Cara Melaksanakan e-Learning yang Benar dan Menguntungkan!

Kesulitan belajar daring atau e-learning? Apakah kamu sudah menggunakan cara yang benar dalam belajar?

Dibalik banyaknya protes dari pihak siswa dan orang tua, perihal dampak negatif pelaksanaan e-learning di Indonesia. Sebenarnya banyak juga keuntungan yang dapat kamu temukan, ketika kamu menggunakan metode e-learning dengan benar.  E-learning atau dikenal juga dengan sebutan pembelajaran daring, sudah menjadi sarapan, makan siang, bahkan makan malam juga untuk pelajar di seluruh Indonesia. 

Advertisement

Dengan pandemi COVID-19 (Coronavirus Disease 2019) yang belum diketahui kapan berakhirnya, ada perlunya kamu mengetahui cara melaksanakan e-learning yang benar dan menguntungkan!  Pertama-tama dan salah satu cara terpenting adalah kamu harus menyisihkan waktumu untuk belajar dahulu.

Mengapa harus begitu? Dengan menyisihkan waktu, sebenarnya kamu sudah berada di tahap pertama menuju pelaksanaan e-learning yang benar. Yaitu dengan menumbuhkan rasa ingin tahu melewati belajar, sampai rela mengosongkan waktu di hari-harimu.  Setelah itu, tentukan skala prioritas kamu. Karena tentunya dengan adanya e-learning, sebagian besar pelajar di Indonesia tidak akan dituntut keluar rumah, dan masuk ke kelas sekolah atau kampus secara langsung. 

Tentu hal ini akan berpengaruh dengan kemampuan membagi waktu kamu. Jika kamu terlalu terlena dan rebahan terus-menerus, tanpa mengerjakan tugas atau kewajiban yang lainnya, tentu kamu akan kelelahan nantinya akibat tugas yang bertumpuk. Terkadang beberapa perusahaan, lembaga, atau pihak lainnya juga membuka kesempatan magang daring (remote). Mungkin kamu dan teman-temanmu yang sedang melaksanakan e-learning akan mengambil kesempatan tersebut. 

Advertisement

Nah, dengan bertambahnya kewajiban-kewajiban sejenis itu, tentu kemampuanmu dalam membuat skala prioritas harus semakin bertambah juga! 

Kamu dapat memilih ingin mengerjakan tugas yang paling dekat tenggat waktunya dahulu, atau tugas yang paling mudah dahulu, atau sebaliknya ingin mengerjakan tugas yang paling sulit juga tidak apa-apa. Yang penting jangan sampai stress dan akhirnya mau rebahan terus-menerus ya. Setelah menentukan skala prioritas, dan mulai mengerjakan kewajiban-kewajibanmu, pelaksanaan e-learning yang benar juga tidak berputar di proses penyelesaian mereka saja.

Advertisement

Dengan bebasnya kamu mengakses informasi dengan perangkat-perangkat elektronik, maksimalkan ini dengan cara mencari informasi baru dari sumber-sumber yang kredibel. Jadi, wawasan kamu tidak sebatas dari dalam kelas, atau buku panduan yang diberikan oleh sekolah maupun kampus saja.

Banyak sekali website yang menyediakan jurnal, buku, maupun dokumen-dokumen skripsi yang dapat kamu baca dan pelajari lebih lanjut. Selain itu, terdapat juga platform-platform edukasi dari dalam sampai luar Indonesia, yang menyediakan layanan e-learning. Dari yang berbayar sampai bebas bayar alias gratis!

Kalau dari luar Indonesia, terdapat platform edukasi bernama Khan Academy yang sudah cukup terkenal. Coba saja kamu ketik keywords dengan nama akademi tersebut, pasti terdapat website maupun aplikasi mereka yang dapat diunduh secara gratis. Di dalam Khan Academy, kamu dapat belajar mata pelajaran apapun yang kamu mau, dari ilmu sosial, sains, matematika, dan banyak lainnya. Tidak kalah dari platform edukasi asing, Indonesia juga punya banyak platform edukasi yang menyediakan layanan e-learning, nih!

Terdapat Zenius, yang menawarkan materi pembelajaran dari tingkat Sekolah Dasar (SD) sampai SMA (Sekolah Menengah Atas), bahkan terdapat juga program untuk ujian masuk kuliah. Selanjutnya, terdapat LatihID yang menawarkan pembelajaran lewat modul, webinar, dan lainnya untuk pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ataupun pihak-pihak yang berminat dengan dunia bisnis. 

Untuk kamu yang ini belajar seni menggambar, SeniRupaDesain juga menawarkan program daring nih! Di sana kamu dapat diajar oleh kakak-kakak lulusan ITB (Institut Teknik Bandung). Dan tentunya, yang sudah terkenal di Indonesia, platform RuangGuru dan Skill Academy juga selalu ada untuk kamu. 

Melihat banyaknya pilihan platform edukasi di internet, proses e-learning kamu jadi bisa semakin ramai dan menarik, karena terdapat banyak jenis pelajaran yang dapat kamu akses.  Nah, walaupun jadi semakin bersemangat, jangan sampai lupa menyediakan waktu istirahat juga untuk diri kamu ya. Supaya energimu dapat terisi kembali dari waktu ke waktu. Semangat belajar!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE