#DiIndonesiaAja -Curug Cikuluwung yang Mempesona, Green Canyon Indonesia dengan Kearifan Lokal.

Curug Cikuluwung merupakan wisata alam unik yang ada di Jawa Barat,  mendapat julukan sebagai Little Green Canyon. Alasan pemberian julukan ini karena keindahan tebing yang ada di kedua sisi curug. Tebing yang mengapit sangat indah dan elok. Keindahan ini mampu menyegarkan mata.  Lokasi Curug Cikuluwung terletak di dalam desa, tepatnya di Kampung Suka Asih, Desa Cibitung Wetan, Pamijahan, Kabupaten Bogor Barat. Jarak tempuh sekitar 2 jam dari kota Jakarta dengan kendaraan mobil atau motor. 

Advertisement

Tak perlu merogoh kocek terlalu dalam, tiket masuk ke kawasan Curug hanya 20 ribu rupiah untuk satu orang, dan sewa ban/pelampung sekitar 35 ribu rupiah saja. Sedangkan tiket parkir dikenakan biaya 5 ribu rupiah untuk motor dan 10 ribu rupiah untuk mobil. Curug Cikuluwung terbagi menjadi 2 lokasi yaitu Curug Cikuluwung 1 dan Curug Cikuluwung 2 dengan pesonanya masing-masing. Curug Cikuluwung 1 yang mendapat julukan Little Green Canyon dengan tebing indah di kedua sisinya. Sedangkan Curug Cikuluwung 2 menawarkan keindahan kolam besar dibawah curug yang bisa digunakan untuk berenang dengan pelampung. 

Air curug sangat jernih dan segar, langsung dari sumber mata air pegunungan. Jika dilihat, air curug ini berwarna tosca yang sangat indah dipandang apalagi diabadikan dengan kamera. Ada aturan khusus bagi para pengunjung dimana per sesinya dibatasi 30 orang saja dengan sistem buka tutup jalur. Hal ini dilakukan demi keamanan dibawah pengawasan pihak pengelola, mengingat lokasi curug yang berada di lembah dengan jalur menurun yang cukup curam. 

Advertisement

Waktu yang tepat untuk mengunjungi Curug Cikuluwung yaitu di musim kemarau atau saat air tidak begitu deras. Karena jika debit air tinggi biasanya lokasi wisata akan banjir. Pastikan juga tidak terlalu banyak membawa barang agar tidak kerepotan saat ke lokasi. Gunakan alas kaki yang nyaman saat berkunjung. Jam buka Curug Cikuluwung dimulai dari jam 9 sampai 11 siang. Dilanjut jam 1 siang sampai 3 sore. 

Jangan sampai lupa mengabadikan foto di sekitar curug. Duduk di pinggir tebing ala Green Canyon sudah oke banget kok, apalagi berfoto di sekitar kolam berwarna tosca. Semakin membuat instagram kalian terlihat kece. Tambah properti juga saat berfoto seperti selendang tenun, kaca mata atau topi. Yang penting selalu jaga keselamatan selama di lokasi curug, bertutur kata yang sopan dan selalu menjaga kebersihan agar keasriannya tetap terjaga. 

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

light it up

CLOSE