Jangan langsung buang bulu mata palsu yang sudah kamu pakai ya

Bagi sebagian wanita, bulu mata palsu adalah salah satu andalan dalam mempercantik penampilan. Buat kamu yang suka memakainya, pasti ada bulu mata palsu yang hanya pernah kamu pakai sekali. Tapi ada juga yang bisa beberapa kali kamu pakai.

Tapi jangan salah dulu, kamu tidak harus langsung membuang bulu mata palsumu lho. Dengan beberapa tips perawatan, kamu bisa memperpanjang usia pemakaian bulu mata. Jadi bulu mata palsu yang sudah kamu beli bisa kamu pakai beberapa kali lebih lama dari seharusnya.

Advertisement

Intinya adalah menjaga bulu mata palsumu agar tetap bersih walaupun sudah digunakan. Kenapa harus bersih? Karena sisa lem bulu mata dan maskara pada bulu mata yang sudah kamu gunakan bisa membuat bulu mata tersebut menjadi kering. Apalagi bakteri bisa menempel pada bulu mata palsu itu.

Nah, gimana aja tipsnya? Yuk kita baca langsung!

1. Selalu Hilangkan Sisa Lem Pertama-tama

Advertisement

Setelah kamu menggunakan bulu mata palsu maka bersihkan dulu sisa lem yang masih menempel. Sisa lem akan mengganggu saat kamu ingin menggunakan lagi bulu mata tersebut, membuatnya tidak rata saat ditempelkan.

Terlebih lagi sisa lem bisa berkembang menjadi sarang bagi bakteri jika dibiarkan begitu saja. Jadi bersihkan dulu sisa lem yang masih ada ya. Kamu bisa menggunakan pinset untuk mengikis dan mengangkat sisa lem pada bulu mata. Pastikan lakukan dengan hati-hati, jangan sampai helai bulu mata palsumu malah rusak atau robek.

2. Bersihkan Menggunakan Air Hangat

Kalau bulu matamu terbuat dari bahan sintetis, selanjutnya kita bersihkan dengan air panas. Setelah sisa lem tadi sudah bersih, rendam bulu mata palsumu dalam mangkok berisi air hangat. Diamkan selama 30 detik, baru angkat.

Merendam dengan air hangat berfungsi untuk mengangkat dan menghilangkan sisa eyeshadow, maskara, dan make-up lainnya yang masih menempel di bulu matamu. Tapi ingat, jangan lakukan langkah ini kalau bulu matamu terbuat dari rambut asli ya.

3. Usap dan Bersihkan Langkah

Selanjutnya dalam menjaga kebersihan bulu mata adalah mengelap atau mengusapnya. Kamu bisa menggunakan kapas yang sudah dibasahi alkohol untuk melakukan langkah ini. Usap bulu mata palsumu dari pangkal atau tulang bulu mata, perlahan naik sampai ke ujung bulu mata.

Lakukan secara lembut agar tidak merusak helai bulu mata. Kalau bulu matamu terbuat dari rambut asli, hindari menggunakan alkohol karena akan membuatnya kering. Gunakanlah remover make-up yang berbahan dasar air.

4. Sesuaikan dengan Model atau Bentuk Bulu Mata Bulu

Mata palsu yang memiliki dekorasi khusus akan memerlukan perawatan tersendiri. Misalnya hindari merendam bulu mata dengan glitter, atau bulu mata dengan hiasan batu kecil jangan sampai dilap. Untuk bulu mata palsu seperti itu, kamu cukup memberikan perhatian ekstra pada pembersihan sisa lem.

Kamu juga bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkan sisa makeup pada bulu mata yang memerlukan perawatan khusus.

Nah itu tadi tips-tips yang bisa kamu praktekkan sehingga bulu mata palsumu lebih panjang usianya. Dengan dijaga kebersihannya, bulu mata palsu akan dapat digunakan berkali-kali. Tentu enak bukan?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya