Asyiknya Belajar Bahasa Inggris di Cebu dan Serunya Wisata di Filipina

Di Indonesia, mau seintensif apapun kita belajar bahasa Inggris kita tidak akan menggunakannya 24/7.

Pasti masih banyak d iantara kita yang butuh belajar bahasa Inggris. Walaupun masih banyak juga yang menyepelekan perlunya kemampuan berbahasa Inggris. Buat apa? Susah tau. Ngapain? Ga nasionalis banget. Ih belagu banget sih sok-sok an Inggris. Serta banyak alasan lainnya.

Advertisement

Mengapa Kita Perlu Belajar Bahasa Inggris?

Peluang yang lebih baik untuk mendapatkan pekerjaan dan hak untuk tinggal dan bekerja (permanent residency) di negara maju lainnya.

Peluang untuk memberikan kontribusi signifikan kepada masyarakat dan negara.

Advertisement

Komunikasi jadi lebih nyaman saat berpergian ke seluruh dunia.

Gerbang pendidikan ke negara-negara lain seperti Amerika Serikat, Inggris dan Kanada.

Advertisement

Saya pribadi sudah belajar bahasa Inggris di setengah umur hidup saya tapi masih merasa begitu-begitu saja. Sudah belajar di sekolahan, tempat les, lagu, film, buku, majalah, koran, sama teman dsb tapi masih belum maksimal. Nah.. saat mendatangi booth Filipina di World Education Expo Indonesia di JCC Senayan, saya baru tahu mengapa.


“Di Indonesia, mau seintensif apapun kita belajar bahasa Inggris kita tidak akan menggunakannya 24/7. Kecuali mungkin kita tinggal di Desa Pare-Kediri atau anak jaksel (south kid).”


Di Filipina setelah kita belajar bahasa Inggris di dalam kelas, kita wajib menggunakannya di luar kelas. Kenapa? Karena di sana bahasa yang digunakan adalah bahasa Inggris. Kita "dipaksa" untuk menggunakannya setiap saat. Efektif banget kan buat mengasah kemampuan bahasa Inggris dengan cepat.



Kenapa belajar bahasa Inggris di Filipina? Nomor 5 dan 6 bakal bikin kamu pengen nge-klik link nomor 3.

Negara berbahasa Inggris terbesar ke-5 di Dunia.

Berada di peringkat ke-1 di Asia untuk skor rata-rata TOEIC dan peringkat ke-3 di dunia dalam sistem IELTS.



Lokasi dekat dari Indonesia dan mudah dicapai. Durasi terbang hanya 4 jam setara dengan PP berkendara di Jakarta. Kalau kangen pecel lele atau ketoprak tinggal cus!

Biaya pendidikan relatif terjangkau dengan pilihan durasi waktu mulai dari 10 hari.

Lingkungan sekolah yang multi budaya, terutama bangsa Asia. Jangan kaget kalau di depan kamu seliweran oppa dan onni-chan, seru banget kan?

Fasilitas asrama dengan prasarana lengkap. Bahkan ada yang sekelas resort dan di pinggir pantai!

Staf pengajar dengan kualifikasi dan sertifikasi internasional serta dedikasi mengajar tinggi dan sabar.

Sistem pengajaran one-on-one, grup kecil (6 orang) dan grup besar (9 orang).

Di Filipina program ESL (english as second language) memiliki daya tarik yang tinggi. ESL adalah penggunaan atau belajar bahasa Inggris oleh penutur yang memiliki bahasa ibu yang berbeda. Destinasi ESL tersebar di 8 kota termasuk Manila, Baguio dan Cebu. Untuk info lebih lanjut langsung klik www. wisatafilipina.com/ESL aja ya.



PINES International Academy

Merupakan pioneer akademi bahasa Inggris di Filipina yang terletak di kota Baguio. Buat kamu yang suka ketenangan dan hanya fokus mau belajar, bakal cocok banget sih. Apalagi di sini udaranya sejuk.

PINES bahkan sudah kerjasama dengan kampus jurusan sastra Inggris sehingga calon mahasiswa bisa ‘curi start’ dengan belajar duluan subjek yang akan diambilnya. Mereka juga kerjasama dengan British Council for IELTS, bahkan berani kasih TOEIC & TOEFL guarantee. Walaupun punya tingkat kegagalan yang amat rendah, siswa yang gagal boleh mengulang tanpa perlu mengeluarkan biaya lagi.

PINES punya cabang juga di Cebu namanya Blue Ocean. Yap.. letaknya di pinggir pantai dan merupakan salah satu destinasi wisata. Auto nyebur banget kan padahal baru denger namanya.



EVAcademy

Pengunjung booth pada histeris nih ketemu sama oppa Korea beneran. Tapi saya tidak iri sebab si oppa modusin saya. Katanya mungkin saya bisa jadi siswa Indonesia pertama di tempatnya #eaa.

Terletak di Cebu, Evacademy mengklaim merupakan tempat pertama yang menawarkan kelas intensif ESL. Selain punya kedai kopi yang gemes, menu makanannya disediakan prasmanan. Anti lapar-lapar club pasti bakal betah di sini.



QQ English

Saya terkesan dengan keramahan marketing manager berkebangsaan Iran di sini. Bisa dibayangkan dong betapa beragamnya kebangsaan di QQ, Cebu. Dengan membiasakan tinggal di lingkungan internasional akan mempermudah kita menguasai bahasa Inggris. Beliau bahkan menyapa saya keesokan harinya dan berkata “pokoknya kalau butuh info belajar bahasa Inggris, hubungi saya saja”. Hanya karena saya lewat lagi di depan boothnya.

Sebenarnya masih banyak lagi akademi yang lain, karena di kota Cebu saja ada 150 sekolah ESL. Kamu tinggal pilih mana yang sesuai dengan kebutuhan dan budgetmu. Ada yang hanya untuk belajar, ada juga paketan dengan tempat tinggal.

Untuk kepraktisan memang lebih enak jika kamu tinggal di asrama/dormitory. selain harganya tidak berbeda jauh, kamu akan dapat fasilitas hotel/resort. Ada kamar untuk sendiri, berdua, bertiga atau berempat. Ada fasilitas gym dan kolam renang. Definisi nyata belajar sambil bermain yang sesungguhnya.

Saya saja jadi ingin sekolah lagi biar ada alasan untuk apply program ESL di Filipina. Untuk mengobati rasa tersebut saya ingin alihkan untuk explore Filipina terlebih dahulu. Apalagi dapat banyak cerita seru dari teman-teman yang pernah ke sana, bikin saya bergegas ke www.cebupacificair.com

Kenapa? Sebab salah satu dari 2 maskapai Filipina yang jadi pilihan anak muda adalah Cebu Pacific Air. Tiket ditawarkan dengan harga yang ramah di kantung dan menu makanan khas Filipina. Selain itu, maskapai dengan logo kepala burung elang ini menawarkan penerbangan harian dari Jakarta ke Manila dan kota tujuan belajar bahasa Inggris lain di Filipina seperti Bacolod, Cebu, Clark, Davao, Iloilo, dan Subic.


“Jika beruntung, kita juga bisa mendapatkan promo Cebu Pacific Air dengan harga 800 ribu rupiah PP Jakarta-Manila.”


Filipina sendiri menawarkan banyak destinasi wisata. Mulai dari tur dalam kota, pasar rakyat, museum, wisata kuliner dan relaksasi. Ada juga wisata sejarah dan kebudayaan, alam dan petualangan. Termasuk wisata air seperti island-hopping, cruise ship, diving, island-hopping dan aktivitas air lainnya.

Yuk.. barengan sama saya segera ke Cebu! Kamu belajar, saya berwisata.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE