinya akan terjadi atau ketika tubuh tak kuasa lagi menahan sakit seorang diri.

7. Cewek tangguh itu juga tak akan kalah dengan gengsi. Sudahkah kamu keluar dari lingkaran ini?

Nggak takhluk dengan rasa gengsi via unsplash.com

Generasi millenials memang erat kaitannya dengan gengsi. Apalagi cewek millenials, yang sering tergoda gengsi hanya untuk sebuah pengakuan. Cewek tangguh masa kini rasanya nggak perlu lagi menomorsatukan gengsi. Sebab gengsi itu jahat. Dia akan pelan-pelan menggerogoti hidupmu dari dalam hingga benar-benar hancur nanti.

Mengatasi galau karena hal-hal di atas memang nggak mudah. Tapi bukan berarti mustahil untuk dilakukan. Asal kamu punya tekad yang bulat, pelan-pelan kamu pasti bisa berproses untuk menjadi cewek tangguh di era ini. Ketangguhan ini bukan untuk dirimu saja, tapi juga untuk calon akan-anak dan suamimu nanti juga pasti bangga! bagaimana, masih kuat nggak untuk terus jalani tiap prosesnya?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya