Berminat Mengikuti Student Exchange Program? Ini Penjelasannya

Memiliki mimpi untuk menuntut ilmu di negara lain? Ingin merasakan seperti apa studi di luar negeri? Program pertukaran pelajar atau student exchange program adalah jalan ninjanya. Kenapa begitu?



Student exchange program atau program pertukaran pelajar merupakan sebuah program yang memberikan kesempatan kepada para mahasiswa untuk menjajal sistem pendidikan yang berada di luar negeri dalam jangka waktu tertentu, yang biasanya sudah ditentukan.



Student exchange menjadi salah satu target yang ingin dicapai sebagian besar mahasiswa pada masa perkuliahan, tapi tidak banyak mahasiswa yang mampu mewujudkannya dikarenakan perlu adanya kemampuan lain tak hanya sekedar kemampuan dalam kecakapan berbahasa Inggris dalam pelaksanaannya.



Beberapa hal yang harus dimiliki jika ingin mengikuti program pertukaran pelajar:

1. Nilai akademik atau prestasi di bidang tertentu

2. Kemampuan bahasa asing

3. Kemampuan finansial

4. Kesehatan jasmani maupun rohani

5. Kemampuan mengikuti tahapan seleksi dan wawancara

Advertisement

Banyak sekali yang harus kamu persiapkan jika kamu berminat untuk mengikuti program bergengsi ini. Bukan hanya itu, persaingan ketat akan kamu lalui. Bersaing bukan hanya dengan teman melainkan seluruh siswa/mahasiswa di berbagai negara.

Tidak perlu takut, kamu harus berusaha untuk melengkapi aspek-aspek yang diperlukan untuk mengikuti program pertukaran pelajar ini. Gunakanlah waktu dengan sebaik-baiknya.

Sudah mengetahui apa saja yang harus dimiliki guna mengikuti student exchange program, maka selanjutnya adalah beberapa manfaat yang akan kamu dapatkan ketika mengikuti student exchange program:



1. Mampu mengembangkan critical thinking

Dengan mengikuti program pertukaran pelajar kamu akan mengalami pendekatan pembelajaran dengan cara yang berbeda.



Siswa/mahasiswa yang mengikuti pertukaran internasional mendapat kesempatan untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris atau bahasa dari negara yang mereka tempati selama program, mengembangkan kompetensi baru, bahkan bisa mengambil hobi baru dan mengembangkannya dengan budaya yang berbeda.



2. Belajar bagaiamana menghargai perbedaan dalam segi agama, suku, dan ras

Advertisement

Saat kamu melaksanakan program pertukaran pelajar ke negeri seberang kamu akan bertemu dengan banyak orang yang tak pernah kamu temui sebelumnya.

Perbedaan cara pergaulan, perbedaan budaya, perbedaan ras, bahkan agama yang mereka anut. Dengan mengikuti program ini, kamu akan mendapatkan banyak pelajaran bagaimana pribadi mereka, sehingga kamu akan mendapatkan manfaat lebih dalam menghargai orang lain.



3. Mendapatkan pengalaman baru

Pengalaman baru yang kamu dapatkan saat mengikuti program pertukaran pelajar akan menjadi perbekalan saat kembali ke Indonesia setelah jangka waktu selesai.



Apa yang kamu dapatkan nantinya dapat kamu bagikan bersama teman-teman lainnya, baik segi pergaulan maupun pendidikan, segi pengalaman dan banyak lainnya.



Setelah memahami apa itu student exchange, apakah kamu tertarik untuk kuliah di luar negeri? Mulai persiapkan dari sekarang! Semangat!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE