Belanja Online yang Menjadi Pilihan Terbaik Saat Pandemi

cara terbaik memenuhi kebutuhan hidup saat pandemi

Di era globalisasi tekhnologi informasi dan ekonomi melaju sangat pesat. Salah satu bentuk kemajuan di era globalisasi adalah perdagangan elektronik/e-commerce yang merupakan segala aktivitas jual beli yang dilakukan dalam jaringan elektronik seperti internet, yang dapat membeli sesuatu secara praktis dan instan. Di bidang ekonomi, masyarakat tidak lagi kesulitan mencari produk yang dibutuhkan karena tingginya tingkat produksi dan pemasaran produk melalui media massa.

Advertisement

Belanja online menjadi sarana utama masyarakat untuk memenuhi kebutuhan dalam bertransaksi selama pandemi covid-19, mengingat pemerintah terus menegaskan masyarakat untuk tetap di rumah dan menghindari tempat-tempat ramai untuk memutus rantai penyebaran Covid-19. Tentunya banyak masyarakat yang memilih untuk bertransaksi secara online di marketplace untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Masyarakat dapat membeli gadget, pakaian, alat-alat rumah tangga, makanan dan minuman, bahkan bahan makanan seperti bawang putih dan garam dan berbagai alat transportasi dapat dibeli di berbagai marketplace.

Dalam berbelanja online yang dibutuhkan hanyalah gadget, pembeli hanya perlu memesan, lalu membayar dan barang tersebut akan langsung diantar ke depan pintu rumah dengan cepat, tanpa adanya tatap muka dengan penjual. Hal ini tentunya sangat aman untuk mencegah penyebaran Covid-19 antar masyarakat. Saat berbelanja online masyarakat tak perlu takut kehabisan stok karna penjual selalu memperbaharui stock atau langsung menginformasikan bahwa stok barang sudah habis, bahkan terkadang penjual memberitahu kapan barang tersebut akan datang lagi, masyarakat juga dapat membeli barang dari dalam negri maupun luar negri secara praktis dengan ongkos kirim yang murah, diskon atau cashback yang saat ini sangat diburu oleh masyarakat juga disediakan di berbagai marketplace demi mendapatkan barang dengan harga termurah, tentunya berbelanja online memiliki beberapa manfaat yaitu lebih menghemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya transportasi, bahkan juga hemat bensin.

Advertisement

Berbelanja secara online juga dapat saling membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, pembeli senang, penjual senang dan kurir pengantar juga senang. Kemudahan berbelanja online terkadang juga membuat banyak orang kalap dan membeli barang yang mereka inginkan, bukan mereka butuhkan tanpa adanya pertimbangan. Saat ini, banyak barang yang ditawarkan dalam e-commerce yang membuat masyarakat terkecoh karena kesan pertama yang dilihat terhadap barang tersebut dianggap menarik, terutama dalam hal kemasan yang tentunya berhasil mencuri perhatian.

Masyarakat saat ini,banyak membeli barang tanpa memikirkan manfaat. Mereka membeli barang tersebut hanya untuk pemuasan batin. Ada baiknya sebelum berbelanja online masyarakat perlu mencatat kebutuhan yang dibutuhkan serta anggaran yang dimiliki agar pengeluaran tidak membengkak, masyarakat juga perlu memilih situs yang terpercaya agar terhindar dari penipuan, masyarakat juga harus berhati-hati ketika menggunakan sistem pembayaran. Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, jadilah pembeli yang cerdas, dan pastinya harus teliti sebelum membeli sesuatu.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE