Hidup jelas tidak boleh stuck dalam level yang begitu-begitu saja. Mesti ada perkembangan yang membuat kita bisa sedikit berpuas diri sebagai manusia. Sebab jika tidak, apa maknanya?

Kali ini Hipwee akan mengungkapkan hal-hal yang tanpa sadar bisa membawa hidupmu naik level ke tingkat selanjutnya. Sebagai pengingat agar kita segera melakukannya.

1. Kata hati berani kamu ikuti. Semua nggak asal cuma dijalani

Kata hati berani kamu ikuti (Foto: Shutterstock)

Kata hati berani kamu ikuti (Foto: Shutterstock) via shutterstock.com

Manusia sering tidak menyadari bahwa hidup mereka lebih sering untuk membahagiakan orang lain. Salah satu contoh adalah pemilihan jalur pendidikan kita yang nantinya bisa menjadi penentu masa depan dalam dunia kerja. Tidak jarang kita dipaksa masuk universitas ataupun jurusan pilihan orang tua yang mungkin tidak sesuai dengan nurani kita. Semua kita lakukan hanya agar orang tua dapat bangga dengan kita saat cerita kesanak saudara ataupun kerabatnya.

Apabila kamu berani untuk mengungkapkan perasaan sesungguhnya dalam hati, daripada mengendap perasaanmu, sebuah dunia baru akan terbuka bagimu. Daripada menyimpan perasaan dan hanya mengikuti jalur yang telah diharapkan, ungkapkan keinginan hati dan raih sebuah kebahagiaan yang mungkin belum dirasakan sebelumnya.

2.Persahabatan benar-benar kamu pertahankan. Kamu menghargai mereka yang menemanimu berkembang

Kamu menghargai mereka yang menemanimu berkembang (Foto: Shutterstock)

Kamu menghargai mereka yang menemanimu berkembang (Foto: Shutterstock) via shutterstock.com

Pertahankan persahabatan dengan orang-orang yang sering memberi kamu support. Ingat untuk tidak hanya menghampiri mereka saat butuh saja. Persahabatan harus seimbang dan saling mendukung maupun menghargai, bukannya saling menyapa hanya saat ada perlunya saja.

Semakin dewasa, kita makin terbuka untuk menjalin hubungan dengan beragam orang dari berbagai latar belakang. Dengan bersahabat dengan orang yang tepat, kita dapat perlahan membangun network kita. Semakin banyak orang baru yang dikenal dan bisa diajak bekerjasama seakan jadi bukti kesuksesan kita sebagai manusia.

3. Kamu mulai belajar memaafkan diri sendiri. Belajar mengampuni

Belajar mengampuni (Foto: Shutterstock)

Belajar mengampuni (Foto: Shutterstock) via shutterstock.com

Pernah kamu merasa benci dengan diri sendiri karena sebuah kesalahan yang telah dilakukan di masa lalu. Atau mungkin ada orang yang menyakiti perasaan kamu dan sampai sekarang hati tetap merasa mendendam. Tahukah kamu bahwa tidak dapat memaafkan diri sendiri atau seseorang adalah sesuatu yang cukup melelahkan?

Kalau kamu ingin menjadi dirimu yang lebih baik, kamu harus belajar untuk memaafkan orang lain terlebih dahulu. Dengan semakin sering kamu belajar memaafkan orang lain, perlahan kamu akan dapat memaafkan diri dan menjadi orang yang lebih baik. Sampai titik tertentu hidupmu akan terasa lebih lapang dan jauh lebih berarti.

4. Kamu sadar kalau hidup bukan cuma soal diri sendiri. Orang-orang terdekat juga kamu hargai

Orang terdekat juga kamu hargai (Foto: Shutterstock)

Orang terdekat juga kamu hargai (Foto: Shutterstock) via shutterstock.com

Kalau mau mengikuti kata hati bisa saja kita memilih untuk berhenti dari pekerjaan, jadi petani di desa, dan hidup menyepi di pinggiran. Tapi selalu ada hal lain yang perlu diperhatikan. Keinginan dan harapan orang-orang yang kita sayangi juga tak kalah berarti. Menjalani hidup yang bukan semata mengikuti keinginan sendiri membuatmu naik level berkali-kali. Dengan mempertimbangkan keperluan orang tersayang dalam hidupmu diatas keinginan pribadi akan menjadikan hidup jauh lebih lengkap dan bermakna.

5. Kamu memberi ruang untuk menemukan kenyamanan diri. Mencari yang paling pas di hati

Kamu mencari yang paling pas di hati (Foto: Shutterstock)

Kamu mencari yang paling pas di hati (Foto: Shutterstock) via shutterstock.com

Proses menemukan kenyamanan dalam diri adalah proses yang mesti dijalani dan tidak di skip seenak hati. Sesederhana menemukan pakaian apa yang paling pas untukmu, gaya apa yang paling nyaman kamu gunakan, sampai menemukan musik macam apa yang paling oke untuk menenangkan kegalauan hati.

Apabila kamu berhasil menemukan kenyamanan diri sendiri, ini menandakan bahwa kamu sudah berdamai dengan berbagai sisi dalam diri. Tidak ada yang perlu dikhawatirkan lagi jika sudah sampai di level ini.

6. Hidupmu lengkap saat menemukan dia yang bisa mendampingi. Dia yang bahunya bisa disandari

Dia, yang bahunya bisa disandari (Foto: Shutterstock)

Dia, yang bahunya bisa disandari (Foto: Shutterstock) via shutterstock.com

Pada akhirnya, hidup adalah soal menemukan pendampingan yang tepat. Menemukan si ‘Dia’ yang bisa kita jadikan tumpuan. Dan ini tidak melulu soal pasangan — tapi juga tentang partner yang dapat memudahkan rutinitas.

Tanpa disadari, memilih pasangan yang memudahkan hidupmu sehari-hari akan meningkatkan level hidup yang sedang kamu jalani. Kamu memilih bertumpu pada ‘Dia’ yang tidak memenuhi hidupmu dengan drama. ‘Dia’ yang selalu mendukung semua keputusanmu sebagai manusia.

Kalau dilihat secara sekilas, gadget juga dapat dipandang sebagai sebuah pendamping hidup. Kamu memilih untuk jatuh hati pada gadget yang mendukung semua aktivitasmu sehari-hari. Sebuah ponsel cerdas yang dapat melakukan semua tugas yang kamu harapkan darinya serta menghibur hati pada saat gundah. Semua fitur yang terdapat padanya sanggup mendukung segala kegiatanmu. Kamu harus pilih yang tepat agar nggak perlu ragu lagi.

Mana dari 6 hal ini yang sudah kamu lakoni? Nggak sulit kan membuat hidupmu naik level?

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya