Untukmu yang Belum Bekerja dan Tak Tahu Akan Melakukan Apa, Berhenti Sejenak Tidak Apa-apa

Belum bekerja dan bingung harus apa

Untukmu yang belum bekerja dan tak tahu ingin melakukan apa. Aku pun juga belum mengenal dirimu seutuhnya. Dan engkau pun belum mengenal dirimu sendiri. Tapi yang dapat kusarankan adalah lakukan hal yang kamu suka, dan cari tahu hal yang bsia membuatmu semangat berkarya. Sebab memproduksi karya itu penting.

Advertisement

Ketika kamu tak tahu ingin melakukan apa, coba saja kamu istrahat terlebih dahulu. Istirahat yang memungkinkanmu merenung. Mungkin satu tahun, beberapa bulan, atau beberapa hari. Dan pikirkan kembali apa yang sebenarnya ingin kamu lakukan. Lalu kamu bisa bekerja di tempat yang tidak kamu sukai. Hal itu bisa saja mengubah cara pandangmu.

Kamu bisa mengikuti lomba, meskipun kamu masih perlu banyak belajar. Kamu bisa banyak membaca hal-hal baru. Kamu bisa menuliskan hal yang kamu inginkan. Kamu bisa menuliskan hal yang baru kamu tahu. Kamu bisa menuliskan rasa marah dan kegelisahanmu. Kamu bisa menuliskan hal yang membuatmu sedih. Kamu bisa berjalan-jalan ke tempat yang menyenangkan. Kamu bisa makan makanan yang membuatmu tersenyum.

Ketika kamu tersesat dan berpikir di mana jalanmu yang seharusnya, maka tanyakan pada dirimu sendiri. Sebab pada akhirnya kamu yang memutuskan. Kalau orangtuamu yang memutuskan hidupmu seperti apa, turuti saja. Tidak perlu membantah, tidak perlu menolak. Turuti saja kemauan orangtua, karena orangtua tahu apa yang terbaik.

Advertisement

Sambil kita tetap berpikir bagaimana melakukan yang disukai. Ketika ada hasilnya, berupa pencapaian kita, maka itu titik penting. Orang tua akan menyadari bahwa keinginannya tak serupa dengan keinginanmu. Karena orang tua tak ingin anaknya gagal dan bernasib buruk. Maka biarkan orang tua yang pilihkan, itu menurut mereka.

Pikiran orang tua seperti itu tidak salah, dan juga tidak bisa dibilang benar seutuhnya. Karena kalau kita terus dipilihkan oleh orang tua, maka kita akan ragu membuat keputusan. Dan nantinya kita akan dipaksa mandiri. Jadi tetap berusaha tingkatkan diri mulai dari saat ini. Dimulai dari hal-hal kecil yang kita bisa lakukan.

Advertisement

Tak perlu bingung, takut salah, dan tidak tegas. Lakukan apa yang menurutmu benar. Lebihkan keberanian hingga kita bisa terus melangkah ke depan. Ketika kita terus belajar, maka tidak ada yang sia-sia. Ketika kita terus berlatih, maka kita akan semakin bisa. Hasil sebenarnya tidak terlalu penting, tetapi orang akan melihat hasil. Jadi hasil mau tidak mau kita anggap penting. Dan kamu akan menghasilkan karya yang akan membuat orang lain tersenyum, sedih, menangis, tersentuh, tertawa, sebab orang ingin menerima karya yang memuat emosi dan jiwa pembuat karya.

Kehidupan mungkin akan memberitahu, apa yang akan harus kamu lakukan. Tak perlu iri dengan keberhasilan yang lain. Mereka bisa berhasil, sebab telah melewati proses panjang. Dan kita akan memasuki proses itu juga. Jadi untukmu yang sekarang bingung ingin melakukan apa, tetap semangat, dan teruslah berjalan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Seorang pembaca yang tekun

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE