5 Pekerjaan yang Baru Populer Gara-gara Pandemi. Dulu Nggak Kepikiran, Sekarang Dibutuhkan~

pekerjaan baru selama pandemi

Penyebaran virus corona di seluruh dunia membuat beberapa sektor pekerjaan lumpuh. Akibatnya banyak perusahaan yang memilih merumahkan bahkan memutuskan hubungan kerja dengan para karyawannya. Kendati begitu virus corona juga menciptakan lapangan pekerjaan baru yang sebelumnya nggak terpikirkan orang-orang.

Advertisement

Namun tentu saja pekerjaan baru yang muncul di masa pandemi ini membutuhkan keahlian spesifik di setiap bidangnya. Jadi pekerjaan ini nggak bisa sembarangan dimasuki oleh orang yang nggak memiliki keahlian yang spesifik ya. Nah, penasaran dengan pekerjaan baru yang muncul karena pandemi virus corona? Simak ulasan lengkapnya berikut ini ya!

1. Beberapa petugas rekam medis bisa bekerja di bidang baru sebagai pengambil dan penguji sampel virus corona. Biasanya mereka bekerja di laboratorium khusus atau terjun langsung ke lapangan

Pemeriksa dan pengecek sample virus covid-19/credit: liputan6 via www.liputan6.com

Nggak banyak yang tahu, selain dokter dan perawat, di masa pandemi ada pekerjaan baru yang cukup berisiko tinggi. Mereka adalah para pengambil dan penguji sampel virus corona. Sebenarnya pekerjaan ini bukan benar-benar hal baru di dunia medis. Tapi karena virus corona menular dengan cepat maka lowongan sebagai penguji dan pengambil sampel virus ini semakin terbuka lebar dan sangat dibutuhkan.

Pekerjaan baru ini biasanya dibuka untuk mereka para petugas rekam medis. Tempat kerja mereka biasanya di laboratorium dan nggak jarang juga mereka terjun ke lapangan. Pekerjaan ini akan semakin dibutuhkan mengingat kita telah memasuki masa new normal dimana angka penularan bisa saja melonjak tajam.

Advertisement

2. Hari ini pekerjaan pelacak penularan virus yang berbentuk call center di lembaga pengaduan sangat penting dan dibutuhkan banyak orang

Pelacak kontak virus/credit: The Hindu via www.thehindu.com

Selanjutnya ada pekerjaan yang sangat penting di masa pandemi ini. Yup, pekerjaan ini adalah pelacak kontak penularan virus. Pekerjaan ini sangat penting karena bisa memetakan suatu daerah, keluarga atau orang-orang yang pernah dilewati oleh mereka yang positif terkena virus corona. Nantinya tindakan pencegahan dan strerilisasi dapat dilakukan dengan cepat. Di Amerika Serikat, pekerjaan ini bisa dilakukan secara full-time atau part-time. Bahkan pekerjaan ini bisa dilakukan dari rumah. Di Indonesia, pekerjaan ini semakin dibutuhkan mengingat kurva penularan virus masih belum melandai signifikan.

3. Memasuki masa new normal, pekerjaan penjaga dan pemeriksa suhu dibutuhkan di banyak tempat yang mengundang kerumunan orang

Pemeriksa suhu/Credit: Strait times via www.straitstimes.com

Di masa new normal, masyarakat bisa kembali beraktivitas seperti biasa. Namun aktivitas ini tetap dilakukan dengan disiplin ketat protokol kesehatan. Di Indonesia sendiri, masa transisi dari PSBB menuju new normal sedang terjadi. Atas dasar itu, pekerjaan yang akan dibutuhkan adalah petugas pemeriksa suhu atau biasa disebut operator. Tugas mereka adalah memastikan suhu tubuh orang-orang yang masuk ke mal, sekolah, stasiun, restoran dan bandara. Pekerjaan ini penting sebagai tindak pencegahan penularan virus.

4. Bisnis dan pekerjaan orang yang membuat perisai plastik sangat dibutuhkan banyak tempat mengingat perisai plastik masuk jadi salah satu protokol kesehatan dan pencegahan penularan virus corona

Pendesain ruangan/credit: time out via www.timeout.com

Selanjutnya ada pekerjaan atau bisnis pembuat perisai. Di masa pandemi ini berbagai instansi dan tempat sangat membutuhkan perisai sebagai bentuk protokol kesehatan. Perisai ini berfungsi agar tempat-tempat seperti sekolah, kantor dan cafe bisa menampung siswa, pekerja dan pelanggan restoran. Coba bayangkan, ada berapa banyak restoran, kantor dan sekolah di Indonesia? Maka orang-orang dengan kemampuan khusus membuat perisai ini sangat dibutuhkan.

Advertisement

5. Guru atau dosen membutuhkan waktu lama untuk beradaptasi dengan teknologi virtual untuk mengajar para murid. Maka dari itu jasa asisten pribadi atau pelatih teknologi virtual cukup menjanjikan

Penyedia ruangan virtual/credit: kumparan via kumparan.com

Semasa pandemi corona, sistem belajar di berbagai negara dilakukan secara virtual. Kebijakan ini diambil untuk menjaga anak-anak supaya nggak terpapar virus corona. Di samping itu proses pembelajaran juga mesti berlangsung seperti seharusnya. Dari sisi pelajar atau mahasiswa perubahan cara belajar ini bukan hal yang sulit. Sebab anak-anak muda sudah terbiasa dengan teknologi digital. Masalahnya nggak sedikit guru atau dosen yang kurang memahami teknologi digital ini. Maka pekerjaan asisten teknis platform virtual ini cukup dibutuhkan oleh para dosen atau guru yang ingin belajar. Di Amerika Serikat pekerjaan ini sangat diminati karena mereka mendapatkan bayaran sebesar 25 dollar per jam.

Nah itu dia lima pekerjaan baru yang muncul di masa pandemi corona. Sebelumnya, pekerjaan ini nggak terpikirkan namun hari ini perannya sangat dibutuhkan. Berminat terjun ke pekerjaan-pekerjaan di atas?

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

An independent woman, loving mom and devoted wife.

CLOSE