Mata menjadi salah satu komponen terpenting dalam tubuh manusia, untuk itu sangat penting untuk selalu menjaga kesehatannya.Mata sangatlah sensitive dan mudah terkena iritasi, sehingga anda perlu sangat berhati-hati terhadap panca indera yang satu ini.Selain itu anda juga perlu menghindari berbagai kebiasaan yang tanpa disadari mampu menurunkan kemampuan penglihatan mata. Untuk itu kali ini akan kami akan berikan beberapa tips menjaga kesehatan mata yang dapat anda terapkan dalam keseharian anda.

Stop mengucek mata

Tips menjaga kesehatan mata yang pertama adalah berhentilah untuk mengucek mata ketika mata anda terasa gatal.Kebiasaan mengucek mata adalah salah satu kebiasaan yang sangat merugikan bagi kesehatan mata.Ketika anda sedang mengucek mata, maka banyak sekali kuman yang awalnya menempel pada tangan anda kemudian masuk ke dalam mata. Hal ini akan membuat mata anda iritasi, merah, dan bahkan bengkak.

Ambil jarak pandang yang aman

Di zaman modern ini hampir semua orang bekerja di depan laptop atau komputer sehingga sangat rawan dalam kesehatan mata. Maka dari itu tips menjaga kesehatan mata yang selanjutnya adalah menjaga jarak pandang dengan beberapa perangkat teknologi tersebut. Baik komputer ataupun laptop memiliki radiasi yang tinggi sehingga mampu merusak mata.Untuk itu anda perlu menjaga jarak aman minimal 50 cm. Selain komputer dan juga laptop, anda juga perlu menjaga jarak pandang ketika menonton TV, ketika menggunakan gadget.Jika perlu anda dapat menggunakan kaca mata agar mata anda tidak sering terpapar debu secara langsung. Anda juga perlu mengistirahatkan mata ketika lama berada di depan layar atau lama membaca buku.

Advertisement

Perbanyak Konsumsi vitamin A

Vitamin A memang sangat bagus untuk menutrisi mata anda.Tips menjaga kesehatan mata yang satu ini memang dapat berefek langsung pada mata. Namun konsumsi vitamin A secara rutin akan mampu merawat kesehatan mata anda. Vitamin A ini dapat anda temukan pada beberapa jenis buah dan sayuran segar. Misalnya saja buah apel, papaya, tomat, wortel, dan lainnya.Anda dapat mengonsumsinya secara langsung atau diolah terlebih dahulu, namun memang khasiatnya akan semakin maksimal. Anda juga

Sebenarnya masih banyak lagi tips menjaga kesehatan mata yang lainnya. Anda perlu memeriksakan mata anda secara rutin, agar ketika sewaktu-waktu terdapat gangguan, maka dapat ditangani dengan cepat.Selain itu anda juga perlu menjaga pola hidup sehat dengan menghindari rokok.Rokok memiliki dampak yang sangat merugikan bagi tubuh dan salah satu komponen yang terkena dampak langsung dari kebiasaan buruk merokok adalah mata.Anda yang sudah kecanduan merokok perlu waspada, sebab berbagai penyakit mata seperti katarak, dan juga kerusakan saraf mata selalu mengancam anda kapanpun.

Advertisement

Demikian tadi beberapa tips ampuh untuk menjaga kesehatan mata anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya