6 Peluang Bisnis Rumahan Selama Pandemi. Modal Pas-pasan Tetap Bisa Kasih Hasil Lumayan~

peluang bisnis pandemi

Pandemi Covid-19 ini menjadi salah satu momen di mana banyak orang yang terpaksa kehilangan penghasilannya. Akan tetapi agar tetap bisa bertahan di masa sulit ini, segala bentuk bisnis bisa mulai dilakukan. Jika menilik lebih dalam lagi, kini justru tercipta pasar baru karena adanya pergeseran kebiasaan konsumsi orang-orang, sehingga bisnis bisa dijalankan dari rumah saja untuk melayani mereka yang juga sedang di rumah.

Advertisement

Contohnya, kini alih-alih makan di tempat saat ke restoran, malah jadi banyak yang lebih memilih untuk membawanya pulang atau bahkan memesan online. Barang-barang yang tadinya tak begitu populer pun jadi makin banyak peminatnya seperti alat berkebun hingga cetakan kue. Jika kamu tertarik untuk memulai bisnis rumahan demi tetap memiliki penghasilan, beberapa peluang bisnis berikut bisa kamu pertimbangkan. Simak yuk!

1. Karena hanya di rumah maka banyak orang yang cenderung memilih pakaian yang lebih nyaman digunakan seperti piyama atau daster

Memakai piyama/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Biasanya jenis baju ini dijual dengan harga yang relatif murah sehingga tak memerlukan modal yang besar pula. Yang perlu diperhatikan adalah walaupun orang-orang hanya di rumah saja tapi mereka tetap ingin tampil stylish saat di depan kamera sehingga pemilihan motif yang lucu juga perlu diperhatikan.

2. Walaupun saat ini kedai kopi sepi, namun produk racikanmu bisa tetap menemukan pelanggannya

Kopi literan/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Orang-orang yang biasanya ke kedai kopi saat ini lebih banyak memilih di rumah saja. Namun, asupan kafein biasanya tetap diperlukan, makanya daripada harus order setiap hari dengan ongkos kirim yang lumayan maka mereka akan lebih memilih memesan yang family size. Kamu bisa mulai meracik kopi literan ini dan menjualnya melalui media sosial serta bekerja sama dengan layanan ojek online.

Advertisement

3. Selain minuman dengan kemasan family size, makanan yang dibekukan juga menjadi primadona saat ini

Frozen food/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Makanan ini lebih dikenal dengan istilah frozen food yang biasanya akan tahan selama beberapa hari. Hal ini sekaligus menjawab permintaan konsumen yang ingin tetap makan enak namun tak bisa sering bepergian atau makan di tempat. Pastikan kamu menjual makanan yang memiliki banyak peminat atau justru masih sedikit saingannya.

4. Karena absennya asisten rumah tangga maka jasa cleaning service juga cukup diminati saat pandemi

Cleaning service/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Usaha yang satu ini menjual jasa, namun bukan berarti tak perlu modal lagi. Alat dan pelengkapan kebersihan harus dimiliki, SOP juga perlu dibuat demi kenyamanan bersama. Kamu bisa menentukan tarif per jam atau dengan mempertimbangkan seberapa kotor rumah yang akan dibersihkan. Jika tak ingin melakukannya sendirian, kamu bisa menjadi agen yang mempertemukan klien dengan mereka yang membutuhkan pekerjaan ini dan menerapkan sistem pemotongan beberapa persen sesuai kesepakatan.

5. Berjualan masker kain juga akan menjadi peluang yang paling terlihat, tapi perlu diingat bahwa ada banyak pesaingmu

Masker/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Masker akan menjadi salah satu barang yang tetap dibutuhkan selama beberapa waktu ke depan apalagi di era new normal di mana orang-orang makin sering bepergian. Makanya, kamu bisa ambil bagian untuk menjual barang yang satu ini. Namun perlu diingat bahwa ada banyak juga yang jualan masker di luar sana, makanya kamu harus inovatif seperti membuat motif yang lucu dan bahan yang nyaman dengan tali yang kuat.

Advertisement

6. Walau sedang pandemi, perawatan kecantikan bagi sebagian orang tetap menjadi ritual yang wajib dikerjakan, peluang ini bisa dimanfaatkan

Potong rambut/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Ketika harus datang ke klinik kecantikan atau potong rambut mungkin perasaan was-was tetap ada sehingga banyak yang menghindari hal ini. Menawarkan jasa kecantikan ini secara drive thru dilakukan di mobil atau dengan sistem jemput bola alias datang ke rumah juga bisa diterapkan jika kamu memiliki keahlian bidang ini.

Beberapa peluang usaha di masa pandemi di atas bisa diterapkan sesuai dengan keahlian yang kamu miliki. Jangan lupa juga untuk memanfaatkan segala yang berkaitan dengan media sosial sebagai ajang promosi. Walaupun semuanya serba sulit, memutar otak untuk tetap bertahan perlu dilakukan.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE