8 Orang Berusia 80+ Memberi Saran untuk Generasi Milenial. Layak Nih Kita Jadikan Catatan

Nasihat untuk Generasi Milenial

Tahap hidup manusia itu sebenarnya nggak pernah benar-benar berbeda setiap generasi. Meski mungkin tantangan yang dihadapi berbeda, orang-orang tua pasti mengalami perjuangan yang juga kita alami sekarang. Mulai dari lulus kuliah, tertatih-tatih mencari pekerjaan yang sesuai, susah nabung karena hasrat foya-foya menggelora, memisahkan passion dan keinginan semata, serta masih banyak lainnya.

Diposting oleh akun Instagram @nolimit_artz, beberapa orang yang sudah berusia tua membagikan beberapa nasihat dan saran kehidupan untuk generasi yang lebih muda. Sebagai orang yang sudah kenyang asam garam kehidupan, dan sudah mengalami semua tahap kehidupan yang sedang kita alami, tentunya banyak hal dan ilmu yang bisa mereka bagi untuk kita. Berikut life lesson yang perlu kamu pikirkan dari orang-orang yang sudah melewati usia kepala delapan.

1. Masa muda adalah masa emas untuk berkarja. Jangan lupa jaga kesehatan, perhatikan tubuh baik-baik, dan tak perlu terburu-buru memikirkan hubungan asmara, karena ada banyak waktu untuk itu. Kalau kata Kale di film NKCTHI, “sabar, satu-persatu”

Pantang berhenti via www.instagram.com

“Jaga kesehatan, perhatikan tubuhmu baik-baik, carilah udara segar dan jangan terburu-buru ‘menjalin hubungan serius’. Ada banyak waktu untuk itu.”

2. Pernah nggak sih kamu menolak sebuah kesempatan hanya karena kamu enggan keluar dari zona nyaman? Atau kamu menolaknya karena orang-orang bilang itu bukan hal yang bagus, padahal sebenarnya kamu ingin coba? Sebuah kerugian bila kamu menolak sebuah kesempatan, yang belum tentu datang sekali lagi

Mengambil kesempatan via www.instagram.com

“Terimalah setiap kesempatan yang diberikan untukmu.”

3. Kita nggak pernah tahu apa yang dialami oleh seseorang. Jadi, hati-hatilah dalam berbicara dan bersikap. Di dunia yang penuh hal-hal rumit dan kejadian buruk ini, bukankah lebih baik bila dijalani dengan saling berbaik hati dengan orang lain?

Jadilah baik hati via www.instagram.com

“Baik hatilah kepada semua orang. Mereka semua punya masa lalu.”

4. Dalam hidup selalu ada momen-momen sulit yang terkadang memaksa kita untuk mencari jalan pintas. Namun, apa pun itu, jangan bersikap curang ataupun mengabaikan kebenaran. Toh, bersikap jujur akan membuat hidup lebih tenang dan nyaman tanpa ketakutan-ketakutan yang nggak perlu

Jadilah jujur via www.instagram.com

“Selalu bersikap jujur.”

5. Maksudnya bukan berarti nggak butuh lelaki. Sebagai perempuan, kita harus tetap mandiri, meski mandiri bukan berarti harus menghabiskan hidup sendiri. Mandiri adalah tetap bisa berdiri di atas kaki sendiri, apa pun yang terjadi. Sebab, hidup ini siapa yang tahu bagaimana akhir ceritanya nanti?

Selalu mandiri via www.instagram.com

“Jangan hanya ikut saja pada seorang pria.”

6. Hidup hanya satu kali, dan itu pendek. Jadi, nikmatilah setiap momen dan prosesnya. Tak perlu melakukan hal-hal yang nggak kamu suka, ataupun bersusah payah mewujudkan ekspektasi orang lain terhadapmu. Berkembanglah sesuai keinginan dan potensi yang kamu punya

Nikmatilah hidup via www.instagram.com

“Nikmatilah setiap momen hidupmu.”

7. Masa muda adalah masanya kerja keras, karena tubuh masih dalam kondisi fit-fitnya. Ingat, di usia senja nanti kebutuhan akan semakin banyak, jadi ada baiknya persiapkan keuangan semenjak sekarang. Kerja keras dan jangan boros untuk hal-hal yang nggak terlalu dibutuhkan

Kerja keras via www.instagram.com

“Pastikan finansialmu stabil.”

8. Hidup tanpa tujuan, akan membuatmu kebingungan menemukan arah apalagi kebahagiaan. Sebab setiap hal yang kamu dapatkan akan kamu pertanyakan “sebenarnya ini buat apa?”. Selain tujuan, ambisi juga penting. Sebab tujuan hidup yang jelas dan hebat tanpa ambisi untuk mencapainya, buat apa?

Tetapkan tujuan via www.instagram.com

“Selalu punya ambisi dan tujuan untuk dicapai.”

Hidup memang selalu berubah. Persoalan utama yang dihadapi setiap generasi juga berbeda. Tapi perbedaan itu nggak membuat segalanya jadi nggak relevan kok meski terpisah zaman. Beberapa nasihat dan saran dari orang-orang sepuh di atas bisa banget diterapkan untuk hidup anak muda sekarang.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta harapan palsu, yang berharap bisa ketemu kamu.

Editor

Penikmat kopi dan aktivis imajinasi

CLOSE