Yang Unik Dari Negara Inggris

Okay, Selamat datang kembali di "Impian menuju Inggris" bagian ke 2. Setelah di bagian pertama kita telah membahas hal-hal yang menarik dari Negara Inggris untuk diketahui, mulai dari keluarga kerajaan, bilik telepon merah, Big Ben, hingga Brexit. Di bagian ke dua ini, kita akan membahas hal hal unik dari Negara Inggris yang tercatat dari zaman dahulu hingga sekarang ini. Menurutmu apa saja ya? Mari langsung saja meluncur, Hipwee.

Paspor adalah dokumen penting bagi setiap individu yang hendak bepergian ke luar negeri. Setiap negara wajib memiliki paspor nasional bagi warganya, tak terkecuali Inggris. Apa kah kamu tahu kalau paspor yang diterbitkan di Inggris merupakan salah satu paspor bebas visa travel ke daftar negara terbanyak di dunia daripada paspor dari negara lainnya. Seluruh paspor yang di negara ini, diterbitkan oleh Sang Ratu Elizabeth II yang ternyata Sang Ratu tak memiliki paspor pribadi.

Advertisement

Kenapa Ratu Elizabeth tak memiliki paspor? Ya, untuk apa memiliki paspor, karena yang menandatangani dan menerbitkan paspor pun dia sendiri. Apakah kamu tahu ada sebuah peraturan di Inggris bahwa setiap kuda, keledai, dan kuda poni diwajibkan memiliki horse passport yang bertujuan selain untuk mendata kuda yang ada di sana juga untuk bepergian ke luar negeri. Unik ya, sobat.

Wilayah Negara Inggris mungkin tidak begitu besar jika dibadingkan dengan luas wilayah Indonesia. Namun, Inggris memang dikenal bangsa yang besar. Inggris memiliki sejarah yang hebat di masa lampau yang membuat wilayah tambahan bagi negara Inggris. Negara Inggris memliki negara persemakmuran di seluruh dunia. Negara persemakmuran adalah negara yang merdeka, namun dalam lingkup kuasa kerajaan Inggris yang dipimpin Sang Ratu. Setidaknya ada 54 negara jajahan Inggris dan menjadi negara federasi (persemakmuran).

Tak perlu jauh-jauh, contoh dari negara persemakmuran Inggris ada disekitar kita seperti Malaysia, Australia, India, Papua Nugini, dan masih banyak yang lainnya. Negara tersebut memiliki kedaulatan dan pemimpin negara masing-masing namun pemimpin mereka dibawah kuasa dan memiliki tanggung jawab kepada Sang Ratu. Jika seluruh daerah kekuasaan Inggris digabungkan maka sebanding dengan luas permukaan bulan. Begitu luas ya wilayah kekuasaan dan kuat nya power negara Inggris ini.

Advertisement

Kepala Negara Inggris yang sedang berkuasa saat ini ialah Ratu Elizabeth II. Memiliki nama lengkap Elizabeth Alexandra Mary lahir pada tanggal 21 April 1926. Sang Ratu lahir di kota London. Ayahnya merupakan King George VI. Ratu Elizabeth II naik takhta pada tanggal 6 Februari tahun 1952 dan berkuasa hingga saat ini.

Sang Ratu adalah anak pertama dari Pangeran Albert, Adipati York yang kemudian menjadi Raja George VI. Pada tahun 2015, Ratu Elizabeth II merupakan ratu kerajaan Inggris dengan masa pemerintahan terlama melebihi nenek buyutnya, Ratu Victoria. Karena wilayah persemakmurannya di hampi seluruh dunia ini, Ratu Elizabeth II ini merupakan penguasa sah satu per enam luas wilayah daratan di permukaan bumi.

Keluarga Kerajaan Inggris, The Royal Family. Sebelumnya anggota keluarga kerajaan Inggris ini tidak memiliki nama panggilan selain nama dinasti tempatnya berasal hingga tahun 1912. Apakah kamu tahu? bahwa Pangeran Charles, dan Pangeran William ketika menaiki kendaraan tidak boleh dalam satu kendaraan yang sama. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi jika terjadi kecelakaan atau percobaan pembunuhan yang mereka tumpangi, masih akan ada salah satu dari mereka yang selamat jika terjadi insiden seperti itu sebagai penerus kerajaan yang masih selamat.

Tahukah kamu di Inggris memiliki regulasi bahwa anak usia 13 tahun di Inggris sudah bisa mendapatkan sertifikat kepemilikan senapan. Di Inggris, anak di atas usia 5 tahun diperbolehkan untuk menenggak minuman beralkohol di rumahnya dengan syarat tidak di tempat umum. Namun tentunya semua peraturan ini dikawal ketat oleh orang dewasa.

Jika kamu memiliki rencana kuliah di luar negeri dan Inggris salah satu tujuan tempat kuliahmu, maka kamu menentukan pilihan yang tepat. Inggris memiliki sederet Universitas ternama di dunia ini. Tidak kurang ada 91 Universitas dari jumlah keseluruhan sebanyak 109 di Britania Raya ini. Sebagai contoh ada University of Bristol yang terletak di Bristol. Didirikan pada tahun 1909 melalui Royal Charter. Ada juga University of Oxford, tentu nama sudah tidak asing di telinga kita ya.

Universitas tertua di daratan Britania Raya dibangun sejak abad ke 11. University of Oxford ini merupakan universitas kota yang tak memiliki kampus utama dan segala fasilitas seperti kampus, penginapan lainnya tersebar di seluruh pusat kota.Satu lagi, pasti tak asing juga jika mendengar nama University of Cambridge. Universitas ini menempati posisi ke-3 terbaik di dunia yang didirikan pada tahun 1209.

Universitas ini telah menciptakan sejumlah besar ilmuwa, politisi, dan penulis Britania yang terkenal. University of Cambridge merupakan universitas dengan persyaratan masuk paling ketat di Britania Raya. Jadi tak heran jika dinobatkan salah satu Universitas terbaik di seluruh dunia dan diperlukan persiapan yang begitu matang jika berencana kuliah disini.

Bagaimana? Jadi tertarik bukan untuk mengunjungi Negara Inggris ini? Mulai dari sejarah nya, regulasi yang unik, paspor untuk hewan hingga rencana kuliah di Inggris. Ayo masukkan Inggris dalam destinasi wisatamu dan segera kunjungi negeri Ratu Elizabeth II ini. Terima kasih telah membaca sobat.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya