Bendung Lepen, Wisata Ramah Lingkungan di Yogyakarta

Kota Yogyakarta memiliki berbagai jenis peninggalan tempat yang bersejarah dan monumen kekayaan budaya, tapi tidak hanya itu saja, kota Yogyakarta saat ini sudah memiliki sisi unik dan menarik dari sisi wisata dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di kota Yogyakarta. Perlu kita ketahui bahwa tempat wisata yang menarik di Yogyakarta dengan memanfaatkan lingkungan sekitar oleh masyarakat diubah menjadi tempat wisata yang sangat bagus dan wajib untuk kita kunjungi. Lokasi wisata Bendung Lepen sendiri terletak di Mrican UH7/ 338, Giwangan, Kec. Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55163. 

Advertisement

Daerah yang awalnya sangat kotor dan penuh dengan sampah ini diubah oleh masyarakat sekitar menjadi objek wisata yang sangat menarik dan bersih tentunya. Dengan kesadaran masyarakat sekitar yang tinggi wargapun berinisiatif membuat lokasi yang awalnya kotor tersebut di ubah menjadi sangat bagus dan sekarang menjadi objek wisata yang banyak di kunjungi. Bendung Lepen sendiri menawarkan banyak hal di dalamnya, salah satunya adalah saluran irigasi air yang awalnya digunakan untuk mengairi sawah. Namun, karena penuh endapan lumpur dan sampah, saluran irigasi tersebut menjadi tidak terurus. Warga sekitar berinisiatif membersihkan dan memberikan sebuah hiburan untuk masyarakat yang ingin berkunjung dengan memasukan ikan kedalam saluran irigasi tersebut agar tetap terawat dan pengunjung bisa menikmati wisata tersebut.

Wisata ikan yang terdapat di Bendung Lepen ini sangat menarik perhatian pengunjung karena biasanya pengunjung keluarga membawa anaknya untuk bermain kewisata ikan tersebut hanya dengan membeli pakan Rp2000,00 saja anda bersama keluarga bisa memberi makan ikan tersebut. Karena konsep yang ditawarkan sangat menarik, Bendung Lepen merupakan salah satu objek wisata yang sering dikunjungi, tidak hanya wisata ikan saja, tetapi banyak sekali jajanan dan mainan anak yang terdapat di objek wisata Bendung Lepen ini. Mengajak keluarga bermain ke tempat wisata Bendung Lepen menjadi salah satu rekomendasi tempat yang wajib di kunjungi. Ada gazebo juga untuk tempat beristirahat sambil melihat sungai Kali Gajah Wong yang terdapat di pingiran Bendung Lepen ini.

Advertisement

Menariknya lagi, warga sekitar memberikan warna cat di Bendung Lepen dengan warna warni yang sangat memanjakan mata untuk dlihat dan sangat bagus digunakan untuk berfoto-foto. Bendung Lepen sendiri tidak menarik biaya tiket masuk hanya dikenakan biaya parkir saja. Menarik bukan untuk keluarga yang ingin berlibur dengan biaya yang sangat terjangkau bisa mengajak bermain keluarga sambil bermain ikan dan melihat pemandangan yang menarik di tepi sungai Bendung Lepen ini.

Letak dari Bendung Lepen ini sendiri tidak jauh dari pusat kota Yogyakarta, jika kalian ingin berlibur menyenangkan anak-anak dengan biaya terjangkau dengan fasilitas lengkap juga. Tidak akan menyesal bermain di Bendung Lepen ini sejenak menghilangkan kejenuhan karena dirumah saja. Datang diwaktu yang tepat ketika pagi hari atau sore hari ketika udara masih sejuk menikmati indahnya hari ditepi sungai nongkrong sambil ngopi menemani keluarga atau anak yang sedang bermain ikan. Sangat rekomendasi sekali Bendung Lepen untuk berlibur bersama keluarga dan teman-teman dirumah. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya merupakan mahasiswa Universitas Amikom Yogyakarta prodi Ilmu Komunikasi

Editor