Terkadang kita tak menyadari jika ada sikap kita yang menyinggung orang lain. Namun pada dasarnya, hal seperti itu bukanlah permasalahan yang patut dikhawatirkan, selama sikap kita tak pernah kelewatan. Toh kita memang tak selalu bisa membahagiakan semua orang. Jika sudah begini, kita harus mulai bisa membawa diri dengan baik di lingkungan pergaulan mana pun.

Ada kalanya kita juga memiliki pandangan berbeda terhadap seseorang. Maka sangat wajar jika orang lain juga terkadang memiliki pandangan yang berbeda pada kita. Mereka yang tak suka padamu, seharusnya tak boleh membuat semangat hidupmu kendor. Justru dari sikap mereka, ada beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu ambil.

Menerima cercaan dan hinaan dari orang yang tak suka padamu memang sukar. Tapi darinya, kamu bisa belajar untuk lebih sabar.

Jalan menuju ke kesabaran. via wordpress.com

Tak ada satu orang pun yang mau mendapatkan cercaan. Sakit hati sudah pasti dirasa. Namun justru cercaan yang datang kepadamu akan lebih melatih kesabaranmu. Kamu boleh membela diri, apalagi jika memang cercaan yang kamu terima tidak pernah terbukti. Namun kamu tak perlu membalasnya. Biarkan dia yang tak suka kepadamu terus menebarkan kebencian.

Cobalah untuk menghadapinya dengan tenang. Justru sikap ini akan menunjukkan kualitas pribadimu sesungguhnya. Jika kamu malah ikut terpancing, maka itu akan menjadi senjata bagi orang tak suka padamu untuk terus menyerangmu.

Cobalah untuk melihat cemooh yang kamu dapat dari sudut pandang yang berbeda. Siapa tahu cemooh itu kamu dapat hanya karena hidupmu lebih berkualitas dibandingkan miliknya.

Advertisement

berpikir dengan sudut pandang berbeda via www.deviantart.com

Kamu tak perlu langsung memasukkan hati atas semua cemooh yang ditujukan padamu. Cobalah untuk mulai berpikir dari sudut pandang yang berbeda – dan tentunya positif. Siapa tahu dia yang selalu mencemoohmu adalah orang yang sebenarnya iri kepadamu. Karena bisa saja hidupmu terlihat lebih nyaris sempurna dibandingkan miliknya.

Jangan biarkan siapapun merenggut kebahagiaanmu. Orang lain mungkin punya satu alasan untuk menjatuhkanmu. Namun kamu harus punya ribuan kekuatan untuk terus bangkit.

Dari sini kamu juga bisa sadar bahwa hidup bersosialisasi tak selamanya mudah. Kamu pun belajar untuk menghargai orang lain.

hidup memang tak selalu mudah via iamtheonewhowrites.wordpress.com

Darinya yang selalu mengusik harimu, setiap saat, tentu menjadikanmu paham dan mengerti. Ternyata setiap orang memiliki kepribadian yang berbeda-beda. Dari sinilah kamu dituntut untuk menghargai perbedaan. Kamu tak harus menjadi seperti yang mereka inginkan, pun kamu tak punya kewajiban untuk membahagiakan mereka. Satu hal yang perlu kamu lakukan adalah tetap menghormatinya dan memanusiakannya, tanpa perlu untuk berupaya untuk lebih dekat dengannya.

Jangan biarkan kebencian itu membungkam senyummu. Tetaplah ramah kepada siapapun, maka akan lebih banyak dukungan untukmu.

tetap ramah kepada siapapun via www.playbuzz.com

Dari sikapnya yang selalu bertentangan denganmu, teruslah berusaha untuk tetap tersenyum. Mungkin saja dia tak menyukaimu karena kamu jarang tersenyum padanya. Setidaknya, dengan kamu tersenyum, itu akan membuatmu terlihat lebih ramah kepada semua orang. Dan lagi nantinya akan banyak dukungan yang datang kepadamu.

Anggaplah kebencian seseorang pada dirimu adalah sebuah kritik. Tidak  menutup kemungkinan, darinya kamu bisa menjadi seorang yang lebih baik.

To be better! via tipsofdivorce.com

Cacian, hujatan, bahkan pencemaran nama baik kadang tak terelakan dalam dendam seseorang kepadamu. Nggak jarang loh, ada orang yang sebegitu bencinya sama kamu, sampai tega melakukan perbuatan seperti itu. Satu hal lagi yang bisa kamu petik dari sikapnya padamu adalah kamu bisa melakukan yang lebih baik bagi dirimu sendiri. Artinya, sikap mengganggunya yang dilakukan kepadamu itu anggap saja seperti kritik keras yang bisa membangun dirimu untuk lebih baik. Sebuah karya seni tanpa kritik adalah kosong.

Segala masalah yang ada, jangan sampai membuatmu lari dari kenyataan. Semua orang memang diciptakan berbeda-beda dengan segala macam karakter. Satu yang penting, jangan pernah memendam benci kepada siapapun. Karena saling memaafkan itu lebih indah daripada hidup dalam kebencian seseorang.