Berat badan berlebih atau kegemukan (obesitas) saat ini masih menjadi salah satu masalah yang dihadapi banyak orang, mungkin kamu salah satu yang juga mengalami masalah yang satu ini. Bicara mengenai berat badan, tentunya akan bicara mengenai gaya hidup, spesifiknya porsi dan pola makan. Pola makan yang tidak beraturan ditambah dengan porsi berlebih bisa dikatakan sebagai penyebab utama mengapa jarum timbangan kamu bisa miring jauh ke kanan. Belum lagi, jika kamu adalah tipe yang malas olahraga, masalah bisa menjadi lebih rumit.

Berhubungan dengan masalah berat badan, kali ini penulis akan bicara sedikit mengenai salah satu metode diet yang mungkin tidak banyak orang tahu, yaitu diet es. Yeah, diet es. Mungkin banyak yang belum tahu bahwa ternyata mengonsumsi batu es dapat membantu proses penurunan berat badan bagi kamu yang sedang dalam program diet. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal berjudul Annals of Internal Medicine menyebutkan bahwa diet es adalah suplemen dari proses diet yang secara keseluruhan bisa membantu kita mendapatkan tubuh ideal.

Advertisement

Tidak hanya penelitian tersebut, seorang ahli gastoenterologi bernama “Brain Weiner” juga menyerukan bahwa menambahkan satu hingga dua es batu ke dalam segelas air untuk diminum dapat membantu dalam penurunan berat. Mengonsumsi es batu dipercaya bisa membantu meningkatkan metabolisme tubuh, dikarenakan tubuh akan membutuhkan banyak energi untuk melelehkan batu es. Hal tersebut juga berarti bahwa sejumlah energi atau kandungan lemak di dalam tubuh akan berkurang. Selain itu, mengonsumsi es batu dalam jumlah tertentu bisa membuat rasa kenyang, sehingga akan efektif membatasi konsumsi makan.

Diet es bisa dikatakan sebagai diet yang terbilang sederhana dalam penerapannya. Untuk melakukan diet es ini sendiri, terdapat beberapa cara yang bisa kamu coba. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi es batu setiap setelah makan, entah dikonsumsi secara langsung atau ditambahkan ke minuman seperti teh. Meskipun sejumlah penelitian mengatakan bahwa diet es ini cukup ampuh menurunkan berat badan, tapi tentu saja diet sederhana ini juga harus dipadukan dengan dengan pengaturan pola makan dan asupan gizi.

Tambahan lainnya, sebaiknya kamu juga menghentikan diet es ini jika berat badan kamu telah perlahan mengalami penurunan, dikarenakan diet es ini juga memiliki resiko yang membahayakan bagian tubuh lainnya, seperti menyebabkan sakit tenggorokan, batuk hingga mempengaruhi gigi. Jadi kamu harus benar-benar concern mengenai resiko ini saat mencoba diet yang satu ini.

Advertisement

Itulah sekilas informasi mengenai salah satu metode diet yang dikenal dengan nama diet es. Semoga informasi ini bermanfaat. Sebagai saran, jika kamu ingin mendapatkan tubuh yang ideal, maka mulailah dengan mengubah gaya hidupmu ke arah yang lebih sehat, dikarenakan diet yang sebenarnya erat sekali kaitannya dengan gaya hidup sehat. Ketika kamu menerapkan gaya hidup sehat dan juga pengaturan pola makan yang tepat, maka badan ideal pasti akan kamu dapatkan.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya