Sebenarnya ada banyak sekali jenis ikan mas yang ada di dunia ini dan belum diketahui banyak orang. Ikan mas atau sering disebut dengan ikan karper adalah salah satu jenis ikan yang hidup di air tawar, mulai di perkembangbiakan sejak tahun 1920 di Indonesia. Mungkin yang anda ketahui hanya jenis ikan mas biasa yang ada di pasaran, tanpa di sadari masih banyak jenis ikan mas lainnya seperti ikan mas hias, punten, karper kaca, kumpay, dan lain-lain.

Yang perlu anda ketahui saat ini adalah cara budidaya ikan mas dengan baik dan benar. Selain menambah ilmu pengetahuan juga bisa di praktekkan di rumah, meskipun hanya untuk sebuah hobi dan hiburan saja. Jenis ikan mas konsumsi biasanya sering anda lihat di pasar tradisional dan kolam pemancingan seluruh negri ini. Sedangkan ikan mas hias biasanya di pelihara pada sebuah aquarium.

Advertisement

Jenis Ikan Mas Hias

1. Ikan Mas Koi

Ikan mas koi atau dikenal dengan nama koi merupakan salah satu jenis ikan mas yang populer di kalangan masyarakat, karena memiliki beragam warna yang indah seperti merah menyala, kuning, putih, hitam, dan warni-warni.

Advertisement

2. Ikan Mas Kumpay

Ikan mas kumpay merupakan salah satu jenis ikan mas hias terpopuler bahkan sudah terkenal di mana-mana, ciri-cirinya yaitu ketika ia bergerak terlihat sangat indah pada bagian siripnya yang panjang dan berlumbai serta memiliki sisik bermacam-macam warna yaitu putih, merah, hijau gelap dan kuning.

Jenis Ikan Mas Konsumsi

1. Ikan Mas Majalaya

Ikan mas majalaya di temukan pada Desa Majalaya, Bandung, Jawa Barat yang memiliki warna hijau keabuan dan gelap. perbedaan ikan mas majalaya dengan yang lainnya adalah pertumbuhannya lebih cepat maka dari itu banyak sekali orang yang membudidaya jenis ikan ini.

2. Ikan Mas Punten

Ikan mas punten adalah jenis ikan konsumsi yang di sukai banyak orang karena ukuran punggungnya yang lebar dan jinak. Jenis ikan ini di temukan pertama kali pada Desa Punten, Malang, Jawa Timur pada tahun 1933, maka dari itu sampai sekarang orang menyebutnya ikan mas punten.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya