Kesehatan adalah suatu hal keinginan yang sangat penting dijaga oleh setiap orang. Sebab sehat itu mahal harganya. Dalam menjaga kesehatan dapat melakukan dengan berbagai cara. Mulai dari harga mahal hingga murah sekalipun.

Untuk anak kost-kostan, mahasiswa, maupun pelajar, menerapkan pola hidup sehat sebenarnya cukup mudah. Terdapat beberapa tips seputar kesehatan, gaya hidup anak kos dan manfaat hidup sehat.

Advertisement

1. Pilihan Makanan

Sebagai anak kost, maka sebaiknya perhatikan makanan yang akan kamu konsumsi. Makanlah makanan yang mendung gizi, sehat, dan higienis. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan.


  • Pola Makan Teratur

Advertisement

Usahakan untuk mempunyai jadwal makan yang teratur. Pola makan yang teratur sesuai dengan waktu makan, sarapan pada pagi hari, makan siang antara pukul 12.00 sampai pukul 14.00, dan pukul 19.00 selambatnya makan malam.


  • Masak Sendiri

Memasak sendiri begitu banyak manfaatnya, seperti hemat dalam menggunakan uang serta sehat. Juga dapat memilih lauk yang disukai.


  • Puasa

Begitu banyaknya program-program untuk menjaga kesehatan, puasa menjadi ha penting dalam menjaga kesehatan. Sebab puasa dapat memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak serta memperbarui sel-sel tubuh tersebut.

2. Lakukan Rutinitas Olahraga

Olahraga yang mana dapat memperlancar peredaran darah dan menghindarkan tubuh dari penyakit. Lakukanlah olahraga ringan secara rutin minimal berjalan kaki. Setidaknya 2 jam hingga 3 jam di pagi hari. Sebab dapat menghindari dari penyakit jantung, stroke, diabetes dan osteoporosis.

3. Menjaga Kebersihan

Mulailah dari hal-hal yang sederhana, seperti merapikan barang-barang dikamarmu. Hindari pakaian kotor yang menumpuk supaya tidak menjadi sarang penyakit. Cuci secara rutin pakaian, seprai, selimut, dan lainnya, serta kuras bak mandi kostmu secara rutin supaya untuk menghindari penyakit demam berdarah.

4. Pilihlah Tempat Kos yang Ideal

Beberapa tips memilih kost ideal:


  • Pastikan Ada Cahaya Masuk

Pilihlah kamar kost yang mempunyai jendela, sebab saat di pagi hingga sore hari. Cahaya matahari masuk untuk menghilangkan kamar yang lembab, pengap, dan tumbuhnya jamur.


  • Adanya Sirkulasi Udara

Pilihlah kamar yang mempunyai ventilasi lebar sehingga udara lancar dan angin masuk ke dalam kamar.


  • Perhatikan Air dan Listrik

Pilihlah kost-kostan yang memiliki sumber air yang jernih, tidak bau, dan tidak berwarna serta perhatikan aliran listrik yang rapi supaya terhindari dari kebakaran.


  • Adanya Tempat Jemur Pakaian serta Tempat Cuci

Pilihlah kost yang mempunyai tempat jemuran pakaian yang terkena cukup sama sinar matahari dan tempat cucian yang bersih.


  • Pembuangan Air dan Sampah yang Teratur

Selalu perhatikan saat memilih kos adanya sauran pembuangan air yang tidak menggenang dan sampah yang tidak menumpuk supaya terhindar dari bau dan kuman.

5. Perhatikan Pola Belanja

Berawal dari pola belanja yang mempunyai list serta data pengeluaran teratur. Menjadikan hemat bukan berarti membeli barang murah saja, namun lebih selektif dalam memilih kualtis belanjaan. Murah belum tentu berkualitas.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya