Cara Bijak dalam Berbelanja dengan Metode You Only Need One (YONO)

Biar ga banyak tumpukan barang di rumah~

Sebagai manusia modern, kita hidup berdampingan dengan berbagai macam jenis produk atau hal-hal yang membuat mata kita menatap cukup tajam. Apalagi barang itu sedang trendy dan di pakai oleh influencer idola kita.

Advertisement

Hal itu yang menjadikan kita tidak luput dari sifat konsumtif dan impulsif, kadang kita membeli barang dengan jenis yang sama, bahkan punya lebih dari dua. Sehingga banyak barang yang kita beli yang akhirnya jarang di pakai dan alhasil menjadi tumpukan barang di rumah.

Dalam dunia minimalism, ada satu metode yang sangat membantu untuk kita praktikan, yaitu metode You Need Only One, atau lebih mudahnya bisa disebut dengan YONO. Ada beberapa alasan mengapa kamu harus melakukan metode ini.

Kita Mampu Meminimalisir Hal – Hal yang Konsumtif

Advertisement

You Need Only One (YONO), merupakan metode yang cocok untuk kamu yang suka menyimpan barang cadangan atau barang duplikasi dengan fungsi yang sama. Beda merk atau beda warna, tapi yang dipakai hanya yang disukai aja.

Contohnya seperti, kita membeli 3 sepatu dengan merk yang sama dan di gunakan untuk pergi bekerja. Namun, sepatu yang sering kita pakai hanya satu pasang, dan yang lainnya tidak di pakai. Alasannya karena lebih suka dan lebih keliatan cool untuk di pakai dibandingkan dengan sepatu lain. Akhirnya kedua pasang sepatu yang tidak di pakai itu menjadi tumpukan di rak sepatu. Dengan membeli barang yang dibutuhkan, kita sudah menghindari dari sifat konsumtif loh!

Boleh Kok Beli Barang Banyak-Banyak, Asalkan Tau Jenis Kebutuhannya.

Eitt, kita boleh juga loh membeli barang lebih dari satu, asal harus tau jenis kebutuhannya. Ada yang beli pensil lebih dari dua, mungkin dia seorang arsitek. Seorang Ibu beli banyak wadah untuk di dapur agar ruangan lebih tertata.

Dan ada juga orang yang beli kaos selusin, ya karena memang untuk jualan hehe. Yang gak boleh itu berlebih-lebihan. Jadi, semuanya di perbolehkan asalkan tahu akan kebutuhannya masing-masing.

Mau Jadi Sherlock Holmes yang Jago Dalam Memecahkan Masalah? Kamu Bisa Belajar Dari Sini Nih

Saat ingin membeli suatu barang, kita akan di hadapakan dengan berbagai pemecahan masalah seperti penyesuaian budget, menghitung barang yang dibutuhkan dan dikeluarkan, bahkan sampai membuat strategi agar rumah terlihat nyaman dengan tidak ada tumpukan yang berlebih. Jangan salah, jika kita melakukan hal ini secara rutin, metode ini mampu untuk meningkatkan kepedeanmu dalam membuat keputusan.

Siapa tahu kan, Dari hal sederhana ini suatu saat kamu jadi detektif ulung, iya kan?

Suka Gundah Gitu Gak Sih Kalo Di Rumah? Mungkin Ada Yang Salah Dari Tumpukan Barang Kamu Di Rumah

Kamu pernah ngerasain ga setelah abis beraktifitas di luar yang hectic terus buka pintu kamar eh ternyata berantakan sama barang-barang?

Pasti bawaannya pengen nyingkirin itu semuanya dalam sekejap. Yup, punya barang banyak di rumah bisa memunculkan pertikaian dirumah.

Ada barang yang tidak di pakai-pakai hingga berdebu, dan ada juga barang yang sering di pakai namun di simpan di sembarang tempat, al hasil menjadi berantakan.

Dengan melakukan YONO tingkat stres menjadi berkurang. Selain itu, berbenah rumah dapat menghasilkan kepuasan tersendiri karena telah berhasil membuat rumah lebih bersih.

Metode You Only Need One juga bisa jadi sarana melatih rasa syukur kita atas kepemilikan suatu barang. Agar menumbuhkan rasa kebanggaan dan tidak menyianyiakan begitu saja. Dengan metode ini juga menjadikan tabungan kita lebih aman, sehingga untuk rencana jangka panjang pun pasti akan terselamatkan.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE