#DiIndonesiaAja-Diving di Tempat yang Tak Biasa? Taman Nukila, Maluku Utara, Spot Diving Terunik di Indonesia

Rekomendasi tempat wisata unik

Mendekati akhir tahun, kamu pasti akan merencanakan liburan-liburan menyenangkan. Entah itu bersama teman, keluarga, atau pacar kamu. Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan selama liburan. Misalnya, kegiatan diving yang sedang digemari banyak orang sekarang ini.

Advertisement

Namun barangkali, kamu sedang tidak mempunyai uang yang banyak untuk mencoba spot diving terkenal di luar negeri. Tapi ada lho, tempat di mana kamu bisa mengeksplor laut yang indah juga instagramable. Kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke luar negeri untuk bisa mendapatkan spot diving yang indah, karena Indonesia punya semuanya! 

Kamu harus sering-sering mencoba travelling ke Indonesia Timur untuk menjamah berbagai tempat wisata yang ikonik. Salah satunya spot diving unik yang terletak di Maluku Utara ini.

Selamat datang di Ternate, kota yang terkenal dengan Gunung Gamalama-nya. Sekitar 16 menit perjalanan dari Bandara Sultan Babullah, kamu dapat menemukan sebuah taman di pinggir pantai yang bernama Taman Nukila.

Advertisement

Taman Nukila memiliki pemandangan menakjubkan dengan tiang-tiang dermaga setinggi 12 meter yang diselimuti batu koral. Jika kamu membawa keluarga, teman atau pacar, kamu dapat menikmati panorama laut yang indah dari bagian taman sembari duduk bersama memakan jagung bakar, ataupun jajanan lain yang dijajakan.

Selain pemandangan yang memanjakan mata, kamu dapat mencoba untuk diving maupun snorkeling di spot-spot yang unik. Mengapa unik? Selain dapat melihat biota laut, kamu dapat menemukan bongkahan kapal yang karam, bus, juga motor yang terselimuti tumbuhan-tumbuhan laut. Kamu dapat mengabadikannya untuk memperindah feed Instagram kamu nanti.

Advertisement

Untuk menuju titik diving juga tak perlu menggunakan speed boat ataupun perahu, kamu dapat langsung menceburkan diri ke dalam laut yang dari garis pantai berkedalaman 6 meter.

Saat kamu menyelam, kamu akan menemukan barisan motor-motor yang diikat dengan tali baja. Spot ini dinamakan Bhayangkara Housereef. Kamu tidak perlu khawatir dengan oli atau bensin motor yang akan mencemari laut, karena sebelum ditenggelamkan pada tahun 2016 sebagai spot diving, motor-motor tersebut telah dibersihkan.

Beralih ke spot bus, kamu dapat menjelajah ke bagian dalam bus yang telah menjadi habitat para ikan. Spot ini sangat cocok untuk kamu berswafoto, lho. Dikelilingi ikan-ikan dan pemandangan di dalam bus, kamu dapat mengambil foto-foto terbaik yang autentik.

Tak jauh dari spot bus, kamu akan menemukan 2 bangkai kapal besar. Sama seperti bus tadi, kamu dapat menemukan ikan-ikan yang hilir mudik di dalam kapal yang telah menjadi habitat mereka. 

Walau titik diving ini dekat dengan perkotaan, kamu tak perlu khawatir dengan kebersihannya. Titik diving ini masih sangat terjaga keasriannya, jadi kamu dapat snorkeling maupun diving dengan nyaman.

Sudah seperti spot-spot diving di luar negeri, bukan? Bedanya, kamu tak perlu merogoh kocek yang banyak untuk ke luar negeri, karena kamu akan menemukan berbagai keindahan wisata-wisata keren yang ada di Indonesia.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

CLOSE