Karena Cerdas dan Cantik Aja Nggak Cukup, Ketahui Yuk Pentingnya Soal Etika

cerdas cantik nggak cukup

Apa sih itu etika ?

Advertisement


Etika adalah aturan yang dipakai sebagai pedoman dalam berperilaku di masyarakat bagi seseorang terkait dengan sifat baik dan buruk.


Seberapa penting kah etika dalam kehidupan sehari-hari?

Jawabannya: sangat penting

Iyaa etika hal penting yang sering dilupakan manusia-manusia di era digital ini. Yaa meskipun tidak semuanya melupakan, tapi hampir banyak manusia yang melupakannya. Seolah nilai moral tidak berharga lagi. Banyak sekali orang-orang yang tidak menghargai orang lain lagi, dengan seenaknya menghujat maupun protes kepada orang lain. Dengan alasan, ini kan negara demokrasi, jadi bebas dong untuk berpendapat?

Advertisement

Yaa seperti itu kah? Tentu saja sebenarnya berpendapat boleh-boleh saja, tapi dengan ketentuan harus menggunakan norma kesopanan. Tetap memberikan kritik disertai saran tanpa menjatuhkan dan menghujat sesuka hati. Jadi jelas kita sebagai manusia nggak cukup hanya dengan cantik, cerdas dan lucu. Namun harus memiliki etika atau attitude yang baik.

Harus bisa bersikap selayaknya manusia dewasa, yaitu manusia yang memiliki sopan santun. Tidak asal berbicara maupun tidak asal bertindak, mengetahui mana yang baik dan yang tidak baik, bagi diri sendiri maupun orang lain. Menjadi manusia yang tahu kapan harus berkata dan kapan harus berbuat, tidak semaunya apalagi jangan sampai menjadi manusia egois yang hanya mau menang sendiri dan maunya melukai orang lain.

Advertisement

Sadarkah kita, bahwa dari kita sudah mulai hilang rasa memanusiakan orang lain?

Hilang rasa dalam memperlakukan orang lain dengan baik. Terbukti dari cara kita berbicara pada orang lain, dengan nada kesal dan amarah bahkan ketus tanpa lemah lembut, terbukti dari cara kita mengetik tulisan di sosial media, bernadakan marah dan menyindir dengan kasar bahkan body shaming kepada orang lain dengan terang-terangan.

Lalu terbukti lagi dari cara kita memperlakukan orang yang lebih tua, tidak ada lagi kata sapaan, cium tangan maupun menyapa dengan sopan atau mengucap permisi dambil membungkukkan badan. Sekarang sudah jarang seperti itu bahkan semua orang kebanyakan masa bodo. Lalu terhadap yang muda, kita tidak lagi menjadi panutan yang baik. Kita bukan role model yang baik lagi, malah lebih menjadi acuan dalam bertindak buruk dan tidak sopan.

Lantas apakah kita mau terus menerus jadi anak bangsa yang tidak memiliki etika, yang mengabaikan nilai kita sebagai warga Indonesia yang memiliki ciri khas keramahan dan gotong royong. Jangan sampai kita mengikuti arus pergaulan yang tidak sesuai norma-norma. Kan sayang sudah sekolah bertahun-tahu, tapi tidak bisa menjadi manusia yang memanusiakan manusia lainnya. Toh nilai utama dari belajar adalah nilai sikap itu sendiri. Bagaimana cara kita memperlakukan orang lain dengan seharusnya. Semoga artikel ini menjadi bahan pertimbangan kita agar menjadi manusia dewasa yang tidak hanya cerdas dalam berpikir, namun cerdas dalam bertindak yang baik.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement
loading...

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Dengan menulis aku yakin aku akan tersimpan dalam pikiranmu selamanya.

Editor

une femme libre

CLOSE