Membalas Curhatmu: Resep agar Tetap Waras di Kala Pandemi. Hidup Tenang, Damai di Hati

resep waras saat pandemi

Pandemi ini memaksa kita untuk melakukan adaptasi-adaptasi di berbagai bidang dengan amat cepat. Berbagai tekanan dan hal-hal yang di luar kendali akhirnya mudah membuat kepala lekas mendidih dan hati rasanya sesak. Stres yang melanda bertubi-tubi seperti tak menemukan ruang untuk dibuang atau sekadar disisihkan. Begitu sulit rasanya untuk menemukan kedamaian, belum lagi arus informasi yang begitu cepat kadang membuat panik dan bingung membedakan mana yang benar atau sekadar cari panggung saja.

Advertisement

Walau sulit dan harus dicari-cari, berbagai cara tetap bisa dilakukan supaya bisa tetap waras di masa pandemi ini. Untuk itu, Miscur edisi Kamis, 3 September 2020 membicarakan mengenai tema yang satu ini. Simak yuk apa saja resepnya agar tetap waras ala SoHip!

1. Walaupun klise namun bersikap sabar, ikhas, dan bersyukur perlu dilakukan demi sadar betapa banyak nikmat yang diberikan cuma-cuma

Banyak bersyukur/ Credit: nomadsoul1 on Freepik via www.freepik.com

Beberapa kata tersebut sangat mudah ya untuk diucapkan namun pada praktiknya ternyata sangat sulit untuk dilakukan. Padahal kalau dipikir-pikir ada banyak sekali hal yang masih kita miliki saat ini yang diperoleh tanpa banyak syarat dan tidak bisa kita bayangkan jika diambil sewaktu-waktu. Bersikap sabar dan ikhlas terhadap apa yang terjadi juga cenderung membuat kita lebih fokus pada solusi dan tidak berkubang terlalu lama di banyak hal yang membuat kita stres belakangan ini.

2. Stres butuh dialihkan, walau tak bisa banyak bepergian tapi hiburan kini bisa hadir dalam satu kali saja sentuhan

Bioskop beserta aroma popcorn mungkin menjadi alternatif utama yang dicari saat kita sedang suntuk-suntuknya, dulu. Kini, sudah ada banyak sekali layanan streaming yang tersedia untuk menonton film, serial, atau drama secara legal. Walau mungkin bagi sebagian orang masih terasa mahal, kamu bisa kok mengajak beberapa teman untuk berlangganan paket ‘family‘ yang biasanya lebih murah. Dengan cara ini kamu bisa mengalihkan pikiran negatif ke dalam dunia baru walau hanya beberapa jam saja.

Advertisement

3. Demi mendapatkan kewarasan yang paripurna, lingkungan yang toxic bisa dihindari agar tak semakin membuat sakit kepala

Banyak orang yang sering adu argumen selama Corona, menganggap dirinya paling tahu padahal bukan ahli apa-apa. Kita tahu masa ini berat, namun banyak orang yang lebih banyak mengeluh dan menyalah-nyalahkan orang lain yang mungkin sering membawa aura negatif ke dalam diri kita. Tidak ada salahnya lingkungan yang seperti ini ditinggalkan dulu jika nggak mau ‘ketularan’ juga. Hal ini termasuk di media sosial ya, kamu bisa menggunakan fitur mute hingga unfollow mereka yang mengganggu ketentraman jiwa.

4. Selain dapat menjaga kesehatan, melakukan olahraga bisa juga menjadi sarana untuk menjaga diri agar tetap waras

Seperti yang kita tahu olahraga bisa dilakukan dalam berbagai bentuk, bisa di dalam ruangan atau di luar ruangan. Jika yakin ada tempat yang sepi di sekitar rumah dan aman maka kamu bisa sekadar jalan-jalan atau bersepeda tapi tetap harus taat dengan protokol ya. Jika tak yakin, sebaiknya di rumah saja melakukan beberapa gerakan seperti senam atau bahkan yoga demi ketenangan jiwa.

Di saat seperti ini kita jadi punya waktu lebih banyak untuk diri sendiri. Berkontemplasi, melakukan hobi seperti menggambar, membaca, atau bahkan bercocok tanam bisa mulai dilakukan. Agar tetap waras di masa pandemi, bertukar kabar dengan teman juga penting lo. Sesekali bertukar pesan atau saling menelpon akan membuat keinginan untuk bersosialisasi tersalurkan walau lewat media.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE