Corona Bukan Halangan Untuk Meraih Keinginan. Ini Saat yang Tepat Mulai Nyobain Kerjaan Sampingan

Mencoba pekerjaan sampingan

Pandemi corona berhasil membuat banyak sektor industri lumpuh. Akibatnya banyak negara yang mengalami penurunan secara ekonomi. Hasilnya banyak orang yang di rumahkan bahkan kehilangan pekerjaan. Semua impian, rencana dan resolusi yang telah disusun di awal tahun seketika hancur begitu saja. Sedih banget kan?

Advertisement

Bagi kita yang masih punya pekerjaan, sudah semestinya banyak bersyukur. Tapi jangan terlena! kita harus memikirkan kemungkinan terburuk yang bisa menimpa kita sewaktu-waktu. Untuk itu mencari pekerjaan sampingan adalah salah satu solusi yang tepat. Meski nantinya waktu bekerja akan bertambah seenggaknya banyak keuntungan yang kita dapatkan. Nah buat kamu yang masih ragu dan belum termotivasi untuk mencari pekerjaan sampingan, berikut ini ada 5 keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari pekerjaan sampingan.

1. Pandemi corona sewaktu-waktu bisa membuat kita dipecat dari pekerjaan.  Dengan adanya pekerjaan sampingan setidaknya kita punya langkah antisipasi

Antisipasi via www.topresume.com

Di masa pandemi seperti sekarang, nggak ada hal yang pasti. Termasuk pekerjaan yang sedang kita geluti. Telah terbukti banyak orang yang terkena PHK karena banyak perusahaan yang merugi dan terpaksa mengurangi sumber daya manusianya agar dapat bertahan. Kalau kita nggak punya kerja sampingan, maka pemecatan jadi hal yang sangat buruk. Kita mungkin bisa hidup dari uang tabungan, namun uang tabungan nggak selamanya bisa kita andalkan. Nah jika dari sekarang kamu punya pekerjaan sampingan, maka pekerjaan tersebut bisa jadi langkah antisipasi. Karena pada dasarnya kamu mendapatkan uang ekstra dari pekerjaan sampingan tersebut.

2. Di masa krisis seperti hari ini, ada kalanya beberaha harga kebutuhan pokok meroket. Dengan memiliki penghasilan dari pekerjaan sampingan, kamu nggak akan terlalu terbebani jika suatu saat harga kebutuhan pokok naik

Kebutuhan pokok via unsplash.com

Selain jadi langkah antisipasi, pekerjaan sampingan bisa membuat kamu mendapatkan penghasilan ekstra. Penghasilan ini bisa kamu gunakan untuk keseharian atau menjadi tabungan jika suatu waktu kamu membutuhkan. Di masa krisis pandemi, ada kalanya harga kebutuhan meroket. Terkadang harga kebutuhan naik nggak berbanding lurus dengan kenaikan gaji yang kita dapatkan. Dengan adanya pekerjaan sampingan, kamu sedikitnya nggak terlalu terbebani jika sewaktu-waktu harga kebutuhan meroket.

Advertisement

3. Jika kamu mengambil pekerjaan sampingan di luar bidang pekerjaan utama, maka kamu akan mendapatkan skill baru. Skill baru ini akan berguna sebagai pengalaman kerja yang membuatmu lebih dipandang oleh industri

Menambah skill via unsplash.com

Jika kamu berminat untuk mencari pekerjaan sampingan, alangkah lebih baiknya kamu mengambil pekerjaan yang berbeda dari pekerjaan utamamu. Contohnya, jika kamu bekerja di bidang marketing sebagai pekerjaan utama, kamu bisa bekerja sebagai penulis lepas sebagai pekerjaan sampingan. Nggak menutup kemungkinan kalau pekerjaan sampingan bisa membuatmu punya skill baru. Skill ini akan jadi pengalaman dan membuatmu lebih dipandang berharga oleh industri sebagai orang yang multi talenta.

4. Jika tempatmu bekerja punya aturan ketat dan membuatmu bosan, pekerjaan sampingan bisa menjadi sarana hiburan yang membuatmu bisa melakukan apa yang kamu inginkan

Melakukan apa yang kamu mau via unsplash.com

Nggak bisa dimungkiri, melakukan pekerjaan yang sama terus menerus rasanya sangat membosankan. Apalagi jika kita bekerja di tempat yang punya aturan ketat. Untuk menyiasati kebosanan tersebut, pekerjaan sampingan bisa jadi pilihan. Selain mendapatkan penghasilan tambahan, kamu juga bisa berekspresi dan bebas melakukan apa yang menjadi kemauanmu sendiri. Ya ibaratnya kamu mencari hiburan tapi mendapat bayaran. Enak banget kan?

5. Terakhir dan yang paling penting, pekerjaan sampingan bisa menambah jaringan dan relasi

Advertisement

Relasi via unsplash.com

Terakhir, pekerjaan sampingan akan membawamu ke lingkungan yang sama sekali baru. Dengan lingkungan baru ini, pekerjaan sampingan bisa menambah jaringan dan relasimu. Bisa jadi relasi ini akan berguna suatu saat nanti. Kamu sangat berpotensi bertemu dengan orang baru, membicarakan hal-hal baru dan klien baru. Singkatnya kamu bisa mengasah sosial skill dan kemampuanmu berkomunikasi.

Nah itu dia 5 manfaat jika kamu punya pekerjaan sampingan. Meskipun waktumu lebih banyak tersita untuk bekerja, percayalah pekerjaan sampingan itu berguna untuk masa depanmu loh.

Sudah waktunya kita lebih peduli, kenal, dan memahami virus corona yang sudah hidup di antara kita. Dapatkan E-book Panduan Normal yang Baru di sini.
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Represent

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE