Tahun baru sebentar tinggal menunggu waktu. Sebentar lagi kamu akan melihat rutinitas orang tiap tahun, mulai dari suara terompet, petasan, diskon di mana-mana, sampai resolusi tahunan yang diwacanakan orang-orang. Khusus yang terakhir agaknya cukup bikin dilema. Sementara resolusi tahun ini saja belum semua terpenuhi alias banyak yang gagal, tapi mengapa mesti membuat lagi?

Kalau dipikir-pikir memang sebenarnya buat apa sih membuat resolusi-resolusi segala kalau tiap tahun sama saja, nggak semua terpenuhi, bahkan mungkin gagal total. Tapi sejatinya nggak ada salahnya juga sih bikin lagi, nggak ribet ini.

1. Rencana yang nggak berjalan sesuai keinginan itu sudah biasa, yang penting kamu sudah berusaha dengan sebaik-baiknya

Sudah biasa via www.unplash.com

Advertisement

Kamu mungkin ragu atau pesimis untuk buat resolusi lagi karena yang sudah-sudah nggak berjalan sesuai rencana. Tapi sejatinya kamu nggak perlu menyesali resolusimu yang selalu gagal itu dengan nggak membuat resolusi lagi. Sebab bagaimanapun juga gagal dalam hidup itu sudah biasa.

Lagipula juga nggak cuma kamu doang yang sering gagal wujudkan resolusi, orang lain banyak. Kalau kamu mau cari buktinya, coba deh tanya teman dekatmu apakah resolusinya terlaksana semua atau nggak. Pasti kebanyakan nggak.

2. Bikin resolusi tetap penting buat motivasi. Meski resolusi tahun ini dan kemarin banyak yang gagal terealisasi

Sebagai motivasi via www.pexels.com

Membuat resolusi penting buat hidupmu. Sebab resolusi membuat hidupmu terarah dan jelas kamu mau meraih apa ke depannya. Resolusi merupakan motivasi, pelecut semangat. Terlebih buat kamu yang suasana hatinya berubah-ubah, resolusi ini juga bisa jadi pengingat bahwa ada yang harus kamu kejar di tahun-tahun mendatang. Logikanya begini, kadang yang sudah diresolusikan saja bisa nggak terlaksana apalagi yang nggak diresolusikan.

3. Lagipula kalau kamu bikin resolusi lagi kemungkinan tercapainya tinggi, karena dirimu harusnya sudah belajar dari pengalaman kemarin

Belajar dari pengalaman via www.pexels.com

Advertisement

Kegagalan yang kemarin janganlah terlalu diratapi apalagi sampai bikin kamu pesimis bikin resolusi lagi. Justru kegagalan kemarin harusnya jadi titik tolak untukmu kembali memperjuangkan resolusimu yang sempat gagal. Toh justru biasanya tingkat keberhasilannya lebih tinggi. Kamu pasti telah mendapat banyak pelajaran. Pelajaran-pelajaran tersebut bisa sangat berguna ke depannya.

4. Resolusi ini jadi bukti bahwa kamu serius memikirkan masa depan, demi kehidupan yang lebih baik

Menatap masa depan via www.pexels.com

Nggak ada salahnya bikin resolusi lagi buat tahun 2019. Ini bukan hanya sekadar rutinitas, melainkan bentuk keseriusanmu menatap masa depan. Saat kamu malas dan pesimis karena usahamu selalu gagal, ingatlah ada mimpi dan cita-cita yang belum kamu gapai. Kamu telah berjalan sampai sejauh ini sangat sayang sekali jika berhenti di tengah jalan.

Kesuksesan bukan soal seberapa kali kamu gagal, melainkan seberapa sering kamu bangkit dari kegagalan. Jangan takut untuk memulai lagi. Jangan takut bermimpi. Buatlah resolusi lagi agar kamu tambah termotivasi. Kalau tahun ini belum bisa, mungkin tahun depan usahamu akan dilancarkan Tuhan.

5. Bikin resolusi itu gratis dan hakmu. Jadi jangan dengarkan apa kata orang yang merendahkanmu

Nggak ribet juga via www.pexels.com

Aan : Gue mau bikin resolusi lagi ah

Andre : Ah paling juga nggak lu kerjain lagi, gagal lagi

Ucapan dari teman yang menyebalkan ini mungkin jadi salah satu yang membuatmu jadi malas bikin resolusi lagi. Jangan pedulikan mereka. Resolusi itu hakmu dan buat kebaikanmu sendiri. Nggak ada urusannya dengan mereka. Lagipula nggak ribet ini cuma bikin resolusi doang nggak kayak ngurus bikin SIM atau E-KTP. Biar masa depan semakin cerah dan terarah.

Bikin resolusi memang sudah menjadi rutinitas orang, termasuk kamu. Meskipun seringkali nggak berjalan sesuai rencana tapi tetap saja kamu perlu membuatnya. Bukan semata sebagai ajang keren-kerenan, tapi sebagai bukti bahwa kamu serius menyongsong tahun mendatang. Kamu serius untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi ke depannya. Terlaksana atau nggak itu tergantung bagaimana kamu berusaha dan izin Tuhan. #ManusiaBolehBerencana, tapi juga ada kuasa Tuhan di baliknya.

Bagaimana, kamu sudah buat resolusi buat tahun depan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya