Lambaikan Tangan pada Kenangan Masa Lalu. Kini Saatnya Kembali Fokus ke Masa Depanmu

bye masa lalu

Move on sebuah kata dalam Bahasa Inggris yang sering diungkapkan dalam kehidupan sosial. Sering juga dikaitkan dengan orang yang putus cinta. Padahal maknanya lebih dari sekadar memberikan arahan orang yang putus cinta untuk terlepas dari masa lalunya. Mengesampingkan kegunaan sosial kata "move on", sebenarnya ada makna yang jauh lebih dalam dari yang sering diungkapkan banyak orang.

Advertisement

Kata ini mengingatkan kita akan sebuah masa lalu. Entah masa lalu yang berupa kebahagiaan ataupun kesedihan, masa lalu itu pasti akan meninggalkan jejaknya di kehidupan pribadi seseorang. Jejak yang tercetak inilah yang seringkali kita sebut dengan kenangan. Kata kenangan sendiri lebih mengarah kepada arti yang positif, padahal sebuah kesedihan juga tidak akan tercetak sebuah kenangan di dalamnya.

Menurut KBBI, kenangan adalah sesuatu yang membekas dalam ingatan. Di mana sebenarnya sesuatu ini pasti telah terjadi dan semua hal yang sudah terjadi pasti menjadi masa lalu walau hanya 1 detik sebelumnya terjadi. Tidak banyak orang yang bisa melupakan kenangan dan sebenarnya juga tidak perlu dilupakan. Karena kenangan hanyalah kenangan, ia tidak akan kembali ke masa lalu. Sama seperti waktu yang terus berjalan maju dan tidak pernah sekalipun berjalan mundur.

Dan kata "move on" yang sering digunakan kebanyakan diartikan sebagai usaha untuk melupakan kenangan di masa lalu. Percaya deh, nggak bakal bisa 100% dilupakan, kecuali amnesia. So, gimana caranya untuk move on yang paling tepat? Caranya adalah katakan selamat tinggal dan lambaikan tangan untuk masa lalu kamu. Apapun bentuknya entah bahagia ataupun sedih, kamu pasti harus melambaikan tangan untuk semua kenangan kamu. Kenapa? Karena waktu yang terus berjalan maju tanpa pernah berjalan mundur.

Advertisement

Perjalanan waktu yang terlalu banyak meninggalkan kenangan di masa lalu. Karenanya semua yang terkesan akan menjadi kenangan bagimu. Karena itu juga, jangan mencoba untuk sengaja melupakannya. Cukup lambaikan tangan, tersenyum, lalu katakan selamat tinggal kenangan yang tidak akan pernah kembali. Jangan lupa untuk sampaikan terima kasih karena telah mampir ke dalam kehidupanmu dan pastinya telah memberikan pelajaran hidup yang tidak akan pernah terlupakan bagimu.

Jadi buat kamu yang mau move on dari apapun itu bentuk kenangan yang kamu dapatkan, cukup berikan senyuman kamu yang terindah, lambaikan tangan, ucapkan terima kasih dan selamat tinggal. Mungkin dengan begitu kamu justru akan merasa lega daripada repot-repot berusaha melupakan semuanya dalam kurun waktu tertentu. Ya setidaknya, capeknya nggak gitu berasa deh.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Pecinta travelling dan dunia tulis menulis sedari dulu. Berharap selalu bisa melihat sisi lain dari dunia dan bisa berbagi pengalaman serta dapat memberikan inspirasi kepada semua orang yang membutuhkan.

Editor

Not that millennial in digital era.

CLOSE