Aku Tidak Bisa Bukan Berati Aku Bodoh. Ingat, Semua Orang Memiliki Kesempatan untuk Berubah dan Menjadi Lebih Baik!

Setiap manusia pasti mempunyai banyak kekurangan. Tidak ada manusia yang sempurna. Karena kesempurnaan itu hanya milik Tuhan.

Advertisement

Tidak bisa mengerjakan suatu kegiatan bukan berarti kita tidak akan sukses. Setiap orang memiliki keahlian di bidangnya masing-masing. Kita tidak bisa memaksa setiap orang harus bisa melakukan semua hal. Tetapi masih banyak orang di luaran sana yang meremehkan orang lain hanya karena mereka tidak bisa mengerjakan suatu pekerjaan.

Setiap orang pastinya pernah diremehkan oleh orang lain. Saya pun pernah merasakannya. Ketika saya masih duduk di bangku sekolah, salah satu teman saya yang menyukai pelajaran matematika tidak mau bergaul dengan saya karena saat itu saya tidak terlalu pandai dalam pelajaran matematika. Awal masuk ke jenjang pendidikan berikutnya pun banyak teman saya yang tidak mau bergaul dengan saya karena terlihat seperti murid yang tidak pandai.

Ada juga guru matematika saya yang tertawa ketika tahu nilai matematika saya remedial lagi. Saya masih teringat dengan ekspresi muka agak tertawa guru matematika saya. Dia menertawai saya karena nilai matematika saya remedial. Apa salah jika saat itu saya tidak pandai dalam pelajaran matematika?

Advertisement

Dari kejadian itu saya pun mempunyai motivasi lebih. Saya mulai bangkit. Saya belajar setiap hari. Karena saya berpikir jika orang lain bisa kenapa saya tidak pasti saya bisa juga.

1 tahun kemudian otak saya mulai beradaptasi dengan matematika. Bahkan saat SMA saya sudah jarang mendapatkan nilai di bawah KKM lagi. Saya pun menjadi lebih percaya diri saat itu. Banyak teman saya yang ingin belajar matematika dengan saya saat itu.

Advertisement

Dari sini saya menyimpulkan jika kamu tidak bisa dalam mengerjakan sesuatu belum tentu kamu tidak akan bisa selamanya. Selagi mencoba kita pasti bisa menaklukkannya. Walaupun  proses yang kita lewati sedikit lebih lama daripada orang lain. Setidaknya kita sudah berusaha yang terbaik.

Jangan pernah mengatakan Aku tidak bisa. Ubah kata tersebut menjadi Aku belum bisa. Jika kita mengatakan tidak bisa itu tandanya kita memang tidak ada ketertarikan untuk mempelajarinya. Jika kita mengatakan belum bisa. Pastinya kita akan berusaha semaksimal mungkin untuk mempelajarinya hingga kita menaklukkannya.

Jangan berkecil hati ketika kita tidak bisa dalam suatu hal. Padahal kita sudah berusaha mati-matian. Menurutku itu adalah hal yang wajar karena kekecewaan kita akan menjadi sebuah pengalaman tersendiri.

Jika kamu menyukai menggambar teruslah asah kemampuanmu. Mendalami bidang yang kita sukai itu adalah hal yang tepat. Tidak perlu memaksakan diri untuk menjadi sempurna. Karena itu akan menyakiti diri kita sendiri.

Tidak perlu berpacu dengan kesuksesan orang lain juga. Jangan berpikiran kalau jalan hidupmu tidak semulus jalan hidup orang lain. Merendahkan diri sendiri sebetulnya adalah hal yang tidak berguna.

Setiap orang memiliki takar kesuksesan masing-masing. Kita tidak perlu menjadi apa yang orang lain inginkan. Kesuksesan kita nanti pun tidak akan dilirik semua orang.

Orang hanya melihat hasil kesuksesan kita saja. Tidak peduli sebagaimana pun dengan proses yang telah kita lalui. Siapa juga yang akan tertarik untuk mendengarkan prosesnya. Tidak ada, jika ada mungkin hanya beberapa orang saja.

Hal terpenting dalam hidup adalah kebebasan. Kebebasan dalam mengekspresikan diri di bidang mana pun yang kita sukai. Selagi kita masih bisa melakukan hal apa pun yang kita sukai, lakukanlah. Jika menundanya diri kita sendiri yang akan merugi.

Lakukan hal bermanfaat yang akan membawa dampak yang positif untuk diri kita ke depannya. Jangan ragu untuk memulai apa pun. Karena masa depan kita ditentukan oleh langkah yang kita mulai saat ini.

Jika memilih untuk bersantai terlebih dahulu maka di masa depan nanti mungkin kamu akan merasa menyesal. Karena tidak bisa memanfaatkan waktu dengan benar. Atur strategi dan susun rencana mulai dari sekarang untuk masa depan. Lalu jalani sesuai kemampuanmu.

Menyerah dan putus asa bukanlah solusi dari semua masalahmu. Bila kamu diremehkan, abaikan saja orang yang meremehkanmu. Jadikan itu sebagai bahan introspeksi diri dan motivasi untuk maju ke depan.

Jangan juga mengharapkan belas kasihan orang lain. Karena masa depan kita tidak dibentuk dari belas kasihan orang lain melainkan dari usaha yang kita lakukan selama ini. Pikirkan orang-orang yang sudah mendukungmu hingga saat ini. Jangan kecewakan mereka.

Jadi jangan memaki diri sendiri karena ketidakpandaianmu. Justru kita harus lebih banyak memotivasi diri untuk berkembang. Agar kita bisa meraih cita-cita yang sudah kita idam-idamkan dari dahulu.

Tidak ada orang yang bodoh di dunia ini. Semua orang bisa asalkan mereka mau berusaha. Perjelas lagi tujuan hidup kita sebenarnya. Agar kita makin giat untuk menuntaskan apa pun yang sudah kita rencanankan.

Berkarya sesuai passion bukan sesuai dengan pilihan orang lain. Jangan paksakan diri menjadi orang lain. Diri kita sendiri pun sudah hebat. Karena sejatinya manusia diciptakan beragam oleh Tuhan.

Tinggal bagaimana cara kita bersyukur dan menjalaninya. Kita adalah makhluk Tuhan yang kuat. Tetap semangat jalani harimu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang mahasiswa yang punya banyak cita-cita dan berkeinginan lanjut studi di luar negeri.

CLOSE