Sebenarnya ada hal yang harus amat kita syukuri sebagai manusia. Waktu hidup yang tak sesingkat kupu-kupu, yang hanya hidup tak lebih dari 72 jam saja. Dengan waktu yang panjang ini sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan di dunia, demi membuat keberadaan kita tak sia-sia.

Kali ini bolehkah Hipwee mengajakmu berandai-andai? Jika waktumu di dunia hanya tersisa 72 jam saja, 7 hal inilah yang akan memberinya makna. Maka, atas nama siklus hidup yang lebih panjang — mengapa kita tak melakoni ini setiap harinya?

Spontanitas merupakan pedal gas yang bisa kamu injak untuk membuat hidupmu lebih kaya pengalaman dari biasanya

spontanitas akan membuat hidupmu makin kaya makna via modernecollective.blogspot.com

Saat ini mungkin kamu terbiasa dengan segala sesuatu yang terencana dengan baik. Kamu merasa hidupmu lebih mudah dengan adanya jadwal dan segala sesuatu yang terorganisir dengan rapi. Merasa berada di zona yang nyaman, kamu pun enggan berinovasi untuk membuat segalanya menjadi berbeda. Secara tidak langsung hal ini mampu memangkas pikiran kreatif yang ada di lingkar kepalamu. Berada di jalur yang itu-itu saja juga akan membuatmu tak lekas mencicipi hal baru.

Untuk membuat segalanya terasa lebih bermakna, kamu perlu memasukkan unsur spontanitas dalam hidupmu yang singkat ini. Ambil pilihan yang beda dari biasanya untuk sejenak keluar dari zona nyaman yang selama ini menjadi tempat persembunyian. Jika biasanya kamu berangkat naik kendaraan pribadi untuk berangkat dan pulang dari kantor, coba sesekali berinovasi untuk naik kendaraan umum yang jauh dari kenyamanan. Atau kamu bisa tetap menggunakan kendaraan sendiri namun memilih rute yang berbeda dari biasanya.

Advertisement

Bahkan, kamu bisa juga menjatuhkan pilihan tempat liburan secara acak di akhir pekan. Percayalah, pilihan yang kamu ambil secara spontan akan memberikan pengalaman terkenang yang tak mudah untuk dilupakan. Pengalaman ini juga akan makin memperkayamu sebagai manusia.

Jangan berniat berhenti melangkahkan kaki, karena selalu ada hal baru di setiap perjalanan dan persinggahan yang kamu hampiri

jangan berhenti melangkah, akan selalu ada hal baik yang menghampiri via www.c-heads.com

Selain bertindak secara spontan, kamu juga bisa meluangkan waktu untuk travelling demi memperkaya diri. Ingat travelling di sini tidak hanya melulu mengunjungi tempat baru demi pamer foto dan status di media sosial saja. Banyak hal lain yang lebih bermakna yang bisa kamu lakoni selain hanya mengabadikan pemandangan dengan lensa ataupun meninggalkan jejak kaki dan sampah di belakang.

Kamu bisa membuka mata terhadap kebudayaan serta penduduk lokal yang kamu jumpai di setiap destinasi. Pelajari keunikan budaya mereka. Hargai bahwa di dunia ini bukan hanya kamu dan budayamu saja yang memenuhi bumi, namun ada kebudayaan lain juga yang patut diberi tempat dan dihormati. Pun kamu juga bisa selalu meresapi segala kebaikan dan keramahan yang ditawarkan oleh penduduk lokal. Yakinlah, tidak ada ruginya melangkahkan kaki untuk melihat isi bumi, matamu justru makin terbuka terhadap wawasan yang sebelumnya tak kamu ketahui.

Mencintai hidupmu sendiri merupakan cara menikmati hidup yang paling mudah dan murah yang bisa kamu lakoni

mencintai hidupmu sendiri merupakan cara paling mudah untuk bahagia via modernecollective.blogspot.com

Sebenarnya kamu tak butuh modal banyak untuk membuat hidupmu terasa lebih bermakna. Kamu tak perlu membeli ini itu supaya hidupmu terasa kaya. Kamu pun tak perlu pergi ke tempat indah atau bertemu dengan orang-orang tertentu untuk membuat hidup makin nikmat. Sejatinya yang bisa membuat hidupmu terasa bermakna adalah dirimu sendiri.

Ya, kamu bisa mulai merapal syukur dan merasa beruntung atas segala yang kamu dapat di hidupmu sekarang ini. Selalu merasa bahwa kamu merupakan manusia beruntung adalah makna hidup yang sebenar-benarnya. Tak perlu mendongak dan melihat hidup orang yang berada di atasmu atau berusaha membanding-bandingkan. Setiap manusia sudah diberi porsinya sendiri, pun kita selalu memiliki pilihan untuk mensyukuri atau justru meratapi pemberian tersebut.

Jadi, pilihan yang sebenar-benarnya untuk membuat hidupmu terasa bermakna ada di tanganmu sendiri. Mulailah mengucap syukur dan berterimakasih atas segala hal yang telah hadir di dalam hidupmu hingga detik ini ada.

Rangkai setiap kata yang meluncur dari bibirmu dengan dasar kejujuran. Niscaya hidupmu akan memberimu makna yang dalam karena diisi kebahagiaan

isi hidupmu dengan kebahagiaan via sirensaysblog.wordpress.com

Biasakanlah untuk berkata jujur. Toh, berkata jujur tidak akan membuatmu merugi. Dengan mengatakan hal sesuai kebenarannya dan selalu tulus dalam bertindak akan menjadikan hidupmu makin terasa ada maknanya. Melakukan segalanya atas dasar kejujuran akan menjadikanmu pribadi yang tak perlu cemas dan tak lagi mengkhawatirkan hidup.

Pun selalu ada hal baik yang akan datang menjamahmu. Kamu juga bisa mengeliminasi segala perasaan sedih tak berkesudahan, kecewa, cemburu, dan marah yang membelitmu. Tak memiliki ragam perasaan negatif yang membelenggumu akan makin membuat hidup tenang sehingga kamu bisa lebih leluasa menikmati hidup ke depannya.

Karena hidup ini terlalu singkat, biarkan mereka yang sangat menyayangimu saja yang mendekat

Sayang sama aku? Sayang sama badan sendiri dulu deh… via unsplash.com

Hidupmu tentu lebih terasa ada maknanya ketika kamu menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memang menyayangimu. Mereka ini akan memberikan segala waktu, usaha, serta tenaga untuk membuatmu selalu merasa bahagia. Bahkan, mereka bersedia menjaga hatimu supaya tetap utuh bentuknya.

Orang-orang yang mencintaimu dengan hati penuhlah yang wajib dipertahankan supaya tetap ada. Utamakan keluarga dan jangan pernah tinggalkan para sahabatmu yang benar-benar setia. Merekalah tempatmu berbagi rasa. Sungguh, tanpa keberadaan mereka di dunia, hidupmu sama sekali tak terasa bernyawa.

Jangan dengarkan suara sumbang dari orang-orang yang bisa membuat semangatmu pudar. Hidupmu terlalu berharga untuk mendengar celoteh mereka yang tak berdasar

jangan dengarkan suara sumbang dari orang di sekitaran via magatha-may.blogspot.com

Hidup ini terlalu pendek hanya untuk mendengarkan celoteh miring maupun memikirkan tatap menghakimi dari orang lain. Mungkin biasanya kamu akan limbung saat mendengar tanggapan tak enak yang mampir di telinga. Juga merasa tertekan dan jatuh terjerembab saat tahu bahwa ada orang yang membencimu menggunjingkan di belakang.

Sungguh, kamu terlalu berharga untuk menyerap perkataan serta tudingan miring dari mereka. Jangan biarkan mereka masuk ke dalam lingkup hidupmu dan merusak suasana hati sehingga menjadikanmu pribadi yang tidak bahagia. Segera tutup telinga dan jauhi orang-orang yang memberi efek buruk bagi diri. Jalani saja yang kamu yakini benar. Biarkan kesuksesan yang membungkam celoteh mereka.

Segala hal bisa dilihat dari berbagi sisi, pilihlah sudut positif supaya semuanya terasa makin mudah untuk dijalani

pilihlah sudut positif supaya bisa menikmati keindahan dunia via www.chickensmoothie.com

Hidup yang singkat ini tak perlu dibuat terasa berbelit. Kamu tak perlu merutuki nasib dan terus menerus berandai. Pun kamu harus berhenti menyesali hal yang telah lalu di kehidupanmu. Segala tindakan itu tidak akan membuat segala sesuatunya berubah menjadi lebih baik, yang ada justru penyesalan yang tertinggal.

Di dalam kehidupan ini kamu selalu bisa melihatnya dalam dua sisi. Tak perlu berlama-lama menekuni sisi negatif, hidupmu justru makin terperosok setelahnya. Kamu bisa melihatnya dari sudut positif. Yakini saja bahwa setiap permasalahan yang singgah akan memberikan pelajaran berharga di hari depan.

Segera bergegaslah menikmati hidupmu detik ini juga. Buat segala sesuatunya terasa bermakna sebelum batas hidupmu di dunia disudahi.

Artikel ini terinspirasi dari laman Elitedaily. Laman aslinya bisa kamu lihat di sini.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya