Menikah identik dengan pengeluaran uang besar-besaran, apalagi jika tamu yang diundang ada banyak. Namun, hal ini tak selalu berlaku bagi semua orang. Baru-baru ini ada kisah viral dari pasangan Satrio Hapsoro dan Karina Syahrudin yang hanya menghabiskan uang sekitar Rp5,6 juta untuk menggelar pernikahan mereka. Dilansir dari Kompas, pasangan ini menghabiskan uang untuk cincin Rp500.000,00, seserahan Rp1,6juta, make-up Rp2,2juta, pakaian Rp1juta, dan biaya lainnya Rp300.000,00 saja.

Pernikahan tersebut digelar tanpa pelaminan, banyak pula bujet yang ditekan. Jika kamu juga tertarik dengan konsep pernikahan intimate yang satu ini, ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan. Simak dulu yuk!

1. Salah satu yang paling memengaruhi jumlah pengeluaran adalah jumlah tamu yang diundang

Jumlah tamu penting/ Credit: Woman Getting Married via www.womangettingmarried.com

Advertisement

Jika ingin menikah dengan sederhana, kamu perlu mengundang orang-orang terdekat saja seperti keluarga maupun teman dekat. Ditambah lagi, jika kalian sudah membuat batasan siapa yang diundang dan tidak diundang kalian mesti tegas dengan keputusan tersebut. Pasalnya jika kalian tidak tegas, nanti justru akan merembet kemana-mana dan tidak sadar jumlah tamu tiba-tiba bocor.

2. Hal lain yang membuat biaya bengkak adalah pembelian barang yang kemungkinan hanya dipakai sekali

Gaun bisa sewa/ Credit: Hitched via www.hitched.co.uk

Sebelum memutuskan untuk membeli baju atau barang lainnya yang hanya dipakai sekali, ada baiknya kamu mengecek busana yang bisa disewa. Atau kamu juga bisa memakai busana pernikahan ibumu yang juga ia pakai menikah zaman dulu jika masih ada. Jika punya kenalan yang bisa membuat pakaian dengan harga miring, kamu juga bisa memanfaatkannya. Tapi, jangan asal meminta harga teman ya jika tidak ditawari. Tawar sewajarnya saja.

3. Hal-hal yang tidak perlu juga sebaiknya bisa dihilangkan saja jika ingin menikah dengan sederhana

Bisa selfie saja/ Credit: Inside Wedding via www.insideweddings.com

Menyewa fotografer kenamaan mungkin penting bagi sebagian orang demi adanya foto bagus untuk kenang-kenangan, namun jika kamu merasa  momen berhargamu diambil pakai ponsel saja sudah cukup, kamu tak perlu menyewa fotografer yang mahal. Kamu juga bisa memotong anggaran untuk band dan menggantinya memakai layanan musik streaming. Risikonya kamu harus siap-siap jika ada kesalahan teknis. Intinya kamu harus pandai-pandai memikirkan segala konsekuensi atas keputusan yang sudah kamu ambil.

4. Jika tak ingin mengorbankan uang, ada hal lain yang mesti kamu korbankan seperti waktu untuk banyak riset

Banyak Mencatat/ Credit: Monica Lattimer via monicalattimer.com

Advertisement

Jika ingin mendapatkan penawaran terbaik demi memotong pengeluaranmu, kamu perlu banyak melakukan riset. Riset ini bisa kamu lakukan dengan cara banyak bertanya kepada yang sudah berpengalaman hingga bertanya kepada vendor langsung. Akhirnya kamu bisa membandingkan mana yang memberikan penawaran terbaik. Risikonya kamu perlu meluangkan banyak waktu. Kamu juga akan banyak diskusi kepada pasangan yang kemungkinan akan menimbulkan beberapa pertengkaran.

5. Selama ini menikah diketahui sebagai sesuatu yang murah, yang membuat mahal adalah gengsinya. Jadi siap-siap jadi bahan pembicaraan ya

Bisik bisik tetangga/ Credit: Unsplash via unsplash.com

Menyelenggarakan pernikahan dengan sederhana apapun alasan sebenarnya dapat menimbulkan pembicaraan yang tidak-tidak jika lingkunganmu merupakan orang-orang yang berpikiran bahwa menikah harus mewah. Mulai dari digosipkan bahwa pernikahanmu dilakukan karena ‘kepepet’ hingga kondisi keuangan yang menurut mereka ‘kasian’ padahal bisa jadi alasanmu ya karena ingin menikah intim dan menabung uang untuk keperluan lain.

6. Kamu perlu melakukan serangkaian acara pada hari yang sama agar bisa menghemat banyak hal

Akad lanjut resepsi/ Credit: The Bride Dept via www.hipwee.com

Mulai dari acara akad hingga resepsi sebaiknya dilakukan di hari yang sama agar kamu tak perlu kembali menerapkan make-up di hari berikutnya. Pakaian yang dipakai pun bisa satu saja untuk semua acara. Karena dilakukan di hari yang sama, kamu mungkin akan merasa lebih lelah, maka kamu juga perlu meminta bantuan orang kepercayaan untuk membantu mengkoordinasi acaramu.

Menikah dengan bujet yang sedikit tak berarti acara pernikahanmu tidak berkesan kok. Kamu tetap bisa membuatnya tak terlupakan. Namun, kamu juga perlu siap-siap dengan risiko yang mungkin akan kamu dapat.

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya