Alih-alih Bekerja dengan Niat Chilling yang Ada Malah Bikin Pusing

Kenali Dampak Distraksi, Pekerja Wajib Tahu

Pernah berniat ingin mengerjakan sesuatu? dan saat akan memulainya tiba-tiba fokus kita beralih pada hal lain yang malah membuat kita jauh dari tujuan niat awal? Seperti muncul pikiran atau bayangan yang bertolak belakang pada sesuatu yang sedang kita kerjakan, dan membuat pekerjaan atau tugas tersebut menjadi terbengkalai atau malah menjadi tertunda untuk beberapa saat?

Advertisement

Atau di saat kita akan mengerjakan sesuatu, ada saja hal yang mengganggu fokus kita seperti suara bising dari kendaraan, AC di dalam ruangan yang terlalu berisik, atau teman yang mengajak ngobrol ketika kita sedang mengerjakan sebuah tugas, dan bahkan bagi sebagian orang, musik dengan suara vokal juga dapat mengalihkan fokus mereka, sehingga mereka butuh sebuah ruangan yang benar-benar tanpa suara dan gangguan untuk bisa mengerjakan sebuah tugas.

Hal-hal tersebut disebut dengan Distraksi, yang dalam pengertiannya menurut website resmi APA Dictionary of Psychology. Distraksi adalah sebuah stimulus yang menarik perhatian kita dan menjauhkan kita dari fokus utama. Sebabnya bisa diakibatkan oleh dua faktor, bisa dari hal Internal dan Eksternal, sebagaimana yang sudah saya paparkan contohnya di atas.

Lalu apakah hal itu bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan segera?

Advertisement

Beberapa dampak dari distraksi dapat membuat kinerja seseorang menjadi menurun, dan itu tentu saja juga akan berpengaruh pada psikis dan kehidupan seseorang tersebut. Misalnya saja, seorang karyawan kantoran sedang diberi tugas oleh atasannya yang pada hari itu juga harus segera diselesaikan karena sifatnya yang urgensi, lalu ketika karyawan itu baru saja akan mengerjakan tugasnya tersebut, ia memilih untuk mencari playlist lagu yang cocok di Youtube untuk menemaninya sebelum mulai bekerja. Bukannya langsung mengerjakan pekerjaanya, si karyawan justru sibuk membuka tutup tab pada browser komputernya hanya untuk mencari musik dari band yang dirasanya paling cocok untuk bekerja. Sampai nggak dia sadari waktu pun berlalu begitu saja, dan hanya menyisakan waktu 1 jam  sebelum tugas itu harus diserahkan ke atasannya. Tentu saja karyawan itu akan mengalami burn out, kalang kabut dan keteteran yang berakibat stres dan panik. Belum ditambah lagi dengan kekhawatian bakalan ada teguran dari atasan atau mungkin yang lebih parah lagi, sebuah surat peringatan yang bakal kemungkinan melayang ke wajah karyawan tersebut.

Melihat situasi yang dihadapi si karyawan tersebut, tentu saja hal itu seharusnya membuat kita sadar akan dampak dari distraksi itu sendiri. Alih-alih bekerja dengan niat chilling yang ada malah bikin pusing. So, Stay Focus, and Keep Awake!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Sarjana komunikasi yang senang nulis dan gambar

CLOSE