Indahnya Gunung Kendil di Temanggung. Pesona Pemandangannya Benar-benar Wajib Dikunjungi!

Pesona Gunung Kendil

Temanggung bersenyum, tidak asing bukan? Merupakan semboyan dari kota Temanggung. Temanggung ini terkenal akan keindahan objek wisatanya. Salah satu contohnya adalah Gunung Kendil. Gunung Kendil merupakan wisata alam yang sebenarnya bukit yang menyamar namun lebih dikenal dengan sebutan Gunung Kendil. Gunung ini terletak di perbatasan Temanggung dan Wonosobo. Tepatnya di desa Sibajag, kecamatan Candiroto, kabupaten Temanggung, provinsi Jawa Tengah. Gunung Kendil ini berada di antara Gunung Sindoro dan Gunung Buthak.

Advertisement

Estimasi waktu dari basecamp menuju Gunung Kendil tergolong cepat karena hanya memerlukan waktu 45 menit untuk sampai ke puncaknya, tergantung kecepatan berjalan. Sebelum melakukan pendakian, alangkah baiknya membawa persediaan air yang cukup. Selain itu, persediaan logistik juga perlu diperhatikan. Ketika mendaki di pagi hari atau siang hari, di setiap perjalanan akan disuguhkan pemandangan yang asri seperti tanaman sayuran, kebun kentang, sawah, dan tanaman lainnya. Sepanjang perjalanan pun akan terasa betapa segarnya udara khas pegunungan beserta kabut tipis yang menyelimuti. Namun, tak jarang pula yang melakukan pendakian saat malam hari karena dari atas akan terlihat gemerlap lampu-lampu kota yang indah.

Gunung Kendil ini memiliki ketinggian 1800 mdpl, namun jalur untuk menuju puncaknya terbilang sulit dan menguras tenaga. Meskipun begitu, setiap usaha pasti tidak akan mengkhianati hasil. Ya, ketika sudah sampai di atas pastinya akan dibuat kagum dan rasa lelah seketika akan terbayarkan dengan pemandangan yang tak kalah indah dengan gunung tinggi seperti Gunung Merbabu. Dari Gunung Kendil ini akan tampak jelas pemandangan Gunung Sindoro. Untuk Gunung Sumbing hanya terlihat sedikit karena tertutup oleh Gunung Sindoro. Selain itu juga akan terlihat deretan gunung yang ada di Jawa Tengah seperti Gunung Slamet, Merbabu, Merapi, dan masih banyak lagi.

Bagi pendaki yang ingin menikmati keindahan alam dari atas ketinggian, Gunung Kendil bisa menjadi pertimbangan untuk dikunjungi. Khususnya bagi pendaki maupun wisatawan pecinta alam. Area Gunung bisa untuk berkemah, mendirikan tenda, maupun hanya sekadar untuk melakukan pendakian tektok bagi para pendaki.

Sensasi panorama alam yang menakjubkan ketika sunrise dan pesona keindahannya yang tak ada duanya, dengan adanya pemandangan hijaunya Gunung Buthak dan Gunung Sindoro tentu akan memanjakan mata. Ditambah gradasi biru langit beserta bercak awan putih yang melengkapi keindahan di Gunung Kendil tersebut, sungguh menarik bukan? Maka dari itu, tidak ada salahnya Gunung Kendil dijadikan sebagai salah satu objek wisata gunung yang patut untuk dikunjungi.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE