7 Peluang Usaha New Normal Bidang Pertanian Modern. Modal 500 Ribuan, Banyak Hasilkan Cuan

bisnis pertanian modern

Sebelum pandemi Covid-19, sebenarnya gaya hidup organik sudah mulai banyak digandrungi warga perkotaan yang mulai sadar akan pentingnya hidup sehat. Namun kini selama pandemi berlangsung, hobi baru menanam tumbuh-tumbuhan baik untuk dikonsumsi maupun untuk pajangan saja ternyata makin banyak peminatnya. Akhirnya bisnis ini menjadi salah satu peluang yang menjanjikan untuk dijalankan karena kemungkinannya akan tetap ramai dilakukan hingga new normal nanti. Selain hobi menanam, banyak orang yang tetap mengonsumsi makanan organik demi menjaga kesehatan, yang mana bisa jadi peluang yang tak kalah besar.

Advertisement

Peluang bertani modern ini bisa kamu ambil jika belakangan masih bingung bidang usaha apa yang ingin dijalankan. Kabar baiknya lagi, bisnis yang satu ini akan cocok dengan modalmu yang terbatas, bahkan bisa hanya dengan modal Rp500.000,00 saja lo. Nah, kira-kira apa saja yang bisa ditawarkan? Simak selengkapnya yuk!

1. Dibanding memilih buah dan sayur di pasar yang mengandung pestisida, kini buah dan sayur jenis organik makin banyak peminatnya

Sayur buah organik/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dengan iming-iming bebas pestisida, sayur dan buah yang kamu jual akan mendapatkan pelanggan yang cukup banyak. Apalagi jika menawarkan produk yang lebih segar dan murah dibanding yang dijual di pasar atau supermarket. Sistem pengiriman langsung dari rumah juga biasanya menguntungkan pelanggan karena mereka tak perlu meluangkan waktu untuk bepergian ke penjual.

2. Supermarket akan menjadi pilihan baik untuk menyalurkan produk jika kamu memiliki kesibukan yang lain

Supermarket/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dengan kata lain kamu bisa menjadi supplier supermarket untuk menyediakan sayur dan buah-buahan organik. Hal ini akan menguntungkan jika kamu tak memiliki terlalu banyak waktu untuk mengirim paket langsung ke pelanggan. Namun biasanya, ada target yang harus dipenuhi yang membuatmu harus memanen dalam jumlah yang sudah ditentukan.

3. Peralatan berkebun sekarang sering dijadikan bingkisan untuk teman maupun saudara lo. Hal ini bisa dilirik juga jadi peluang bisnis

Peralatan berkebun/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Mulai dari benih-benih tanaman hingga medianya seperti pot kini memiliki banyak peminat. Pastikan bibit yang kamu jual merupakan bibit berkualitas dan memiliki banyak peminat layaknya kangkung, bayam, jagung manis, pakcoy, dll. Kamu bisa menjadi penyedia produk-produk tersebut untuk meraup keuntungan. Jangan lupa untuk menyiapkan paket layaknya bingkisan dengan packaging yang gemas serta melengkapinya dengan panduan sederhana untuk merawat tanaman yang ada di dalamnya.

4. Jangan kira hanya sayur dan buah organik saja yang laku, kini tanaman hias juga tak kalah diminati

Tanaman hias/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Selain memiliki gaya hidup sehat di bidang makanan, kini mendekorasi rumah juga menjadi salah satu hobi baru yang kian diminati. Dari sini, muncul peluang tanaman hias khususnya yang bisa tumbuh di dalam ruangan juga akan ikut meningkat dan bisa kamu bisniskan. Jika dulunya gelombang cinta, adenium hingga bonsai sempat hits, kini beberapa tanaman yang biasanya banyak dicari adalah kaktus, succulent, dan monstera.

5. Banyak orang yang rela mengeluarkan uang lebih untuk membeli jus buah dan sayur organik demi gaya hidup sehat

Jus organik/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Bisnis ini biasanya memiliki pasar orang-orang yang sudah sibuk namun tetap ingin hidup sehat. Kamu bisa menyediakan jus buah dan sayur organik untuk memenuhinya. Bisnis ini tak memerlukan tempat yang besar karena kamu bisa bekerjasama dengan ojek online yang akan mengantar jus segarmu langsung ke tangan pelanggan yang juga sekaligus membuat mereka hemat tenaga karena tak perlu ke toko.

Advertisement

6. Snack hingga warung makan dengan tambahan embel-embel organik akan menarik pengunjung ke warungmu

Makanan sehat/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Selama ini, saat makan di luar maka orang-orang akan berpikiran bahwa makanan yang dijual kurang higienis dan kandungan gizinya pun kurang. Nah, kamu bisa memanfaatkan keadaan ini untuk membuka usaha makanan dan snack dari bahan organik. Biasanya pelanggan akan rela mengeluarkan uang lebih dem menjaga kecukupan nutrisi mereka.

7. Tak harus langsung menjual produk yang kamu miliki, kalau hobi menulis dan paham ilmu bercocok tanam, menjadi blogger pertanian modern juga menjanjikan lo

Jadi blogger/ Credit: Freepik via www.freepik.com

Dengan modal pengetahuan tulis menulis dan dasar blogging, maka kamu hanya perlu modal membeli domain serta konsisten menulis untuk blogmu. Masih belum banyaknya blogger yang menulis tema ini maka makin besar peluangmu untuk sukses dengan iklan yang masuk. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa dengan cara ini maka uang yang kamu dapatkan tidak bisa instan melainkan butuh waktu.

Berbagai bidang makanan yang bersumber dari hasil pertanian tersebut akan mendatangkan banyak pelanggan. Namun, bukan hanya kualitas produk saja yang harus kamu utamakan melainkan juga teknik pemasaran. Media sosial akan menjadi salah satu tempat yang menjanjikan untuk melakukan promosi.

xx
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE