Game Online Sebagai Alat Membangun Relasi

Siapa yang tidak tau dengan Game Online? Yap, aplikasi yang sangat digemari oleh semua orang tertama kalangan muda. Entah itu karena mengisi waktu luang, ataupun karena sudah menjadi hobi, bahkan ada juga yang menganggap game online sebagai ladang usaha. Bagaimana bisa game menghasilkan uang?. Tentu saja bisa, melalui banyak cara, salah satunya menjoki (memainkan akun orang), diaman orang tersebut akan dibayar untuk memainkan akun pelanggannya. Bahkan item/barang virtual yang ada didalam game juga dapat diperjualbelikan. Bahkan ada pertandingan E-sport yang menawarkan hadiah yang sangat fantastis. Jadi tidak perlu diragukan lagi bahwa game online ini dapat menghasilkan uang.

Advertisement

Lalu apa hubungan game online ini dengan relasi dan menjalin hubungan? Game online tentunya dimainkan secara online, yang dimana memerlukan internet. Sedangkan kita tahu bahwa intenet dapat menghubungkan seluruh perangkat digital diseluruh dunia. Maka secara tidak langsung, game online juga dapat menghubungkan antar player untuk bisa saling bercakap cakap dan berdialog satu sama lain.

Hal ini tidak terlepas dari pengalaman pribadi saya sebagai remaja. Bahwa banyak sekali pertemanan yang saya jalin melalui game onlin. Seperti contohnya pada tahun 2020 dimana kasus covid sedang naik, sehingga mendorong saya yang hanya belajar dari rumah untuk bermain game online dan mendapat seorang kenalan melalui game Mobile Legends yang akhirnya lama kelamaan menjadi sahabat dekat sampai sekaang ini. Bukan hanya itu, melalui game Valorant saya juga mendapatkan setidaknya 6-7 teman sekaligus partner bermain. Tak jarang pula bahwa teman tersebut berasal dari luar negara.

Advertisement

Dengan adanya jalinan pertemanan ini tentunya memiliki banyak manfaat tidak hanya di dunia virtual saja, akan tetapi berpengaruh juga pada kehidupan nyata. Sebagai contoh, saya yang sebelumnya tidak punya teman dari daerah Purwodadi, pada suatu hari membutuhkan bantuan di sana. Tanpa berpikir panjang teman saya yang saya kenal melalui game tersebut membantu saya didaerah yang belum pernah saya kunjungi sama sekali. Tidak hanya itu bahkan saya diajak mampir ke rumahnya untuk setidaknya beristirahat karena perjalanan panjang. Hal tersebut yang mengubah pola pikir saya bahwa game online bukan hanya sekedar permainan.

Tidak dapat kita pungkiri bahwa game online memang dipandang buruk oleh beberapa orang, akan tetapi tidak bisa kita sangkal juga bahwa game online memiliki kelebihan juga didalamnya. Perbedaan dalam cara pandang sudah menjadi hal yang wajar dalam sebuah pembahasan, kerap kali saya mendengar bahwa game ini adalah pegaruh buruk dan racun bagi anak muda. Akan tetapi kembali lagi kepada perspektif masing-masing. Akan tetapi bagaimana cara game bermanfaat bagi kehidupan itu yang perlu kita gali lebih dalam.

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya

Advertisement

“Artikel ini merupakan kiriman dari pembaca hipwee, isi artikel sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.”

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Saya adalah mahasiswa Universitas di Solo. Saya berasal dari Sukoharjo dan saya merupakan anak ketiga dari 3 bersaudara. Hobi saya menulis dan membaca

CLOSE