Keterima kerja pertama kali adalah rasa yang nggak akan pernah dialami 2 kali. Antara senang dan deg-degan berbaur menjadi satu. Nggak jarang fresh graduate yang grogi waktu mau masuk kantor untuk kali pertama, mulai dari bingung mau ngapain sampai mules yang tiba-tiba melanda.

Ini dia tips yang jitu banget supaya kamu langsung pede di hari pertama

Advertisement



  1. Persiapkan dengan matang


    Kalau kamu bekerja di bagian arsip atau sekretaris, pastikan kamu bawa alat tulis yang paling nyaman buat kamu. Hindari alat tulis yang bikin kamu nggak nyaman, karena bikin kamu lebih fokus untuk mencari kenyamanan dalam menulis, bukan mencatat.


  2. Siapkan masker


    Jika kamu bekerja di kantor cabang baru atau kantor yang benar-benar baru, tidak ada salahnya kamu membawa masker medis. Kalau kamu sensitif dengan bau-bauan gunakan masker yang sudah kamu siapkan. Kantor baru biasanya menggunakan perabotan lemari, kursi dan meja kantor yang baru juga, perabotan ini biasanya akan mengeluarkan aroma kayu yang membuat sebagian orang menjadi tidak nyaman


  3. Bawa tutup botol air mineral


    Terdengar aneh, tapi ini sangat berguna di saat yang tak terduga. Kamu bisa saja tiba-tiba ingin BAB, tapi sayangnya nggak semua kantor menyediakan sabun di closet biasanya hanya ada sabun cair di wastafel. Nah tutup botol inilah yang bisa kamu gunakan sebagai wadah sabun cair yang ada di wastafel. Kamu bisa buang hajat dengan tenang dan nyaman.


  4. Setting komputer / laptop


    Komputer atau perangkat kerja lainnya harus kamu sesuaikan dengan kenyamananmu. Karena setting pengguna sebelum kamu belum tentu sama dengan kamu. Misal kamu seorang programmer, pastikan software yang kamu pakai sudah ada di taskbar.


  5. Gunakan waktu untuk belajar


    Saat pertama kali ngantor, biasanya karyawan nggak langsung disuruh kerja. Biasanya kamu akan diberi waktu untuk menyesuaikan diri di lingkungan yang baru. Misal kamu seorang sales, kamu bisa tanya kepada yang lebih senior mengenai situasi di lapangan, produk apa saja yang paling banyak dicari, ciri klien potensial dan yang paling penting product knowledge.


  6. Bawa bekal makan siang


    Ini adalah hari pertama kamu bekerja dan kamu belum tahu bagaimana kebiasaan orang-orang kantor saat istirahat makan siang. Apakah membawa bekal atau beli makan di luar. Solusi teraman adalah siapkan bekalmu sendiri untuk hari ini. Jika orang kantor cenderung makan siang di luar, lebih baik ikuti kebiasaan itu, agar kamu lebih cepat menyesuaikan diri.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya