Orang Bandung mana sih, yang tidak tahu dengan makanan yang satu ini? Tentu saja banyak orang yang sudah tau akan nama makanan yang satu ini, tetapi apakah mereka tahu asal-usul atau sejarah dari makanan yang satu ini?

Seiring dengan berkembangnya zaman, ternyata seblak yang merupakan makanan khas Bandung ini memiliki kemiripan dengan salah satu makanan khas daerah Sumpiuh, Jawa Tengah.

Advertisement

Bahkan banyak juga yang mengira bahwa seblak merupakan makanan khas daerah Sumpiuh dari Jawa tengah. Mengapa hal itu bisa terjadi? Ada salah satu faktor yang membuat seblak dikira adalah makanan khas daerah Sumpiuh, yakni seblak sangat mirip dengan kerupuk yang direbus dan pada tahun 1940-an itu masih populer-populernya makanan yang seperti itu. Lalu seblak menjadi terkenal pada tahun 2000-an.

Menurut seorang penjual makanan seblak di kota Bandung, banyak juga yang menduga kalau makanan seblak adalah makan kerupuk kuning yang setelah itu dimasak dengan rasa yang cukup pedas. Dan ternyata nama dari seblak itu sendiri adalah nama bumbu yang terbuar dari bahan kencur dan cikur. Seiring dengan berkembangnya waktu, bapak penjual seblak itupun juga membuat variasi yang unik dari makanan seblak itu sendiri misalnya ia memakai bahan dasar kerupuk kuning, makaroni, tahu, bakso, hingga mie. Setelah itu di masak dengan beragam jenis toping lalu ditambahkan air dan cabe.

Malahan sekarang ini banyak sekali koki-koki terkenal yang suka memasak makanan yang satu ini, lalu dihidangkan ke keluarga mereka masing-masing. Bahkan ada juga yang dipakai untuk bisnis kuliner. Ada juga produk-produk seblak instan misalnya dari Nanutz Mania ini. Dan sekarang terdapat berbagai macam variasi rasa seperti rasa rendang, gule, dan lain sebagainya.

Advertisement

Cukup sekian artikel mengenai asal usul seblak, makanan khas Bandung yang sedikit orang tahu, semoga dapat menambah wawasan anda dan bermanfaat untuk anda.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya