Masa muda memang terlihat masih panjang, semakin dinikmati pun semakin santai rasanya. Sementara masa tua? Nanti dulu lah! Padahal, tahun depan sudah kepala dua, waktu berjalan begitu lambat dan juga begitu cepat. Kamu yang sekarang sedang asyik menikmati masa muda yang bergejolak ini, pastikan juga kamu penuh dengan pengalaman, nggak sekadar seru-seruan tanpa menyiapkan bekal di masa depan.

Pengalamanmu di masa muda sangat penting untuk pegangan di masa tuamu. Pastikan sudah lunas, jangan ada hal yang mengganjal ketika sampai di masa itu. Pengalaman bisa berupa apa saja,jadi jangan lantas mengeluh jika masa mudamu penuh lika-liku pelik nan menyakitkan, dari situ kamu belajar banyak hal. Percayalah, nggak ada yang lebih berharga ketimbang ujian yang diberikan oleh Yang Kuasa.

1. Bergaul dengan siapa saja, biar kamu tahu banyak orang punya pemikiran berbeda. Ambil yang baik dan buang hal buruknya

Banyak teman banyak pengalaman via unsplash.com

Advertisement

Banyak teman banyak pengalaman. Banyak teman juga membuatmu sibuk menyaring semua hal. Tentu saja kamu punya banyak teman, di situ ada yang baik dan ada juga yang membawa dampak buruk. Kamu harus bisa menyaring yang mana yang baik biar bisa jadi modal berharga di masa depan. Masa tuamu akan lebih bahagia dengan teman-teman dari masa muda.

2. Menabung dan mencoba hidup sederhana, yakin deh kamu bisa lebih siap menghadapi semua risiko di masa tua

Menabung dan hidup sederhana dulu di masa muda nggak apa-apa via unsplash.com

Akan ada banyak persoalan pelik di masa tua, salah satu masalah di masa tua adalah soal keuangan, tentunya kebutuhanmu akan bertambah banyak. Kamu perlu biasakan diri dengan hidup sederhana di masa muda, karena tak ada yang akan tahu apa yang akan menjadi peruntunganmu di masa depan. Biar kamu lebih siap jika di masa tuamu nanti soal keuangan terasa berat.

3. Masa muda itu baiknya diisi dengan keberanian, seperti menentukan pilihan untuk kehidupanmu sendiri

Tentukan keputusanmu via unsplash.com

Banyak yang mesti kamu lakukan sekarang, tapi semuanya adalah perihal pengambilan keputusan. Mestinya kamu harus lebih berani dalam mengambil keputusan dan pastikan kamu mengambilnya sendiri. Kamu yang berani mengambil risiko pasti akan lebih siap menghadapi masa tua. Kedewasaanmu sudah teruji di masa muda yang penuh dengan risiko.

4. Merantau sejauh mungkin, demi meluaskan pengetahuanmu tentang kehidupan dan manusia yang nyatanya tak akan pernah selesai

Merantau via unsplash.com

Advertisement

Kamu pasti penasaran akan berbagai hal yang akan kamu temukan di luar sana, pernah terpikirkan olehmu buat merantau demi merasakan pengalaman baru. Kamu sudah di jalan yang tepat, keinginan merantaumu baiknya diwujudkan, siapa tahu akan ada banyak hal berharga yang nantinya akan kamu jumpai. Nggak hanya itu, pengalaman merantaumu akan membawamu pada hal baik di masa depan nantinya.

5. Kamu harus merasakan jatuh cinta dan pedihnya patah hati, biar bisa lebih bijaksana lagi

Kamu harus bergumul dengan asmara, pahir dan manisnya bermanfaat buat masa tua via unsplash.com

Soal cinta kamu harus menuainya, jangan menaruh skeptis soal cinta-cintaan. Baik bagimu merasakan gejolak cinta di masa muda, pengalaman ini sangat berharga. Selain buat dikenang-kenang, asmara adalah tempat di mana batinmu bisa terawat dengan baik. Kamu pun baiknya mensyukuri kegagalan-kegagalan dalam percintaan karena pengalaman seperti ini bisa jadi batu loncatan buat asmara di masa tua yang lebih baik.

6. Kegagalan dari semua usahamu di masa muda ini adalah modal utama menata hati ketika ada kegagalan di masa tua nanti

Jangan selalu menyesalinya terlampau dalam via unsplash.com

Jangan pernah menyesali kegagalan, segala nasib payah itu akan menjadikanmu pribadi yang kuat. Pengalaman pahit ini adalah batu loncatan, kamu bisa lebih bahagia nantinya secara bertahap. Tanpa harus kamu sesali, setiap masalah yang datang pasti akan lebih ringan dijalani. Kamu pasti bisa, dan kamu akan jadi pribadi yang lebih hebat lagi di masa tuamu karena kegagalan ini.

Kamu sedang membangun masa depanmu, masa muda yang penuh gejolak ini perlu disikapi dengan kedewasaan, sedini mungkin. Ketahui kalau di masa muda ini kamu sedang membangun kendaraanmu, kendaraan yang nantinya akan kamu bawa berlayar di luasnya masa tua dengan segala hirup pikuknya. Kamu bisa terdampar atau tenggelam di tengah pelayaran, bikin kendalimu senyaman mungkin, bikin kendaraanmu senyaman mungkin biar masa tuamu nggak penuh dengan rasa penyesalan karena masa muda yang terlewatkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya