Saat Kau Lelah dengan Cobaan, Tetaplah Kuat dan Percaya Semua Akan Baik-baik Saja


Kesedihan dan kebahagiaan itu satu paket. Tidak ada suka tanpa diiringi duka. Tinggal bagaimana kita menyikapi dan menjalani setiap ujian yang datang menghampiri. 


Tidak ada yang melarang untuk bersedih. Menangislah saat kamu merasa ujian ini begitu berat, saat kamu merasa lelah menghadapinya. Namun jangan jadikan airmatamu membuatmu menjadi lemah. Lalu terpegun larut dalam sedih. 

Sebab sejatinya yang bisa menguatkanmu adalah dirimu sendiri. Tidak ada yang lain. 

Tetaplah menjadi kuat meski kamu merasa lelah dan tak sanggup melaluinya. Allah memberi ujian sebab Dia yakin kamu bisa melaluinya. 


Saat setiap ujian datang mengadulah pada semesta. Temui Tuhanmu karena tidak ada tempat untuk kembali selain padaNYA. 


Dia yang memberi ujian. Dia pula pemilik solusi terbaiknya. Mengadulah dengan penuh kerendahan. Ceritakan masalahmu hanya padaNya. Simpan dengan rapat masalahmu dari pandangan manusia. Tak perlu kamu umbar pada dunia, cukup dadamu yang sesak akan beratnya ujian tak perlu kamubtambah dengan mendengar cibiran manusia. Tak perlu menarik simpati manusia dengan kesedihan. 

Setiap orang memiliki cara sendiri menghadapi sebuah ujian. 

Namun yang terbaik melaluinya adalah tetap menjadi tenang diiringi kamu yang selalu meminta pada Allah. Selesaikan dengan bijak setiap ujian itu datang. Sembunyikan dukamu seolah semua baik-baik saja. Seakan hidupmu tanpa masalah. Semakin kamu menjadikannya beban, ujian itu akan terasa semakin berat. 

Sesungguhnya ujian itu tidak hanya mengajarimu untuk bersabar dan tawakal.

Namun juga menguji mentalmu untuk tangguh. Sesiap apa kamu melaluinya. Ujian tidak pernah datang dengan salam. Ia seringkali datang tanpa kita duga. Butuh kesiapan mental saat ujian itu datang. Bagaimana diri ini bisa menyikapinya dengan penuh ketenangan. 


Tetap menjadi waras saat dihadapi dengan banyak kebingungan. Tidak gegabah saat diminta untuk membuat keputusan. 


Karena ketenangan sangat dibutuhkan saat menghadapi setiap ujian pun masalah. Sebab saat amarah menguasai diri. Bukan hanya masalah yang tidak kelar atau ujian yang serasa sesak. Namun juga kamu yang akan lelah sendiri, kian tepuruk dan mengambil langkah yang salah. 

 

Ingatlah setiap manusia akan diuji. Bahkan ada yang diuji dengan musibah yang jauh lebih berat dari masalah yang kamu hadapahadapi. 

 


Apapun yang terjadi. Melangkahlah dengan bismillah. Semoga semua Baik-baik saja. Luaskan sabar dan lapangkan hati untuk memaafkan. Allah lebih tahu kapan waktu terbaik untuk menjawab doa-doamu. 


 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penyuka Arunika - Penikmat Swastamita

Editor

Penikmat buku dan perjalanan