Musim 2017/2018 Everton mempunyai ketidakberesan pada lini depannya. Dua puluh dua pertandingan telah dilewati namun hanya 25 gol yang tercipta. Hal ini tentu bukan catatan bagus bagi tim sekelas Everton yang lini depannya diisi oleh beberapa pemain serang berkualitas, seperti Wayne Rooney, Sandro Ramirez, Dominic Calvert-Lewin, dan Oumar Niasse.

Produktivitas yang telah ditunjukkan oleh tim sekuat Everton masih belum memenuhi harapan. Pelatih Sam Allardyce lantas segera mengambil tindakan. Ia hendak mendatangkan penyerang baru pada bursa transfer musim dingin ini. Menurut kabar yang beredar, sosok penyerang baru yang akan datang ke Everton pada bulan Januari ini adalah Cenk Tosun.

Advertisement

Saat ini, Cenk Tosun tercatat sebagai bagian dari klub Turki, Besiktas. Bersama Besiktas, pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut telah bermain di 26 pertandingan dan mencetak 14 gol. Berdasarkan catatan gol Tosun di Besiktas, sepertinya kedatangan Tosun di Everton akan membantu menyelesaikan masalah di lini depan The Toffees (julukan Everton).


Perihal transfer Tosun dari Besiktas akan diupayakan selesai secepatnya oleh pihak Everton. Menurut kabar dari The Guardian seperti dikutip dari panditfootball.com, perwakilan Everton akan segera merampungkan urusan pemboyongan Cenk Tosun pada Rabu ini, yaitu saat mereka mengadakan pertemuan dengan presiden klub Besiktas, Fikret Orman, di London. Adapun Orman memang sedang berada di London setelah ia berlibur dari Afrika Selatan.


Sebelumnya pihak Everton sebenarnya telah melakukan negosiasi perihal transfer Tosun. Tepatnya pada Jumat lalu, Everton mengajukan penawaran senilai 25 juta pound sterling untuk menerbangkan Tosun ke Inggris. Akan tetapi penawaran tersebut belum disetujui pihak Besiktas. Klub asal Turki tersebut menginginkan penawaran tersebut dinaikkan sebesar 2 juta pound sterling, disesuaikan dengan harga pengganti Tosun yang juga naik. Adapun pertemuan tersebut disebut-sebut sebagai momen terjadinya kesepakatan antara Besiktas dan Everton.

Advertisement

Mengenai persoalan di lini depan Everton, Sam Allardyce pun mengakuinya. Ini diperkuat dengan kekalahan Everton dari Manchester United pada tengah pekan lalu. Secara beruntun dalam dua pertandingan terakhir (termasuk laga kontra Manchester United) Everton tidak melepaskan satu pun percobaan tendangan yang tepat mengarah ke gawang lawan.

Oleh karena itu, Everton sangat mengharapkan angin segar dari penyerang baru yang akan datang. Tosun tentunya akan menjadi harapan baru untuk menambah daya gedor Everton. Jumlah gol yang telah ditorehkan Tosun pada saat ini adalah sepertiga dari jumlah gol yang telah dicetak Everton sejauh ini (32 gol).


Tosun pun tercatat telah cukup banyak melepaskan tembakan ke arah gawang, yaitu sebanyak 66 tembakan. Jumlah tersebut menyamai seperempat dari jumlah total tembakan Everton pada musim ini.


Torehan gol Tosun pun mengungguli torehan gol para penyerang Everton. Pencetak gol terbanyak Everton saat ini, yaitu Wayne Rooney, baru menorehkan 10 gol. Sementara itu, jumlah tembakan percobaan Tosun juga mengungguli Calvert-Lewin yang sampai saat ini telah melepaskan 37 tembakan.

Jadi, tidak dipungkiri, Everton akan menaruh harapan besar pada Tosun dalam hal meningkatkan produktivitas lini depannya. Satu catatan penting, Tosun pun harus mampu beradaptasi dengan derasnya atmosfer Liga Inggris karena jika tidak ia pun hanya akan seperti para penyerang Everton sebelumnya.

Tosun saat ini juga tercatat sebagai pemain tim nasional Turki. Ia telah berada dalam skuat Turki sejak tahun 2013. Sejauh, Tosun telah mencatatkan 25 penampilan internasional dengan torehan 8 gol.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya