#BelajarDiNegeriOrang-Hal yang Wajib Kamu Pertimbangkan Sebelum Memilih untuk Kuliah di Luar Negeri

Apa saja yang harus kamu pertimbangkan sebelum kuliah di luar negeri?

Mendapatkan kesempatan untuk bisa duduk dan belajar di bangku perkuliahan, tentu hal yang luar biasa, bukan? Apalagi mendapatkan kesempatan untuk menyicipi bangku perkuliahan di luar negeri, tentu sensasi yang didapatkan lebih luar biasa. Mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan jejak belajar di luar negeri adalah impian sebagian banyak orang.

Advertisement

Kualitas proses belajar mengajar yang ditawarkan dan pengalaman yang didapatkan menjadi alasan dari banyaknya impian yang disemogakan oleh tangan-tangan yang terangkat. Selain rasa bahagia yang membuncah ketika membayangkan pengalaman hebat apa yang akan kamu dapatkan tatkala bisa menjadi salah satunya, ada juga hal lainnya yang perlu kamu pikirkan dengan matang sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan mimpimu di negeri orang.


Kondisi Mental Diri Sendiri


Ketika kamu memutuskan untuk melanjutkan studi-mu di luar negeri, tentunya dirimu menjadi fokus dari segala persiapan. Persiapan mental menjadi hal yang tidak boleh kamu abaikan di samping persiapan fisik yang kamu persiapkan. Kamu harus mempersiapkan segalanya dengan baik karena akan ada banyak hal baru yang menyambutmu sesampainya kamu di tempat tujuan.

Advertisement

Kamu harus memikirkan dengan matang bagaimana nantinya dirimu akan tinggal jauh dari orangtua dan sanak saudara dengan jarak yang terbentang lebar. Kamu juga harus mulai memikirkan dengan matang bagaimana nanti kehidupanmu akan kamu atur sendiri sedemikian rupa tanpa campur tangan orangtua secara langsung. Juga bagaimana nantinya kamu mengatur perasaan yang akan timbul saat kamu berada di fase merindukan rumah dan keluarga.

Belum lagi, perbedaan budaya antara kampung halamanmu dan negara tujuan yang akan kamu hadapi nantinya. Suasana baru yang hadir menyelimutimu, harus kamu hadapi dan tangani dengan baik dan bijak. Mungkin semuanya akan terbiasa seiring berjalannya waktu, tapi tidak salah jika kamu mulai memikirkannya saat ini.

Advertisement


Kondisi Keluarga


Adakalanya tuhan menempatkan kita di dua pilihan sulit yang harus kita ambil. Rintangan yang dihadapi oleh para pejuang mimpi di negeri impian bukan hanya seputar beasiswa semata, kondisi orang tercinta juga seringnya menjadi rintangan utama.

Salah satunya mungkin ketika kamu dihadapkan untuk memilih melanjutkan mimpimu atau menjaga orangtua yang sedang terbaring di ranjang rumah sakit yang membutuhkan penjagaan intensif. Atau ketika kamu menerima dua kabar bahagia dalam satu waktu yang bersamaan; pengumuman diterima beasiswa kuliah di luar negeri dan hasil pemeriksaan hadirnya si buah hati yang telah lama dinanti. Atau situasi lainnya yang mesti kamu pertimbangkan.

Di situasi seperti itu, kamu harus mencoba untuk melihat situasinya dari berbagai sudut. Agar kamu tidak hanya terpaku pada jawaban dari sudutmu saja, tapi kamu akan tahu jawaban yang hadir dari sudut lainnya—orangtua; suami; atau orang terkasih— dan kamu akan mengetahui pilihan yang terbaik mana yang harus kamu pilih.

Apapun keputusan yang akan kamu ambil, semuanya harus dipikirkan dengan matang. Pikirkan bahwa apapun yang akan menjadi jawaban akhirnya adalah pilihan yang baik untuk kamu dan keluarga. Jika melanjutkan mimpimu belajar di negeri orang bukan menjadi jawaban akhirnya, ya gak apa-apa. Kamu masih punya banyak kesempatan yang tersedia di depan dan tuhan tau waktu yang terbaik untukmu.


Budaya di Negara Tujuanmu


Negara-negara di dunia tentunya punya kebudayaan, adat, dan kebiasaan yang berbeda satu dan lainnya. Jangankan antar negara, kecamatan satu dengan kecamatan lainnya pun pasti memiliki kebiasaan yang berbeda, bukan?

Maka dari itu, sebelum kamu memutuskan untuk melanjutkan jejak mimpimu di negeri orang, alangkah baiknya kamu mencari tahu terlebih dahulu kebudayaan dan kebiasaan warga dari negara tujuanmu. Mungkin nantinya kamu akan lebih banyak belajar ketika sudah menjadi bagian dari warga kebudayaan tersebut, tapi tidak ada salahnya jika kamu mulai mencari tahu dan mempersiapkannya dari sekarang. Dengan persiapan yang lebih matang, kamu bisa lebih sedikit meringankan bebanmu nantinya.

Belajar di negeri orang bukan hanya tentang dirimu dan mimpimu saja, tapi juga tentang semua yang ada di sekitarmu. Jadi, pikirkan semuanya dengan matang sebelum memutuskan langkah apa yang akan kamu pilih untuk menlajutkan jejak mimpimu di negeri orang.

Jika kamu sudah mempersiapkan dan mempertimbangkan semuanya dengan matang, sekarang saatnya kamu untuk terbang mengawali jejak mimpimu #BelajarDiNegeriOrang bersama Qatar Airways Student Club. Dengan mendaftarkan dirimu sebagai Student Club of Qatar Airways, kamu akan mendapatkan banyak manfaat yang ditawarkan, seperti; harga special tiket, fleksibilitas untuk perubahan jadwal, tambahan bagasi, WI-FI gratis, dan masih banyak lagi penawaran & manfaat yang akan kamu dapatkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

: greantea addict

CLOSE