Artikel ini dipersembahkan oleh Kado Pahlawan. Ingin berbagi dengan pahlawan yang ada di sekitarmu? Kamu bisa membersamai Hipwee untuk berdonasi di sini.

Pagi yang biasa. Seperti pagi-pagi lainnya, di awal hari ada orang-orang yang memulai hari mereka jauh lebih pagi dari kita. Sementara kita-kita ini masih bergulung dalam selimut hangat mereka sudah mulai meninggalkan peraduan. Demi satu niat baik — membuat hidup orang lain lebih nyaman, atau demi kewajiban membahagiakan mereka yang disayang.

Sebut saja loper koran yang setiap pagi jadi langgananmu . Atau penjual nasi kuning yang selama ini jadi penyelamat perutmu. Bahkan, seorang pengamen yang sering menghampiri waktu kamu  menikmati makan malam juga menawarkan kebaikan. Senyum kocak ditambah petikan gitar dan suaranya yang seadanya membuatmu tidak lagi merasa sendirian.

Advertisement

Mereka-mereka ini tidak punya embel-embel apapun di belakang namanya. Namun sesungguhnya, mereka tidak kurang berjasa.

Hidup lebih sering berpihak pada pencapaian-pencapaian besar. Sementara sosok pahlawan tanpa nama pencapaian terbesarnya adalah tegar

Sosok pahlawan tanpa nama pencapaiannya adalah tegar

Sosok pahlawan tanpa nama pencapaiannya adalah tegar

Kita terlalu terbiasa menghargai pencapaian-pencapaian besar dalam hidup. Mulai dari berhasil menambahkan gelar di belakang nama, sukses jadi penerima beasiswa, sampai diterima di tempat kerja yang memberimu transfer sekian juta ke rekening tiap bulannya. Seakan hanya pencapaian-pencapaian macam ini saja yang menjadikan kita berhasil sebagai manusia.

Lama-lama kita jadi terlalu terbiasa mengasosiasikan kesuksesan dengan masifnya pencapaian. Bangun pagi sudah bukan lagi jadi check list dalam penampang keberhasilan. Berhasil membuat orang tersenyum bahagia tidak lagi membuat kita bangga.  Kita jadi lupa bahwa ada hal-hal sederhana yang tetap membuat kita bermanfaat sebagai manusia.

Untuk menghargai mereka yang sudah banyak berjasa, kali ini Hipwee ingin mengajakmu bersulang atas hal-hal kecil yang sudah mereka beri tiap harinya

sby

Pahlawan-pahlawan tanpa nama ini memberi kita banyak hal yang sebenarnya amat layak disyukuri. Hanya saja kita lebih sering kurang peka dan menganggap semuanya biasa untuk diterima setiap hari. Kali ini , demi menghargai jasa mereka Hipwee ingin mengajakmu bersulang dengan melakukan kebaikan yang sedikit membawa makna.

Advertisement

Berkolaborasi dengan Hipwee Community di 4 kota Hipwee akan menyelenggarakan #KadoPahlawan untuk menghargai jasa mereka.Saat ini  founder dan volunteer Hipwee Community di Jogja, Solo, Surabaya, dan Malang sudah mengumpulkan 4 pahlawan lokal yang sederhana tapi memiliki kisah hidup inspiratif dan punya semangat tinggi dalam menjalani hari mereka.

Kita tidak akan mengangkat gelas dan bersulang saja — tapi bersama-sama, kita akan menepuk bahu mereka lewat perbuatan baik yang membawa senyum di muka. Sederhana saja, kita-kita ini akan berusaha mewujudkan keinginan mereka yang belum sudah diharapkan sejak lama tapi belum terwujud juga.

Bukankah sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi sesama? Kalau begitu tidakkah kamu tergerak ikut #KadoPahlawan demi mewujudkan impian mereka?

new 2

Impian yang ingin diwujudkan oleh pahlawan-pahlawan lokal ini sebenarnya tidak banyak membutuhkan dana. Kado masing-masing pahlawan hanya membutuhkan sekitar 3-5 juta rupiah saja. Dengan tidak nongkrong di cafe akhir minggu nanti atau mengalokasikan uang pulsa untuk ini kamu sudah bisa membawa perubahan yang berarti.

Mulai tanggal 21 sampai 9 November Hipwee akan mengadakan penggalangan dana untuk mewujudkan keinginan pahlawan-pahlawan lokal ini. Untuk memilih pahlawan mana yang ingin kamu tepuk bahunya kamu bisa langsung membaca cerita mereka dan memberikan donasimu lewat kadopahlawan.hipwee.com dan kitabisa.com

Seluruh dana yang terkumpul akan Hipwee dan Hipwee Community wujudkan menjadi persembahan khusus bagi para pahlawan. Kado dari kamu ini akan diberikan tepat pada hari Pahlawan tanggal 10 November di masing-masing kota.

Untuk update lebih lengkap tentang #KadoPahlawan kamu juga bisa langsung mengikuti perkembangannya lewat Twitter Hipwee Community Solo, Jogja, Surabaya, dan Malang.

Pahlawan-pahlawan ini memang terlihat biasa. Tapi kita bisa banyak belajar dari kisah mereka. Tidakkah kamu ingin menepuk bahu mereka, melakukan sesuatu — demi berkata:

“Hey kalian tidak sendirian! Kami ada.”

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya