Tiap hari pulang malem terus? Sebenernya kamu kerja apa sih?

Iya nih. Pagi kerja di kantor, malemnya jadi guru privat.

Pekerjaan utamamu memang tak menawarkan gaji yang tinggi. Namun kenyamanan dan fasilitasnya yang lengkap buatmu mampu bertahan sampai sekarang. Karena itu, kamu akhirnya menjalani pekerjaan sambilan selepas menyelesaikan kerjaan utamamu di kantor. Jualan online, jadi guru les hingga freelance, menjadi beberapa pekerjaan dari banyak pilihan yang pernah kamu jalani.

Advertisement

Terkadang kamu merasa lelah sekali dan ingin berhenti, tapi ada daya kamu masih membutuhkan tambahan pemasukan demi tegaknya tiang keuangan. Apalagi kamu masih punya tanggungan cicilan kredit motor, KPR rumah sampai tabungan untuk mempersiapkan pernikahan. Tak perlu malu jika kamu punya pekerjaan sambilan. Sebab tanpa disadari, kamu telah memiliki 7 keistimewaan ini!

1. Punya tambahan penghasilan itu pasti. Tapi kemampuanmu mengatur waktu jelas lebih membuat orang-orang iri

Nggak ada yang keteteran~ via www.unsplash.com

Mencari tambahan penghasilan memang menjadi tujuan utamamu dalam mengambil side job atau pekerjaan sambilan ini. Meskipun nominalnya mungkin lebih kecil dari gaji utamamu, namun kamu tetap dengan senang hati melakoni. Saat menjalani dua pekerjaan dalam satu hari ini, rasanya 24 jam itu tak cukup untukmu. Ingin sekali kamu meminta tambahan waktu agar dua pekerjaan ini bisa selesai dalam satu hari saja. Keterbatasan waktu ini yang membuatmu lebih jeli mengatur waktu. Awalnya kamu memang keteteran, tapi setelah dijalani, kamu mulai menemukan ritme kerjamu sendiri.

2. Waktumu untuk hangout bareng teman-teman jadi berkurang. Tak perlu bersedih, kamu justru bisa belajar hidup hemat dari sana

Hemat nggak perlu jajan-jalan via www.unsplash.com

Ntar malem ngopi yuk?

Duh nggak bisa nih. Aku ada shift malem di kantor satunya~

Advertisement

Jika sebelumnya tiap malam minggu kamu bisa bersenang-senang dengan teman-temanmu, kini semua tak bisa lagi dilakukan. Demi tegaknya tiang perekonomian kamu memilih untuk mengurangi intensitas bersenang-senangmu itu. Tapi kamu tak perlu bersedih, sebab ada hikmah yang bisa diambil dari sana. Kamu bisa lebih berhemat, menyisihkan pengeluaran dari hangout itu untuk keperluan yang lain. Meski hanya puluhan ribu, tapi jika rutin kamu kumpulkan tiap minggu, hasilnya sudah bisa untuk bantu bayar cicilan kan?

3. Memiliki dua pekerjaan dalam satu hari memang melelahkan. Tanggung jawab dan semangat kerjamumu tak lagi diragukan

Nggak perlu lagi diragukan via www.unsplash.com

Pagi hari kamu kerja di kantor sebagai pegawai biasa. Begitu sudah jam lima, kamu buru-buru pulang demi mengejar kereta untuk menuju tempat kerjamu yang selanjutnya. Meski terkadang kamu merasa lelah sekali dan ingin berhenti, tapi niatmu untuk terus berjuang buatmu mampu bertahan sampai saat ini. Dari menjalani dua pekerjaan sekaligus dalam satu hari ini kamu bisa mendapatkan sebuah apreasiasi tersendiri.

Sisi tanggung jawab dan kemandirianmu pelan-pelan terlatih dari dua pekerjaan itu. Dua hal itu jelas udah mengakar kuat di dalam hidupmu. Mereka yang menjadi partner-mu dalam bekerja pun tak meragukan kemampuanmu lagi dalam menyelesaikan pekerjaan yang menjadi job desk-mu.

4. Kamu memang sering mengorbankan waktu istirahatmu untuk bekerja, tapi fisik dan mentalmu bisa lebih kuat lagi ke depannya

Tak apa kamu masih berkutat dengan pekerjaan via www.unsplash.com

Di saat orang lain tengah dengan nyamannya beristirahat, kamu justru masih berkutat dengan pekerjaan. Jika dilihat sekilas, kamu pernah merasa hidup ini tak adil. Namun keluhan itu hanya sesekali saja mampir. Sebab kini kamu paham benar, bahwa fase yang melelahkan ini hanyalah bagian dari prosesmu menjadi manusia.

Proses di mana fisik dan mentalmu ditempa dan menjadi lebih kuat daripada yang lainnya. Ke depannya, saat yang lain udah galau dan baper akibat revisi dari klien, kamu justru selow aja. Karena kamu udah terbiasa menjalani berbagai pekerjaan dari masa ke masa.

5. Masa mudamu memang tak seseru anak muda yang lainnya. Tapi punya pekerjaan sambilan buatmu lebih cekatan daripada mereka

Kamu lebih cekatan via www.unsplash.com

Pergi ke salon untuk perawatan, ngopi-ngopi cantik sambil menghabiskan malam, atau keluar masuk pusat perbelanjaan mungkin jarang kamu lakukan. Sampai orang-orang bilang bahwa masa mudamu itu membosankan. Kamu pun turut mengiyakan bahwa masa muda tak seseru anak muda yang lainnya, karena hanya dihabiskan dengan kerja dan kerja.

Namun kamu bersyukur dengan perubahan positif yang menyertaimu. Kamu jadi lebih cekatan dan pribadi yang bisa multitasking dengan hasil yang memuaskan. Hal itu jadi nilai tersendiri untukmu, di saat anak muda yang lainnya sibuk menghamburkan apa yang mereka punya.

6. Tanpa disadari, kamu kaya pengalaman baru. Keterampilanmu dalam menjalani hidup jelas meningkat dari hal itu

Pengalamanmu semakin bertambah via www.unsplash.com

Nggak jarang kamu mengambil pekerjaan sampingan yang jauh dari bidangmu. Seperti kamu yang pegawai kantoran, memiliki sampingan usaha jualan pakaian secara online. Atau kamu yang seorang pegawai bank, punya sampingan sebagai penulis lepas di koran. Meskipun jauh dari bidang utamamu, pekerjaan sampingan yang kamu lakukan itu justru menjadi tambahan pengalaman baru bagimu. Keterampilanmu sebagai anak muda jelas bisa meningkat. Kelak kamu akan lebih siap menghadapi tantangan hidup yang seringnya jauh lebih berat.

7. Punya pekerjaan sambilan akhirnya mengajarkanmu makna kedewasaan. Bahwa perlu perjuangan demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan

Belajar makna kedewasaan via www.unsplash.com

Menjalani dua pekerjaan sekaligus buatmu juga menghadapi dua kali tantangan yang ada. Apalagi saat dua-duanya memiliki deadline yang berdekatan. Kepalamu seakan bisa beruap karena hampir tak kuat. Namun pada akhirnya kamu tetap bersyukur karena telah diberi kepercayaan menjalani dua pekerjaan ini. Sebab kamu bisa belajar makna dari kedewasaan. Kalau dulu kamu tinggal meminta pada orangtua saat butuh sesuatu, kini kamu harus berjuang dulu. Kamu paham benar bahwa perjuangan mutlak dilakukan demi mendapatkan sesuatu yang diinginkan.

Jika saat ini kamu tengah berada pada fase yang melelahkan ini, bersabarlah. Tetap semangat dan selalu ingat, bahwa di akhir setiap perjuangan yang tulus yang dilakukan, akan ada sebuah hasil yang nggak akan mengecewakan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya