4 Alasan Bekerja Tak Sesuai Gelar Sarjana Bukanlah Sebuah Kesalahan. Jangan Peduli Omongan Orang

Kerja nggak sesuai jurusan

Sampai waktunya tiba, jangan kaget kalau nanti kamu akan kesulitan dapat kerja. Persaingan dunia kerja memang seperti itu. Hingga kadang orang mesti merelakan diri untuk bekerja nggak sesuai gelar kuliah. Menjalani kerjaan yang nggak sesuai jurusan itu susah-susah gampang. Perlu ada sedikit pembelajaran dan penyesuaian.

Advertisement

Hambatan lain datang dari omongan orang. Mulai dari om, tante, bude, pakde, sampai tetangga sendiri. Mereka mempertanyakan ‘kok nggak sesuai jurusan? sayang dong kuliahnya’. Sebuah pertanyaan yang bikin kesel. Nggak kerja diomongin, udah kerja masih diomongin juga. Nah buat kamu yang sedang mengalaminya, Hipwee punya 4 alasan agar kamu nggak bersedih. Percayalah bahwa bekerja nggak sesuai jurusan itu bukanlah kesalahan.

1. Persaingan kerja zaman sekarang itu memang ketat. Mendapat pekerjaan yang pendapatannya lumayan saja sudah bagus

Syukuri aja via www.hipwee.com

Dewasa ini, cari kerjaan itu susah. Jumlah pengangguran banyak sementara lapangan pekerjaan terbatas. Persaingannya ketat banget kayak legging macan :D. Untukmu yang baru saja lulus mestinya bersyukur atas kesempatan kerja yang didapat. Nggak usah pedulikan omongan orang lain. Mereka nggak mengalami sendiri perjuangan daftar sana-sini demi bisa dapat penghasilan sendiri. Cuekin aja.

2. Manusia berusaha, Tuhan yang menentukan. Ketika kamu sudah usaha cari yang sesuai gelar jurusan namun nggak diterima, apa mau dikata..

Namanya juga usaha via www.hipwee.com

Rezeki sudah diatur Tuhan. Manusia nggak bisa nebak datangnya dari mana dan bagaimana caranya. Jangan tolak tawaran kerja hanya karena nggak sesuai jurusan. Kalau kamu diterima dan nggak ada pilihan lain maka terima saja. Boleh jadi itu adalah jalan yang diberikan Tuhan. Kamu sedang diuji kelayakan sebelum bekerja sesuai jurusanmu. Yang terpenting bagimu sekarang adalah punya penghasilan sendiri dulu. Baru nanti kalau sudah berpengalaman cari yang sesuai gelarmu.

Advertisement

3. Bukankah yang terpenting dari penghasilan itu adalah yang halal dan baik? Ketika dua kriteria itu sudah terpenuhi yang lain mestinya nggak perlu jadi beban pikiran

Yang penting halal via www.hipwee.com

Bekerja adalah kewajiban setiap manusia. Menolak bekerja sama saja menolak keberlangsungan hidup. Menolak kerja seperti menyusahkan orang lain. Maka ketika ada pekerjaan datang sebaiknya langsung dikerjakan. Menolak rezeki itu nggak baik. Nggak perlu khawatir juga soal ketidaksesuaian dengan jurusan kuliah. Selama itu halal dan didapatkan dengan cara yang baik maka sejatinya itu bukan masalah. Jauhkan omongan orang dari pikiranmu, kecuali orang itu hendak memberikan pekerjaan yang sesuai denganmu.

4. Nggak semua orang merasa cocok dengan jurusan kuliahnya. Daripada kerja sesuai jurusan tapi nggak bahagia, mending jalani saja pekerjaan yang membahagiakan

Yang penting bahagia via www.hipwee.com

Bekerja nggak sesuai jurusan kuliah itu sah-sah saja. Khususnya untuk mereka yang mengalami ketidakcocokan jurusan kuliah. Kan banyak tuh yang merasa salah jurusan namun masih tetap meneruskan kuliah? Alasannya, agar nggak menyusahkan orangtua yang sudah mengeluarkan banyak biaya. Maka kemudian menjadi sah ketika kamu bekerja nggak sesuai jurusan selama itu membuatmu bahagia.

Bekerja merupakan kewajiban setiap orang. Sebuah fase yang mesti dilalui dalam hidup. Cepat atau lambat kamu pasti mengalaminya. Terlalu banyak memikirkan omongan orang soal pekerjaanmu yang nggak sesuai gelar bisa bikin produktifitasmu menurun. Cuekin aja. Alihkan fokusmu ke dalam pekerjaan. Raih pencapaian-pencapaian yang membanggakan. Buat mereka tercengang dengan kemajuanmu. Melihat kamu sukses nantinya juga bakal bikin orang yang mencibirmu balik memujimu. Sejatinya mereka cuma butuh dibuktikan.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Fiksionis senin-kamis. Pembaca di kamar mandi.

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE