#DiIndonesiaAja-Gunung Kelud dengan Segala Pesonanya yang Membuat Masyarakat Kediri Jatuh Cinta. Masih Penasaran Juga? Hayuk ke Sana!

Sudah pernah ke gunung kelud belum?

Gunung Kelud merupakan gunung yang masih aktif di Kediri sekaligus sebagai tempat wisata yang terkenal bagi masyarakat Kediri. Bukan hanya bagi masyarakat Kediri saja, bahkan wisata Gunung Kelud sudah banyak dikenal oleh masyarakat luar Kota. Gunung Kelud berada di perbatasan antara Kabupaten Kediri, Kabupaten Blitar, dan Kabupaten Malang. Dengan pemandangannya yang indah dan memesona, Gunung Kelud memiliki daya tarik tersendiri. Untuk menuju ke wisata Gunung Kelud, apabila teman-teman dari arah Kediri bisa langsung mengambil rute menuju Desa Wates kecamatan Wates, kemudian menuju Desa Sugihwaras kecamatan Ngancar yang merupakan lokasi pintu masuk.

Advertisement

Selain itu, ada rute di setiap daerah-daerah sehingga memudahkan penduduk luar Kota untuk menjangkaunya. Tiket masuk untuk wisata Gunung Kelud sangat terjangkau, yaitu hanya perlu membayar sebesar Rp10.000 per orang. Ketika sudah memasuki kawasan Gunung Kelud, sudah pasti udaranya pun berbeda, menjadi lebih dingin dan sejuk ditambah lagi pemandangan alam yang nampak alami dan menyegarkan mata. Setelah meletusnya Gunung Kelud pada tahun 2014 silam, Gunung Kelud menjadi semakin dikenal.

Jika berkunjung ke wisata Gunung Kelud, teman-teman wajib banget untuk melihat kawah dari gunung kelud ini, selain indah, rute yang dilalui pun mudah. Kalian hanya perlu berjalan kurang lebih sejauh 3km dari batas tempat parkir yang paling ujung untuk menuju kawah Gunung Kelud. Jika kalian memilih untuk berjalan kaki, tentu saja tidak akan terasa lelah, karena pemandangan yang disuguhkan sangat indah dan menarik, membuat mata segar dan pastinya bisa sekaligus foto-foto. Buat teman-teman yang mager untuk jalan kaki, kalian tidak perlu khawatir, karena di sini juga ada jasa ojek yang bisa mengantarkan kalian untuk sampai di kawah gunung kelud dengan selamat.

Untuk naik ojek, kalian hanya perlu membayar Rp30.000 untuk sekali naik. Ketika sampai di kawahnya, kalian pasti akan merasa sangat senang,dan ingin berlama-lama menikmatinya, karena begitu indah dan memesona, dan sangat cocok untuk diabadikan. Jika kalian lagi melakukan solo traveling, kalian tidak perlu khawatir, karena di sini juga ada jasa foto yang bisa membantu kalian. Dengan harga Rp10.000 per foto, kalian sudah bisa memperoleh foto yang langsung bisa kalian bawa pulang.

Advertisement

Hal yang paling unik dan menarik di wisata Gunung Kelud yaitu adanya jalan misteri, yang terletak kurang lebih 4km dari pintu masuk. Terdapat gapura yang menandai bahwa kalian sudah tiba di kawasan jalan misteri ini. Jalan misteri ini memiliki panjang kurang lebih 100 meter, dan ditandai dengan garis-garis putih yang melintang di jalan. Dikatakan jalan misteri, karena jika kalian melewati jalan ini dalam keadaan mesin kendaraan mati, maka kendaraan kalian masih tetap bisa berjalan seperti biasanya. Buat yang penasaran, kalian wajib banget mencobanya, karena memang mengasyikkan dan bisa-bisa kalian justru ketagihan untuk melakukannya lagi.

Selain digunakan sebagai tempat wisata, gunung kelud juga sering digunakan untuk tempat mendaki. Namun rute yang dilalui berbeda, jika ingin mendaki, jalur yang dilalui yaitu melalui Desa Tulungrejo, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar. Jika teman-teman hipwee hobi mendaki, tidak ada salahnya mencoba mendaki di Gunung Kelud. 

Ketika kalian berada di lereng Gunung Kelud, kalian pasti banyak menemui penjual nanas madu. Karena tanahnya yang subur dan cocok untuk ditanami nanas membuat budidaya nanas begitu terkenal. Jadi teman-teman setelah menikmati indahnya Gunung Kelud wajib banget mencoba nanas madu dari Ngancar, Kediri untuk menambah semangat dan energi, siapa tahu ketagihan. Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE