Setelah lulus kuliah memang banyak teman yang mulai memburu bermacam-macam pekerjaan dari berbagai perusahaan ternama. Tapi, kok kamu tidak punya hasrat melakukan yang seperti itu ya? Lama-lama mulai menyadari bahwa sepertinya menjadi karyawan memang bukan minat dan gayamu. Bukannya tidak mau keluar dari zona nyaman dan menghadapi tantangan dunia kerja, tapi rasa-rasanya pekerja kantoran bukan jati dirimu.

Memilih pekerjaan seharusnya dengan rasa suka, bukan karena desakan orangtua. Selagi umur masih muda, ada baiknya mencoba pekerjaan yang menjembatani minat dan bakatmu. Jika masih ragu, ini Hipwee punya 10 alasan untuk memulai bisnis setelah lulus daripada terdampar di bursa kerja.

Tak semua orang suka dengan jam kerja yang ketat dan penuh tekanan. Dengan menjadi pebisnis, kamu bis menentukan sendiri pola kerja dan bagaimana kamu memanfaatkan waktu

Pelajari cara kerja dan temukan pekerjaanmu

Pelajari cara kerja dan temukan pekerjaanmu via www.investopedia.com

Advertisement

Tak ada seorangpun yang tau seberapa kamu bekerja keras kecuali dirimu sendiri. Tak jarang orang yang memutuskan untuk keluar dari pekerjaan kantoran dan memilih untuk membuka bisnis karena mereka merasa kerja kerasnya tidak dihargai setimpal. Jadi, jika kamu merasa bahwa berbisnis adalah passion kamu, tak ada salahnya mencoba walau mulai dari bisnis kecil-kecilan.

Berbisnis akan menantangmu. Kamu akan belajar bekerja cerdas, tak cukup hanya kerja keras dan giat.

Bekerja dengan cerdas jangan hanya giat

Bekerja dengan cerdas jangan hanya giat via www.huffingtonpost.co.uk

Di saat teman kamu yang bekerja kantoran harus bekerja keras untuk mendapatkan uang lebih, sebagai seorang pebisnis yang kamu butuhkan bukan itu. Dengan berbisnis kamu akan belajar untuk bekerja cerdas. Apa itu bekerja cerdas? Ketika memulai bisnis kamu akan dipaksa untuk mempelajari banyak hal dalam waktu yang singkat, itulah yang membuat kamu akan belajar memanfaatkan waktu dengan efisien.

Memiliki karyawan membuatmu mengerti arti seseorang untuk perusahaan. Kamu belajar menghargai orang lain dan mencari cara bagaimana mereka bisa berkembang

Pahami juga karyawan dan kerja keras mereka membantu bisnis kita

Pahami juga karyawan dan kerja keras mereka membantu bisnis kita via www.abouttimemagazine.co.uk

Ketika memulai bisnis jangan pernah lupakan bahwa kesuksesan sebuah bisnis tak hanya terletak pada pemiliknya, tapi juga orang-orang yang membantu kita menjalankan bisnis. Mereka sudah bekerja dengan keras untuk membangun bisnis bersamamu, pastikan mereka mendapatkan gaji yang setimpal dengan kerja kerasnya. Kamu akan belajar bagaimana menghargai kerja keras seseorang dan mencari cara bagaimana mereka bisa berkembang

Sukses tak bisa kamu raih sendiri. Dengan menjadi pebisnis, berbagai acara akan kamu jabani demi memperluas koneksi

Membangun relasi dengan pebisnis muda lainnya

Membangun relasi dengan pebisnis muda lainnya via www.thetrampery.com

Advertisement

Kamu yang memulai bisnis akan belajar untuk menemukan orang yang tepat untuk membantu bisnismu. Kamu juga akan mengenal banyak orang yang berkaitan dengan bisnismu yang bisa digunakan untuk membantu pemasan produk. Kamu bisa meminta pendapat mereka tentang menjalankan sebuah bisnis, pengalaman mereka, ataupun membantu mereka jika kesusahan. Bisnis juga mengenal balas budi jadi jika kamu membuka hubungan baik dengan banyak orang, kelak jika menemui kesulitan dalam bisnis banyak orang yang akan menolongmu.

Dengan menjadi bos, kamu berdisiplin bukan karena takut hukuman. Namun karena kamu ingin dihargai karyawan

Kamulah bosnya

Kamulah bosnya via finland.fi

Saat memulai sebuah bisnis, tak akan ada seorangpun yang akan mengatur kapan kamu harus berangkat ke kantor, kapan kamu harus pulang, tidak boleh terlambat atau apapun itu. Kamu adalah bosnya. walapun begitu, ingatlah bahwa waktu itu sangat berharga, ingat pula tentang bekerja cerdas dan efisien. Karena tidak diatur bukan berarti kamu bisa semaunya sendiri, jadilah panutan yang baik untuk karyawan, agar mereka juga menghormatimu.

Berbisnis dari sekarang juga memberimu kesempatan untuk gagal. Ketika sudah lebih tua, kamu lebih dewasa dan bisa mengembangkan bisnis yang menguntungkan keluarga.

Banyak waktu untuk berbisnis selagi masih muda

Banyak waktu untuk berbisnis selagi masih muda via danielfooddiary.com

Memulai bisnis setelah kamu lulus punya keuntungan tersendiri lho. Kamu punya banyak energi yang bisa kamu manfaatkan untuk mengembangkan bisnis. Kenapa berbisnis disaat muda sangat menguntungkan? Salah satunya adalah kamu belum harus memikirkan tentang berumah tangga dan mengasul anak. Kebayangkan bagaimana repotnya jika kamu baru memulai bisnis sambil memikirkan tentang mengasuh anak dan membina keluarga. Alangkah bagusnya jika bisnis sudah berjalan lalu baru memikirkan untuk membina keluarga dan memiliki anak.

Berbisnis saat baru lulus takkan membuatmu jatuh merugi. Maklum, tak banyak harta benda pribadi yang kamu miliki.

Tak perlu ruangan besar dan banyak karyawan untuk memulai bisnis

Tak perlu ruangan besar dan banyak karyawan untuk memulai bisnis via www.oregonlive.com

Maklum baru lulus, jadi tak punya banyak barang kepunyaan yang dimiliki. Tak apa, justru kamu tidak akan mengalami susahnya menjual rumah atau menggadaikan mobil untuk memulai usaha. Anak muda cenderung berpikiran sederhana, mereka juga tipe orang yang cenderung nekat. Tapi kamu harus membedakan nekat pebisnis. Prinsip nekat pebisnis itu bukan tanpa rencana cadangan dan perhitungan matang. Nekat pebisnis adalah berdasarkan insting mereka. Jadi, jangan menang nekat, kamu harus jadi pebisnis yang muda dan pertajam insting.

Di usia ini, kamu masih banyak punya ide segar khas anak muda. Ide-ide itu bisa dijadikan prospek bisnis yang menjanjikan jika diiringi dengan strategi yang tepat.

Ide-ide kreatif krap muncul diusia muda

Ide-ide kreatif krap muncul diusia muda via industri.bisnis.com

Anak muda cenderung punya ratusan ide gila, bukan berarti saat sudah berumur kita tidak punya ide-ide yang spektakuler. Sejak usia muda kamu bahkan punya banyak ide untuk kelangsungan bisnismu 20 tahun lagi. Keuntungan memulai bisnis saat masih muda adalah kamu bisa merubah ide-ide gila itu menjadi sebuah strategi bisnis sambil menggali pengalaman. Jauh lebih manantang ‘kan? Daripada menghabiskan masa muda hingga tua untuk menunggu promosi jabatan di perusahaan yang bahkan tidak responsif pada pendapatmu.

Sebagai pebisnis muda, bergelut di dunia wirausaha berarti belajar banyak hal dalam waktu yang sama. Kamu akan menjadi lebih berpengetahuan dalam waktu lebih singkat dari yang kamu sangka

Pebisnis muda harus memperkaya pengetahuan juga

Pebisnis muda harus memperkaya pengetahuan juga via www.bizbritain.org

Mengenal dunia bisnis justru menambah banyak pengetahuanmu tentang ilmu-ilmu lain. Kamu akan menjadi sosok pebisnis yang cerdas dan cakap menjalankan usaha yang kamu minati. Kamu akan belajar bagaimana manejadi seorang akuntan, penjual dan ahli marketing. Kamu juga bisa belajar negosiasi dan ekonomi dalam memantau perkembangan prospek bisnismu.

Kamu akan mencintai apa yang kamu lakukan. Dan sekali mencintainya, kamu tak akan kuasa melepasnya.

Lama-lama kamu akan mencintai pekerjaanmu

Lama-lama kamu akan mencintai pekerjaanmu via www.bsdzine.org

Kebanyakan orang setelah lulus akan mencari pekerjaan idaman mereka yang rata-rata memang diperusahan ternama. Tapi ketika kita mengerjakan pekerjaan yang kita suka dan minati tapi berjiwa bebas, bisnis memang menjadi pekerjaan andalan. Tak hanya memberi peghasilan yang bersaing dengan gaji-gaji perusahaan terkemuka, kamu yang memilih bisnis juga akan membuat karirmu sendiri bukan mencari karir.

Ikuti kata hati jika bekerja kantoran bukan jiwamu, maka cobalah untuk berbisnis dan temukan masa depan yang gemilang di dunia itu. Jadilah diri sendiri tak hanya dalam keseharian, tapi juga pekerjaan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya