Tak Hanya Orang Tua, Diabetes juga Bisa Menyerang Anak Muda. Kita Harus Lebih Waspada

Diabetes anak muda

Pada zaman sekarang, diabetes merupakan masalah kesehatan yang seringkali dialami oleh manusia. Diabetes adalah penyakit yang berlangsung lama atau kronis serta ditandai dengan kadar gula (glukosa) darah yang tinggi atau di atas nilai normal. Jika kita tidak dapat mengkontrol penyakit diabetes dengan baik maka bisa menimbulkan dampak yang lebih buruk terhadap kesehatan kita. Misalnya gangguan jantung, gangguan ginjal, gangguan penglihatan dan pendengeran, kerusakan jaringan kulit, hingga stroke.

Advertisement

Jangan pernah berpikir bahwa diabetes hanya bisa menyerang usia tua. Pada saat ini, penyakit diabetes malah kebanyakan diderita oleh kaum muda. Munculnya diabetes biasa dikarenakan gaya hidup yang meluas. Semakin meluasnya gaya hidup yang buruk maka semakin meluas juga diabetes ini menyerang.

Diabetes diusia muda biasanya dapat berasal dari keluarga sendiri. Penyakit diabetes ini bersifat turun temurun sehingga seseorang akan dapat memiliki resiko jika salah satu dari anggota keluarga kita ada yang mengidap penyakit ini. Akan tetapi, dapat kita hindari jika kita juga bisa menjaga pola makan sehat kita sehari-hari.

Remaja, khususnya anak muda pasti menyukai makanan cepat saji atau junk food. Pemicu diabetes juga bisa muncul dari makanan junk food tersebut. Jika kita terus-menerus mengkonsumsinya, maka dapat menyebabkan kolestrol tinggi yang berdampak terhadap munculnya diabetes.

Advertisement

Selain junk food, menyantap makanan manis yang berlebihan juga dapat memicu diabetes di usia muda. Jadi kita harus membatasi konsumsinya. Terutama yang terdapat dalam minuman kemasan, permen, dan pemanis buatan lainnya.

Kebiasaan kurang tidur dimalam hari dapat memicu timbulnya penyakit diabetes di dalam tubuh kita. Anak muda zaman sekarang sangat suka terjaga hingga tengah malam (begadang) sehingga membuat jam tidur mereka berkurang. Jika dilakukan terus-menerus maka akan lebih cepat terkena risiko diabetes.

Advertisement

Seperti yang kita ketahui, sebagian besar anak muda saat ini lebih senang menghabiskan waktu mereka dengan bermain gadget, menonton tv, ataupun bermalas-malasan di kasur. Sehingga, menyebabkan kurangnya aktivitas yang membuat tubuh mereka bergerak. Kurangnya gerak dalam tubuh mereka dapat menyebabkan mereka berisiko tinggi terkena diabetes.

Jaga pola makan dan banyak melakukan kegiatan merupakan salah satu solusi yang tepat untuk mencegah timbulnya diabetes didalam tubuh kita. Konsumsi lebih banyak makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran  dan buah-buahan. Pastikan waktu istirahat kita juga tercukupi agar kondisi tubuh kita tetap sehat.

Oleh sebab itu, ada baiknya jika kita harus mulai memperhatikan makanan yang harus kita konsumsi setiap hari. Kurangilah makanan-makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes di dalam tubuh kita. Penyakit bisa menyerang siapa saja dan kapan saja. Jagalah kesehatan selagi kita masih muda. Jangan pernah sepelekan sebuah penyakit, karena tidak akan ada yang bisa menyembuhkannya jikalau bukan dari diri kita sendiri. Kurangilah makanan-makanan yang dapat memicu timbulnya penyakit diabetes di dalam tubuh kita. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE