Saat ini kita memang masih muda, masih cantik-cantiknya dong. Kulit masih kencang, masih kenyel dan enak dipegang. Wajah juga mulus tanpa garis-garis halus. Tapi seperti semua hal di dunia, itu bakal berubah. Kita bakal bekerja, berkeluarga, punya anak, dan sibuk dengan kehidupan masing-masing.

Tanpa terasa kulit sudah menua. Kering, kusam, tidak kencang, belum lagi kerut-kerut yang mulai muncul lagi. Itu adalah tanda-tanda yang biasa terlihat kalau kita tidak merawat kulit kita dengan baik.

Advertisement

Sebenarnya kita bisa lho menua dengan cantik. Saya beberapa kali bertemu dengan orang-orang yang terlihat 10 atau 20 tahun lebih mudah daripada umur aslinya. Jadi bertambah umur tidak sama dengan kita tidak cantik lagi ya. Nah, supaya kulit kita nggak menua sembarangan (apalagi menua sebelum waktunya), ada beberapa kebiasaan yang bisa mulai dilakukan dari sekarang!

1. Tidak Merawat Kulit Wajah

Cowok selalu menganggap cewek itu jagonya dandan dan merawat diri. Padahal nggak selalu gitu kan?

Advertisement

Ada banyak juga cewek yang nggak kenal apa itu merawat kecantikannya sendiri. Cuek dengan penampilannya sendiri. Nggak tahu apa aja yang harus dirawat, gimana caranya, atau tahu tapi minim banget, sebatas pakai Nivea dan Viva doang tiap hari hehe. Kurang lebih seperti itulah saya waktu masih mahasiswa. Waktu sekolah aja saya jagonya ikut kemping, lebih tomboi lah daripada cewek-cewek yang bisa dandan pada umumnya.

Saya sendiri mulai mengenal tentang produk perawatan kecantikan gara-gara saya jerawatan parah waktu hampir lulus kuliah. Dari situ saya terpaksa nyoba macam-macam produk. Mulai dari yang harganya 3 ribu sebungkus sampai yang 1,5 juta per botol pernah saya pakai. Dari pengalaman itu dan sering baca-baca forum dan blog, sediki-sedikit saya mulai tahu seperti apa sih harusnya merawat wajah.

Mulailah belajar sedikit demi sedikit tentang perawatan kulit selagi muda. Apa saja langkah-langkanya, bagaimana macam-macam produknya, dan seperti apa jenis kulitmu sendiri. Produk yang bagus hasilnya saat dipakai teman kita bisa berbeda efeknya lho kalau tidak cocok dengan jenis kulit kita. Karena dirawat dari muda, tentu ketika menua pun akan lebih cantik dari yang tidak dirawat. Bahkan kalau perawatannya cocok dengan kulitmu, bisa jadi akan menambah awet muda kulit.

Merawat wajah dan kecantikan tidak selalu tentang produk. Kalau kamu termasuk penganut paham resep tradisional, ada banyak sekali cara alami yang bisa digunakan untuk merawat wajah.

2. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Untuk yang satu ini, bahkan cewek yang sudah jago dandan dan sering memakai produk kecantikan pun belum tentu ingat. Padahal tabir surya penting banget lho untuk menjaga agar kulit tidak segera menua.

Terpaan sinar UV dari matahari dapat membuat kulit kendur karena merusak kandungan kolagen dan elastin pada kulitmu. Kolagen adalah protein utama pembentuk jaringan kulitmu, sementara elastin berfungsi untuk memberikan kelenturan pada kulit. Kalau keduanya rusak, hasilnya tentu kulitmu menjadi kendur dan tidak kencang lagi.

Tabir surya sendiri terdiri dari sunblock dan sunscreen. Keduanya berbeda lho, tapi untuk mudahnya yang penting kamu memakai salah satunya. Untuk sekarang ini, sebenarnya sudah banyak produk yang menggabungkan fungsi tabir surya ke dalam kandungannya. Jadi tidak perlu repot lagi pakai satu per satu.

3. Lupa Menjaga Kelembaban Kulit

Apa kamu tahu, kulit yang awet muda adalah kulit yang lembab. Kulit yang lembab tidak hanya terasa lebih nyaman, tapi juga dapat melindungi dari radikal bebas, zat-zat racun serta kerusakan sel kulit. Apalagi sebenarnya kulit mengalami stress ketika kondisinya kering lho.

Jadi jangan biarkan kulitmu kering ya! Mulailah sering mengoleskan produk pelembab. Perbanyak juga konsumsi air putih sehari-hari untuk menjaga kadar air tubuhmu. Jus buah juga boleh kamu minum sebagai ganti air putih. Kelebihannya, kamu bisa memilih buah yang banyak mengandung vitamin C dan E. Kedua vitamin ini berpengaruh pada produksi kolagen dan elastin di kulit sehingga bisa membuat kulitmu awet muda.

4. Terlalu Banyak Konsumsi Gula

Kalau poin di atas menganjurkan kamu minum jus, jangan malah memilih jus yang manis ya. Minumlah jus sebisa mungkin tanpa ditambahi gula! Kenapa begitu? Karena kadar gula berlebihan dapat menimbulkan molekul berbahaya yang akan merusak kolagen dan elastin.

5. Kurang Berolahraga

Poin yang ini saya banget deh (dan sejuta cewek lainnya), nggak pernah menyempatkan diri berolahraga. Kalau kamu seperti saya, sebagai ganti olahraga kamu bisa rutin melakukan senam wajah ataupun memijat wajah. Kebiasaan ini akan melancarkan aliran darah ke kulit wajah kita, sehingga oksigen dan nutrisi pun akan lancar.

6. Merokok dan Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Walau nggak banyak, tapi ada kan dari kalian yang sering melakukan hal-hal ini? Kedua kebiasaan ini juga menghancurkan kandungan kolagen dan elastin sehingga kulit cepat menua. Apalagi produksi hormon estrogen yang menjaga kekencangan kulitmu juga akan menurun kalau kamu sering melakukannya.

Itu tadi kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat kulitmu segera menua, baik kamu sadari atau tidak. Semuanya hanya kebiasaan sederhana yang bisa diperbaiki dengan mudah. Maka dari itu supaya kulit kita tetap terjaga kemudaannya, mulailah merawat kulit kita dari sekarang ya!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya