5 Dampak Negatif Bagi Tubuh Bila Kamu Malas Mandi. Salah Satunya Susah Tidur di Malam Hari!

dampak negatif malas mandi

Pada umumnya mandi dilakukan rutin oleh manusia untuk membersihkan diri dari banyaknya kotoran yang menempel di kulit dengan menggunakan media air sebagai unsur utama yang dikucurkan ke sekujur tubuh. Dan biasanya kegiatan ini akan berbeda bila kita bandingkan dengan negera-negara yang memiliki kebiasaan mandiyang berbeda-beda.

Advertisement

Ada yang dalam sehari hanya mandi sekali, ada yang dua kali sehari dan adapula yang berkali-kali. Perbedaan ini disebabkan faktor kondisi cuaca, iklim dan lingkungan daerah yang berbeda pula.  Namun apa jadinya bila dalam keadaan tubuh yang kotor, kita enggan untuk membersihkan diri. Berikut adalah 5 akibat buruk bagi tubuh kita bila malas untuk membersihkan diri.

1. Menimbulkan penyakit kulit

Kotoran dan debu bila menumpuk pada kulit manusia dalam jangka waktu yang lama, dapat menimbulkan gatal-gatal, iritiasi pada kulit makin berkembangbiak dan dapat menimbulkan banyak penyakit kulit seperti Panu, Kudis, Kurap, jamur dan iritasi pada bagian-bagian kulit yang rawan akan dampak bakteri dan jamur yang ada pada tumpukan kotoran akibat aktifitas keseharian kita.

2. Menyebabkan susah tidur

Dengan banyaknya debu dan kotoran yang menumpuk pada tubuh kita bisa memberikan efek tidak nyaman pada tubuh kita. sehingga ketika hendak tidur akan menimbulkan rasa tidak nyaman dan mempersulit menenangkan diri untuk memenjamkan mata.

Advertisement

3. Tubuh rentan demam dan flu

Kondisi tubuh yang dipenuhi kotoran akibat malas mandi akan berdampak pada kebersihan tubuh yang terganngu. Hal ini dapat berdampak negatif bagi kesehatan tubuh dimana rentan terkena penyakit, terutama penyakit yang berhubungan dengan suhu tubuh dan organ pernafasan yang terganggu seperti demam dan flu.

4. Tubuh akan mudah lemas dan gerah

Tubuh kita akan sangat membutuhkan air untuk membuat suhu tubuh menjadi stabil dan lembab sehingga menopang segala bentuk kenyamanan dalam beraktifitas. Hal ini juga meningkatkan dorongan psikis terhadap tubuh dengan adanya rasa nyaman dapat mengembalikan bentuk seselarasan diri yang seimbang.

5. Dampak tidak langsungnya, bisa menyebabkan penuaan dini

Pada dasarnya kulit manusia membutuhkan air untuk membuat tubuh lembab dan cerah. Bila kulit kita  kukerangan air maka kulit akan kriput dan memudar kecerahannya. Hal inilah yang menjadi faktor utama dari mempercepat masa penuaan pada kulit manusia.

Nah mulai sekarang jangan malas mandi ya!

Tubuh manusia pada hakikatnya adalah tempat tinggal para makhluk-makhluk ciptaan tuhan yang tak terjangkau oleh pandangan mata. Sebagian dari makhluk-makhluk tersebut menguntungkan bagi diri manusia dan adapula sebagia yang merugikan hingga menyebabkan kematian bagi manusia. Oleh karena itu pentingnya memelihara kebersihan diri harus diperhatikan karena bila manusia menerapkan hidup bersih dan displin dalam kebersihan, maka akan berpengaruh pada keharmonisan tubuh dalam menjalani keseharian dengan kebahagian.

 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE