Membalas Curhatmu: Sudah Bulan September 2020, Masihkan Sempat untuk Memulai Sesuatu yang Baru?

kesulitan memulai sesuatu

Setelah awal tahun 2020 yang panjang, kini sudah bulan September. Barangkali banyak rencana yang ditulis di awal Januari tapi kini harus rela terbengkalai. Rasanya juga sangat berat untuk kembali memulai. Wajar jika semangat pernah patah karena keadaan yang datang tak terduga-duga tahun ini. Akan tetapi, kamu mungkin mulai mempertanyakan kembali apakah di bulan kesembilan ini kamu masih sempat untuk kembali menata semua dan memulainya dari awal.

Advertisement

Miscur edisi Kamis, 10 September 2020 mendengarkan berbagai cerita tentang hal ini, kembali memulai walau rasanya sudah terlambat. Kembali memulai walau rasanya berat. Berikut beberapa curhatan SoHip yang berhasil dirangkum!

1. Kelas 12 biasanya membuat anak-anak SMA/SMK memiliki ambisi yang besar karena akan kuliah, tapi ambisi ini rasanya menurun saat ini

Mulai dari belajar sendiri maupun mengikuti bimbingan belajar hingga mulai kepo-kepo dengan kampus yang ingin didaftar, biasanya anak kelas 12 sedang rajin-rajinnya. Akan tetapi, karena semua dilakukan secara daring ambisi pun rasanya juga ikut berkurang karena lebih banyak waktu yang digunakan untuk rebahan. Rebahan memang enak sih, apalagi kalau di rumah terus seperti sekarang. Tapi, rasa nyaman ini bisa jadi sepaket dengan penyesalan yang sidah mengintai di belakangnya. Yuk coba mulai tetapkan tujuan, atur jadwal, dan disiplin dengan diri sendiri. Buat target jangka pendek dan panjang lalu centang satu demi satu yang sudah terlaksana, akan ada rasa bahagia ketika daftar tersebut tercentang semua kok.

2. Kesibukan yang dimiliki sempat menahan hobi-hobi dan produktivitas untuk dilakukan, saat waktu longgarnya sudah datang tak ada salahnya memulai lagi

Kesibukan yang dimiliki membuat seorang SoHip tak sempat melakukan hobinya yaitu menulis padahal dulu sempat produktif menulis cerpen atau artikel untuk dibagikan melalui blog.  Meskipun begitu, kadang ide suka bermunculan tak peduli kita sedang di mana dan sesibuk apa. Makanya walau belum punya waktu untuk menuliskannya, tak ada salahnya membuat daftar ide yang ditempel di dinding kamar atau mana saja yang kelihatan. Jadi, kamu bisa produktif karena banyak ide yang menunggu di kembangkan. Ssst, biar makin semangat, kamu bisa juga kok menulis di Hipwee Community agar langsung dapat feedback dari tim editor. Saat ada lagi waktu longgar yang datang, walau tulisan masih belum begitu bagus tak ada salahnya untuk tetap memulai belajar kembali.

Advertisement

3. Sebenarnya usaha untuk memulai sudah dilakukan, namun pekerjaan belum juga didapatkan kembali

Banyak yang ekonominya terdampak karena pandemi ini, salah satunya terkena PHK. Berbagai usaha untuk mendapatkan pekerjaan kembali mungkin sudah dimulai tapi ternyata belum rezeki bagi sebagian orang. Akan tetapi, percaya saja bahwa ‘rezeki sudah ada yang atur’ walau terdengar klise namun ada juga benarnya. Selain berusaha menyebarkan CV mungkin kamu bisa juga meng-upgrade-nya. Mengikuti pelatihan yang diberikan cuma-cuma untuk menambah daftar skill yang dimiliki juga bisa kok dilakukan. Jika punya modal, membuka usaha kecil-kecilan juga bisa jadi alternatif lain.

4. Salah satu yang sulit dilakukan adalah bepergian ke suatu tempat, rencana untuk menikah dan kembali ke tempat kerja sebelumnya harus rela ditunda

Rencana menikah mungkin bisa dilakukan dengan akad dulu dengan protokol kesehatan dan ikhlas untuk tidak dibuat terlalu ramai. Sedangkan untuk bekerja sepertinya memang dalam kondisi seperti ini harus banyak yang  berlapang dada sementara dengan mencari pekerjaan  yang terdekat atau dengan sistem remote demi keamanan diri.

Bulan sudah kesembilan tapi bukan berarti terlambat untuk memulai semua yang sudah lama ingin dilakukan, apalagi dalam keadaan seperti sekarang. Langkah pertama biasanya memang berat tapi pada akhirnya menanggung penyesalan karena tak pernah melakukannya juga akan terasa lebih berat. Yuk kita mulai sama-sama ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE