Dulunya Identik dengan Olahraga Mahal, Kini Golf Sudah Digandrungi Anak Muda

olahraga golf untuk anak muda

Seperti yang kita ketahui, bahwa saat ini Indonesia sedang menghadapi pandemi yang disebabkan oleh virus Covid-19. Sehingga Pemerintah Indonesia mau tidak mau mewajibkan seluruh masyarakatnya untuk melakukan yang namanya social distancing. Dengan begitu, banyak sekali aktivitas yang melibatkan orang banyak menjadi tidak dapat dilangsungkan lagi, salah satunya adalah aktivitas olahraga. Padahal kita juga sangat memahami bahwa olahraga merupakan suatu aktivitas yang sangat penting bagi kesehatan tubuh kita. Karena masyarakat diwajibkan untuk menerapkan social distancing, banyak masyarakat yang memilih olahraga golf untuk dijadikan aktivitas olahraga dalam situasi pandemi seperti sekarang ini. Tak sedikit juga para generasi muda memilih olahraga yang identik dengan bapak-bapak ini.

Advertisement

Golf ini sendiri awalnya terbentuk karena terinspirasi dari pengembala di Skotlandia yang memukul batu kecil menggunakan tongkat ke arah lubang tempat sarang kelinci. Meski terlihat hal yang sangat sepele, olahraga golf ini dikategorikan sebagai olahraga yang identik dengan para pebisnis sukses, karena golf termasuk dalam kategori olahraga yang cukup mahal untuk dijadikan sebagi hobi. Golf dapat dikategorikan ke dalam olaharaga yang cukup mahal bukan tanpa sebab. Melainkan peralatan yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin bermain golf memiliki kisaran harga yang cukup fantastis. Mulai dari stik yang paling murah berkisar diharga 1 jutaan, sedangkan harga satu set stik yang berisi 14 stik mencapai harga 20 jutaan. Tidak sampai hanya pada stiknya saja, ketika ingin bermain golf, pastikan juga terdapat lapangannya. Jika ingin menjadi member untuk menyewa lapangan golf, seseorang harus menyiapkan duit senilai ratusan hingga milyaran rupiah. Hal tersebut dikarenakan perawatan lapangan golf sendiri itu membutuhkan biaya yang sangat mahal. Tak salah memang golf sangat identik dengan hobi orang-orang kaya atau kalangan berduit. Sehingga tidak dapat dimainkan oleh orang sembarangan, apalagi para generasi muda yang memiliki duit tidak sebanyak para pengusaha yang sukses.

Namun untuk saat ini, aktivitas golf sangat berhasil meracuni para generasi muda. Karena sudah terdapat lapangan golf yang memasang tarif sekitar 200 ribuan saja untuk disewa. Peralatan bermainnya pun tak harus membeli lagi, karena biasanya lapangan golf saat ini juga memberikan pelayanan sewa perlatan golf, dan itu semua dapat dikatakan sesuai budget generasi muda pada saat ini. Selain karena harga hobi ini relatif terjangkau pada saat ini, para generasi muda juga memilih olahraga golf karena terdapat beberapa pertimbangan. Mulai dari permainan yang dilakukan di area terbuka yang luas, dan hal tersebut di mana sangat memungkinkan kita untuk menerapkan protokol kesehatan yaitu social distancing.

Dalam situasi pandemi sekarang ini, tentunya kesehatan merupakan hal yang harus kita utamakan terlebih dahulu. Begitu pula dalam permainan golf juga terdapat manfaat kesehatan bagi tubuh. Golf sendiri merupakan tergolong dalam olahraga yang memiliki aktivitas fisik moderate, di mana hal tersebut sangat berpengaruh dalam meningkatkan imunitas tubuh manusia. Tak sampai di sana, olahraga golf juga dipercaya sangat baik untuk kesehatan jantung, mencegah kanker kulit, sistem pernapasan, dan dipercaya dapat memperkuat otot-otot pada usia lanjut. Dengan demikian, ada statement bahwa orang yang aktif bermain golf akan memiliki umur yang lebih panjang jika dibandingkan dengan orang yang tidak aktif dalam bermain golf.

Advertisement

Selain itu golf juga memiliki dampak yang sangat baik terhadap kesehatan mental. Seperti yang kita ketahui bahwa lapangan golf tersebut sangat luas. Bisa dibayangkan jika bermain golf ditengah lapangan yang luas dengan nuansa rerumputan yang hijau. Sungguh menyegarkan mata, terutama bagi orang yang jenuh terhadap kerjaan di depan komputer maupun kebisingan daerah perkotaan. Hal tersebut terlihat seperti hal yang kecil, tetapi faktanya hal tersebut sangat mempengaruhi kesehatan mental seseorang.

Ketika sedang bermain golf, kita memahami bahwa permainannya hanya memasukkan bola ke dalam sebuah lubang. Untuk memasukkan bola ke dalam lubang tersebut, dibutuhkan teknik-teknik yang harus dikuasai terlebih dahulu. Setelah menguasai teknik pemukulan, tentunya membutuhkan konsentrasi yang sangat fokus agar kekuatan pukulan dan target dapat dilakukan secara akurat. Sehingga secara tidak sadar, olahraga golf ini juga melatih konsentrasi para pemainnya.

Begitulah kurang lebih mengapa hobi olahraga golf berhasil masuk ke dalam generasi muda. Jadi dapat disimpulkan, bahwa golf sendiri merupakan jenis olahraga atau permainan yang menggunakan bola berukuran kecil, yang di mana bola tersebut dipukul menggunakan stik dari daerah yang sudah ditentukan agar dapat masuk ke dalam target atau yang sering disebut sebagai holes. Jika dilihat secara sekilas, golf memang terlihat seperti aktivitas yang cukup santai. Namun dalam peraturan permainan golf, pemain harus berjalan melakukan pukulan selanjutnya. Sehingga golf juga dapat menjadi alternatif olahraga masa kini, karena secara tidak sadar hal tersebut membantu membakar lemak para pemainnya. Dengan demikian, hobi golf berhasil meracuni para generasi muda.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE